4 Kesalahan Umum Memakai Sunscreen Pada Wajah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro

Tinggal di negara tropis dengan matahari yang bersinar terik, hidup Anda tidak bisa jauh-jauh dari produk tabir surya atau sunscreen. Kandungan SPF yang ada di dalamnya dapat melindungi kulit dari risiko belang dan terbakar, mengurangi pembentukan kerut di wajah, dan menjauhkan risiko kanker kulit. Sayangnya, masih banyak kesalahan yang sering terjadi saat memakai sunscreen. Apa saja?

Pentingnya memakai sunscreen untuk menjaga kesehatan kulit

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa perubahan pada kulit yang terjadi merupakan bagian dari penuaan yang normal. Padahal, paparan dari sinar matahari setiap harinya memberikan pengaruh yang besar pada kesehatan kulit. Seiring waktu, sinar ultraviolet akan merusak serat di kulit yang bernama elastin.

Ketika serat tersebut pecah, kulit akan mulai meregang dan kehilangan kemampuannya untuk kembali seperti semua. Hal inilah yang menyebabkan kulit jadi terlihat lebih kendur. Kulit juga jadi lebih mudah memar dan akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memulihkan lukanya.

Meski kerusakan akibat sinar matahari tidak akan langsung terlihat, efeknya baru akan muncul di kemudian hari. Oleh karena itu, untuk menjaga kulit supaya tetap sehat, Anda harus menggunakan sunscreen setiap bepergian. Apalagi jika aktivitas yang dikerjakan mengharuskan Anda untuk berada di luar ruangan.

Kesalahan saat memakai sunscreen di wajah

Sunscreen merupakan salah satu perawatan kulit yang sangat penting dalam mencegah kulit dari penuaan dini dan tentunya mengurangi risiko penyakit kanker kulit. Tentu pemakaian sunscreen juga tidak boleh sembarangan dan ada aturannya. Sayangnya, masih banyak yang belum menyadari kesalahan saat menggunakannya.

Pernahkah Anda mencampur produk SPF dan make up dengan harapan akan membuatnya bereaksi lebih baik pada wajah Anda? Atau, Anda mungkin merasa bisa lebih leluasa di luar ruangan berkat sunscreen yang Anda pakai. Berikut adalah beberapa kesalahan yang masih sering dilakukan saat memakai sunscreen beserta penjelasannya.

1. Terlalu bergantung pada kandungan SPF dalam pelembab dan make-up

kesalahan memakai sunscreen
Sumber: Today Show

Memang, menggunakan pelembab dan make-up dengan kandungan SPF akan melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Dermatolog juga menyarankan pemakaian produk yang ber-SPF. Namun, bukan berarti Anda bisa bergantung sepenuhnya pada pelembab dan make-up tanpa menggunakan sunscreen.

Kandungan SPF pada pelembab dan make-up tidak setinggi yang didapatkan pada produk sunscreen, karena pelembab lebih berfokus untuk menjaga kulit agar tidak kering. Khasiat SPF pada pelembab tidak akan memberikan dampak yang sama dengan sunscreen.

Untuk menghindari kesalahan, lebih baik Anda memakai produk sunscreen yang memang dirancang sebagai pelindung dari matahari. Ketika mencari produk yang dapat bekerja efektif, perhatikan label dan pastikan bahwa kandungan SPF-nya mencapai 30 atau lebih. Selain itu, produk ber-SPF juga harus memiliki “broad-spectrum” yang akan melindungi dari sinar UVA.

2. Mencampur sunscreen dengan make-up 

kesalahan memakai sunscreen
Sumber: The Healthy

Memadukan produk make-up dan perawatan kulit seperti serum pada pelembab dan mencampur dua warna foundation yang berbeda sah-sah saja untuk dilakukan. Tapi jangan coba-coba melakukan hal yang sama pada sunscreen.

Anda malah akan melemahkan fungsi kandungan SPF dalam sunscreen jika Anda langsung mencampurkannya dengan make-up.

Biarkan sunscreen menjadi bagian yang berbeda dalam tahap perawatan kulit Anda. Oleskan dengan terpisah dan beri waktu bagi kulit Anda untuk menyerapnya.

3. Tidak menggunakan secara menyeluruh

kesalahan memakai sunscreen
Sumber: IStockPhoto

Biasanya, kesalahan yang umum  terjadi saat memakai sunscreen adalah mengaplikasikannya seperti masker dengan melewatkan bagian seperti kelopak mata dan telinga. Padahal, kulit kelopak mata adalah yang paling rentan terhadap kanker kulit.

Bagian belakang telinga dan leher pun sebaiknya menjadi perhatian saat Anda menggunakan sunscreen, karena bagian-bagian inilah yang tanpa disadari paling sering terkena paparan sinar matahari.

Bibir juga menjadi bagian yang paling sering terlewat. Tahukah Anda, bagian bibir juga rentan terhadap kerusakan karena bibir tidak memiliki banyak melanin sebagai pigmen pelindung. Namun, jangan oleskan sunscreen pada bibir. Untuk merawatnya, oleskan lip-balm atau lipstick dengan SPF 15.

4. Berada terlalu lama di luar ruangan

kesalahan memakai sunscreen
Sumber: Success

Dari sebuah studi yang dipublikasikan oleh International Journal of Cancer, terlihat bahwa orang-orang yang menggunakan sunscreen dengan SPF 30 menghabiskan waktu 25% lebih lama di luar ruangan daripada yang hanya menggunakan produk dengan SPF 10.

Padahal, tindakan tersebut juga termasuk kesalahan dalam menggunakan sunscreen. Sunscreen dengan SPF yang lebih tinggi tidak membuat Anda semata-mata dapat berlama-lama berada di bawah sinar matahari tanpa terkena risiko kulit bermasalah. Sinar matahari akan tetap membuat kulit Anda berisiko terbakar, terutama jika Anda hanya menggunakannya satu kali dalam sehari.

Seperti yang sudah dijelaskan, sinar UV memberikan pengaruh yang besar pada kesehatan kulit Anda. Perlu diketahui, meski dengan keadaan langit yang tidak cerah, radiasi dari sinar UV akan tetap mencapai bumi hingga 80 persen. Karena itulah penting bagi Anda untuk memastikan bahwa kulit tetap terlindungi dengan menggunakan sunscreen setiap dua jam sekali.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 7, 2020 | Terakhir Diedit: April 2, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca