Apa yang Anda pakai untuk mengusir jerawat membandel? Sebagian orang memilih menggunakan perawatan dokter ataupun obat-obatan dengan bahan kimia untuk menghilangkan jerawat. Sementara sebagian lainnya lebih memilih menggunakan bahan-bahan alami. Banyak yang bilang bahwa pakai bawang putih untuk jerawat itu efektif. Benarkah?

Apakah pakai bawang putih ampuh untuk mengobati jerawat?

Akhir-akhir ini makin banyak orang yang mengoleskan bawang putih untuk jerawat setelah menonton video dari seorang beauty vlogger asal Canada yang mengklaim bahwa irisan kecil bawang putih ampuh untuk menghilangkan jerawat seketika. Bagaimana bisa?

Doris Day, M.D, seorang dokter kulit sekaligus penulis buku 100 Questions and Answers About Acne, berpendapat bahwa hal ini mungkin saja berhasil karena bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan sifat antiradang.

Pernyataan ini kemudian di dukung oleh Rachelle Wood, seorang ahli gizi di Charlottetown P.E.I yang meyakini kalau bawang putih dapat membantu melawan peradangan berkat bahan kimia alami, yang bernama allicin. Kandungan allicin dalam bawang putih mampu membunuh banyak virus dan bakteri berbahaya dalam tubuh.

Bagaimana cara pakai bawang putih untuk jerawat?

Jika Anda ingin mencoba kiat mengusir jerawat yang satu ini, Farah Dhukai, beauty vlogger asal Canada membagian resepnya dengan cara memotong bawang putih dalam ukuran yang kecil hingga keluar ekstrak cairannya.

Setelah itu, bisa langsung Anda oleskan pada area wajah yang berjerawat. Sementara jika jerawat yang muncul berukuran besar, Anda bisa menggosokkan bawang putih di area yang berjerawat kemudian diamkan hingga semalaman.

Cara lainnya, Anda juga bisa mengonsumsi bawang putih secara langsung atau dengan menghancurkannya kemudian mencampurnya ke dalam segelas susu, dilansir dari laman Livestrong. Namun, penting bagi Anda untuk menguji kecocokannya dengan kulit Anda terlebih dahulu, dengan mengoleskan di area kulit lainnya. Lalu lihat apakah menimbulkan reaksi pada kulit Anda.

Tidak semua orang boleh pakai bawang putih untuk jerawat

Meski terlihat cukup menjanjikan, Anda tetap harus berhati-hati bila ingin mencoba cara alami yang satu ini.

Marie Leger, M.D.,Ph.D, seorang dokter kulit sekaligus asisten profesor di New York City berpendapat bahwa mengoleskan bawang putih pada jerawat bisa mengakibatkan dermatitis kontak, peradangan kulit akibat iritasi. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki alergi bawang putih, atau bahkan pada orang yang tidak memiliki alergi bawang putih sama sekali tapi kulitnya tergolong sensitif.

Pada orang yang kulitnya sensitif, mengoleskan bawang putih justru bisa “memanen” jerawat yang lebih banyak, bahkan hingga menyebabkan kulit terasa panas dan perih.

Sebagai gantinya, para pakar kesehatan kulit lebih menyarankan untuk menggunakan cara lain yang sudah lebih teruji kemanjurannya untuk mengatasi jerawat membandel. Misalnya dengan krim hidrokortison yang bisa dibeli di apotek, lidah buaya, maupun obat yang mengandung asam salisilat dan benzoyl peroxide.

Lagi-lagi, jangan lupa untuk menyesuaikannya kembali dengan keadaan kulit Anda dan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit Anda.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca