Anak dari Keluarga Harmonis Lebih Berpeluang Menjalin Asmara yang Langgeng

Oleh

Ingin tahu kunci hubungan asmara yang harmonis? Ternyata salah satunya adalah lingkungan keluarga saat kita kecil. Ya, sebuah penelitian menyebutkan bahwa hubungan asmara yang kuat dan tahan lama dipengaruhi oleh lingkungan keluarga yang dimiliki oleh masing-masing pasangan sejak mereka kecil.

Penelitian tentang keharmonisan hubungan asmara

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Association for Psychological Science menyatakan bahwa lingkungan keluarga seorang anak akan mempengaruhi hubungan asmara si anak kelak. Studi ini melibatkan sebanyak 81 laki-laki.

Dalam penelitian ini, responden diikuti dan dipantau selama kurang lebih 78 tahun. Semua responden diperhatikan dan dicatat mengenai lingkungan keluarganya semasa kecil sampai mereka beranjak dewasa. Selain itu, para peneliti juga mewawancarai orangtua dari responden untuk mengetahui kualitas hubungan keluarga mereka masing-masing.

Peneliti juga melakukan wawancara langsung pada responden namun dibagi dalam beberapa tahap. Tahap pertama yaitu ketika responden berusia 45-50 tahun, mereka diberikan beberapa pertanyaan mengenai hubungan asmara, kehidupan sosial, serta kesehatan mental dan fisik mereka. Sedangkan tahap kedua adalah saat para responden berusia 70-80 tahun. Pada tahapan tersebut peneliti memfokuskan pertanyaan tentang ikatan serta seberapa kuat hubungan dengan pasangan hidup mereka masing-masing.

Dari hasil wawancara tersebut kemudian diketahui bagaimana lingkungan keluarga responden ketika mereka masih kecil, bagaimana responden mengatur emosinya masing-masing, serta ikatan dan hubungan asmara yang terjalin saat mereka dewasa. Kemudian pada akhir penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa laki-laki yang memiliki keluarga yang harmonis lebih mempunyai kemampuan untuk mengatur emosi serta stres dengan baik saat masuk ke usia dewasa. Selain itu, seseorang yang memiliki keluarga yang harmonis lebih mempunyai hubungan asmara yang kuat dan tahan lama.

Mengapa lingkungan keluarga yang harmonis menjadi sangat penting?

Dari penelitian tersebut telah dibuktikan bahwa lingkungan keluarga seorang anak akan menentukan kehidupan hubungannya di masa dewasa hingga ia tua. Menurut para peneliti, hal ini disebabkan oleh bagaimana lingkungan keluarga yang baik dan harmonis dapat membentuk emosi serta mengajarkan seorang anak untuk mengatur emosinya. Kemampuan mengatur emosi dan tekanan ini berpengaruh pada pengembangan emosinya di masa yang akan datang.

Teori lain juga menyatakan bahwa kemampuan pengaturan emosi yang didapatkan dari lingkungan keluarga yang harmoni sejak kecil, berhubungan dengan sifat dan fungsi interpersonal seseorang. Kebiasaan serta perilaku individu sangat berpengaruh dari bagaimana seseorang dapat mengatur emosi dan tekanan yang datang kepadanya. Sedangkan lingkungan keluarga yang kurang harmonis, membuat anak mudah tertekan, emosi menjadi tidak stabil, dan membuat anak membangun perilaku serta kebiasaan yang kurang baik.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 26, 2017 | Terakhir Diedit: September 6, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca