Kandungan Penting yang Sebaiknya Ada di Dalam Sampo untuk Rambut Keriting

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro

Bagi si pemilik rambut keriting, mencari sampo yang cocok bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa jenis sampo yang justru membuat rambut keriting terlalu kering, sehingga membuatnya lebih cepat kusut dan terlihat berantakan. Supaya hal ini tidak terjadi pada Anda, kenali bahan sampo apa saja yang cocok untuk rambut keriting.

Tips memilih sampo untuk rambut keriting

Sumber: SBS

Rambut keriting memiliki karakteristik yang cukup unik dibandingkan jenis rambut lainnya. Rambut keriting cenderung lebih cepat kering, sehingga tampak kusut dan lebih sulit untuk diatur. 

Jenis rambut yang satu ini sangat banyak ditemui pada orang Afrika. Mereka mengganggap bahwa rambut keriting milik mereka ini cenderung lebih berminyak, tetapi cepat kering karena produksi kelenjar minyak yang rendah. 

Maka itu, kunci utama dari memilih sampo untuk rambut kering adalah sampo yang melembapkan rambut.

Jika rambut keriting Anda memiliki kadar kelembapan yang baik, helaian rambut Anda akan terlihat sehat dan lembut.

Ini dia beberapa tips memilih sampo untuk Anda yang memiliki rambut keriting.

1. Mengandung minyak esensial

Menurut sebuah penelitian dalam International Journal of Trichology, penggunaan sampo dan kondisioner yang mengandung minyak diyakini cocok untuk rambut keriting.

Hal tersebut dikarenakan minyak dapat mengurangi gesekan helaian rambut dengan sel kutikula akibat penggunaan sampo anti ketombe.

Salah satu minyak esensial yang baik untuk rambut keriting adalah peppermint. Minyak peppermint memang sudah sering digunakan dalam bahan pembuatan sampo. 

Minyak yang mengeluarkan bau mint ini membantu mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Hal ini dikarenakan bahan utama dalam minyak ini, menthol, telah dibuktikan dapat meningkatkan aliran darah pada kulit kepala.

Semakin lancar peredaran darah ke kulit, secara teori dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Oleh karena itu, memilih sampo yang mengandung ekstrak minyak esensial, seperti peppermint, mungkin baik untuk Anda yang memiliki rambut keriting.

2. Terdapat shea butter di dalamnya

Sumber: Thread by Zalora

Selain mengandung minyak esensial seperti peppermint, sampo dengan kandungan shea butter mungkin cocok untuk rambut keriting.

Shea butter merupakan krim yang berasal dari lemak kacang shea, lebih tepatnya dari pohon Vitellaria paradoxa di Afrika barat.

Krim yang terbuat dari kacang ini ternyata dipercaya sejak lama memiliki kandungan vitamin, protein, mineral, dan senyawa antioksidan yang baik untuk tubuh. 

Rambut keriting cenderung lebih cepat kering dibandingkan dengan rambut yang lurus.

Hal ini dikarenakan kelenjar minyak yang melapisi folikel rambut tidak mampu melumasi rambut secara maksimal karena bentuk ikal rambut yang menghalangi.

Dengan memanfaatkan shea butter, rambut keriting Anda akan terasa lebih indah dan lembut ketika disisir.

Ini karena shea butter memiliki efek lembap yang bertahan cukup lama. Maka itu, sampo dengan kandungan shea butter cocok untuk Anda yang memiliki rambut keriting. 

3. Menggunakan sampo atau kondisioner berbahan silikon

pakai sampo sama rusak rambut

Masih dari penelitian yang sama, penggunaan silikon dalam produk perawatan rambut telah digunakan dalam beberapa tahun belakangan ini.

Silikon melindungi rambut dengan membuat beberapa lapisan untuk rambut Anda. Lapisan tersebut bertujuan untuk:

  • Membuat rambut lebih halus karena mengurangi proses penyerapan kadar kelembapan. 

  • Melumasi rambut, sehingga lebih mudah disisir dan tidak mudah kusut. 

  • Mengunci kelembapan. 

Namun, terdapat beberapa jenis silikon yang mungkin perlu Anda ketahui agar Anda lebih tahu mana sampo yang baik untuk rambut keriting Anda.

Ini dia beberapa jenis bahan silikon yang bisa Anda pertimbangkan dalam produk perawatan rambut. 

  • Siklometikon merupakan jenis silikon yang paling sering digunakan untuk merawat rambut karena mudah menguap, sehingga menciptakan rambut yang lebih halus

  • Dimethicone copolyol adalah silikon ringan dan mudah larut di dalam air, sehingga membuat rambut lebih mudah diatur dan tidak mudah kusut.

  • Amodimethicone merupakan jenis silikon yang membuat senyawa ini akan menempel pada rambut Anda, sehingga rambut terlihat lebih berkilau. 

  • Dimethicone adalah silikon yang berbentuk minyak dan biasanya digunakan agar rambut mendapatkan perlindungan ekstra, sehingga membuatnya tampak berkilau. 

Jika Anda menemukan salah satu dari keempat jenis silikon tersebut dalam sampo Anda, kemungkinan besar memiliki rambut keriting yang mudah diatur bukan hanya angan-angan lagi.

4. Menghindari sampo yang mengandung alkohol tertentu

shampo untuk rambut kering

Tidak semua alkohol diciptakan dengan kadar dan tujuan yang sama. Ada beberapa jenis alkohol tertentu yang ternyata tidak baik untuk rambut keriting karena membuatnya lebih cepat kering.

Jenis alkohol tersebut meliputi hazel, etanol, dan propanol. Ketiganya mengandung kadar kelembapan yang sangat rendah, sehingga kemungkinan besar efek melembapkannya tidak dapat bertahan lama.

Jenis alkohol tersebut memiliki berat molekul yang rendah, sehingga lebih cepat menguap dari rambut Anda. Maka itu, sampo yang mengandung alkohol jenis ini tidak begitu cocok untuk rambut keriting Anda yang mudah kering.

Setelah mengetahui bahan apa yang perlu Anda perhatikan ketika memilih sampo untuk rambut keriting, kini memiliki rambut yang indah bukan sebuah angan lagi untuk Anda, bukan?

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca