Daftar Makanan Bergizi yang Baik Dikonsumsi Sebelum Berenang

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Berenang merupakan kegiatan olahraga yang menyenangkan bagi orang dewasa maupun anak-anak. Bahkan, berenang cukup ampuh untuk mengatasi rasa kesedihan. Tidak heran jika banyak orang yang menyukai olahraga ini. Bagi Anda yang ingin berenang bersama keluarga atau berolahraga rutin bersama teman-teman, tahukah apa saja makanan yang sebaiknya dipersiapkan agar kegiatan berenang Anda bisa berjalan lancar? Yuk, simak ulasannya di bawah ini serba-serbi makanan sebelum berenang.

Kapan sebaiknya berhenti makanan sebelum melakukan olahraga renang?

Asupan gizi yang optimal sebelum Anda mulai berolahraga akan memberikan energi yang cukup, mencegah kelelahan, dan juga meminimalisir terjadinya cedera.

Dua hingga tiga jam sebelum berenang adalah waktu yang tepat untuk Anda mengonsumsi makanan lengkap. Makanan yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak.

Semakin mendekati waktu berenang, Anda masih tetap bisa mengonsumsi beberapa makanan. Menurut ahli gizi Arlene Semeco MS, RD, dilansir dalam laman Healthline, perlu diingat bahwa semakin mendekati waktu kegiatan olahraga, maka makanan yang dikonsumsi adalah makanan dengan porsi kecil dan mudah diserap tubuh. Sekitar 45-60 menit sebelum berenang Anda diperbolehkan mengonsumsi makanan kecil ini.

Adanya jarak antara makanan sebelum berenang untuk mencegah terjadinya ketidaknyamanan perut saat berolahraga.

Apa yang sebaiknya dimakan mendekati waktu berenang?

Prinsipnya, kombinasi makanan yang kaya karbohidrat dan sedikit protein merupakan paduan yang direkomendasikan sebagai makanan 45-60 menit sebelum olahraga, termasuk berenang.

Anda bisa memilih beberapa makanan berikut ini sebagai bahan bakar Anda sebelum memulai berenang:

1. Buah segar

Buah merupakan makanan ringan yang bisa dikonsumsi sebelum memulai berenang. Buah mudah dibawa, membuat perut terasa nyaman, dan yang paling penting adalah rendah lemak.

Selain bisa memberikan energi tambahan sebelum berenang, buah juga mengandung kadar air tinggi. Kadar air dari buah ini bisa membantu tubuh Anda terhidrasi dengan baik sebelum olahraga. Buah juga bisa mencegah rasa lapar lebih lama sehingga olahraga Anda pun bisa berjalan tanpa diganggu rasa lapar.

Pisang, stroberi, anggur, jeruk, apel, dan buah-buahan lainnya bisa menjadi piilihan yang simpel dan mudah ditemukan di sekitar Anda.

2. Campuran yogurt dan buah

Jika buah saja membuat Anda bosan, gabungan yogurt dan buah bisa menjadi pilihan makanan sebelum berenang yang tepat. Buah kaya akan karbohidrat, sedangkan yogurt sebagai sumber protein.

3. Smoothies

Bagi orang yang tidak nyaman mengonsumsi makanan padat sebelum berenang, smoothies bisa menjadi pilihan untuk Anda. Smoothies kaya akan vitamin dan mineral, kaya akan karbohidrat dan juga protein dari campuran susu atau yogurt.

Selain itu, smoothies juga termasuk makanan yang mudah diserap nutrisinya. Jika Anda membuat smoothies sebelum berenang, sebaiknya pilih susu atau yogurt yang rendah lemak.

4. Roti gandum

Selembar roti gandum sebelum berenang merupakan sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh. Tambahkan madu di atas roti untuk menambah cita rasa dan sebagai tambahan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh. Roti dan madu keduanya termasuk makanan yang mudah dicerna oleh tubuh.

Pilihan lainnya Anda juga bisa mengisi roti dengan keju rendah lemak atau selai kacang sebagai pelengkap. Sehingga Anda akan mendapatkan karbohidrat sekaligus protein sebelum berenang.

5. Oat (bubur gandum)

Oat dapat menjaga lonjakan gula darah di dalam tubuh dengan melepaskan karbohidrat ke aliran darah secara bertahap. Serat yang dimiliki oat tidak terlalu penuh sehingga tidak  menimbulkan sensasi begah atau kembung.

Dengan sifat oat yang bisa menjaga kadar gula darah, penggunaan energi di dalam tubuh pun jadi lebih efisien selama berenang. Oat juga mengandung vitamin B yang membantu mengubah karbohidrat menjadi energi saat berenang.

Adakah makanan yang perlu dihindari sebelum berenang?

Makanan sebelum berenang yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang tinggi lemak. Makanan yang tinggi kandungan lemaknya akan memperlambat pengosongan lambung. Makanan kaya lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna di dalam tubuh.

Kondisi ini bisa memicu terjadinya gangguan perut seperti konstipasi (sembelit), dan perut kembung. Gangguan perut akan mengganggu kegiatan berenang Anda, bisa menjadi lesu, kram, dan tidak fokus.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca