Pomade, Wax, dan Gel Rambut: Apa Bedanya?

Oleh

Jaman sekarang kaum Adam sepertinya tidak mau ketinggalan dalam merawat diri dan bergaya di tempat umum. Salah satu yang paling terlihat adalah perawatan rambut yang semakin diperhatikan. Kurang lebih sudah sekitar 3 tahun lalu tren rambut pompadour atau under cut sudah merajalela sampai sekarang. Produk perawatan dan styling untuk rambut pria pun makin banyak beredar di pasaran. Pomade, wax, dan gel rambut adalah beberapa contohnya.

Akan tetapi, mungkin Anda bingung produk apa yang terbaik bagi Anda, yang paling cocok untuk gaya rambut Anda, dan yang lebih sehat untuk rambut Anda. Pomade memang cocok untuk gaya rambut ala gentleman. Wax cocok untuk Anda yang sedikit “berantakan” tapi tetap stylish. Gel cocok untuk Anda yang ingin tampil gaya sepanjang hari, tapi tidak ingin ribet membersihkan rambut.

Perbedaan pomade, styling gel, dan wax rambut

Jika Anda ingin tampil bersih dan rapi, ketiga produk untuk rambut tersebut bisa Anda pakai. Namun, kalau Anda ragu ingin memakai yang mana, Amy Komorowski, hair stylist Justin Timberlake, Jonah Hill, dan Andy Samberg, beserta Gilda Pastina dari Pierre Michel Salon punya sedikit penjelasan yang dipaparkan dalam WebMD.com tentang perbedaan wax, gel, dan pomade, seperti berikut:

  • Wax. Wax bentuknya kental, cocok jika Anda ingin mempertajam rambut Anda. “Wax sempurna untuk menata rambut agak berantakan, terlihat seperti orang baru bangun tidur, namun tetap stylish. Wax juga mudah digunakan tanpa terlihat basah, dan kaku. Teksturnya seperti gel,” tutur Pastina. Namun, Pastina menambahkan, wax terlalu berat untuk digunakan pada rambut yang halus, lemas, atau terlalu panjang. Wax juga agak sulit dibersihkan dari rambut meskipun sudah pakai shampoo.
  • Pomade. Produk satu ini membuat rambut Anda berkilau, rapi, dan lentur. Pomade mirip seperti wax, tapi teksturnya lebih seperti krim dan lebih mudah untuk digunakan. “Pomade mengendalikan rambut yang sulit diatur dan menambah kelembutannya,” katanya. Pomade membuat rambut lebih berkilau dibandingkan wax.
  • Gel. Gel membuat rambut kaku. Sama dengan wax dan pomade, gel juga memiliki tingkat kekuatan dari yang biasa saja sampai gel yang paling kuat. Biasanya digunakan pada rambut yang masih basah untuk menjaga rambut tetap rapi dan mengkilap.

Tips pakai produk rambut yang benar

Anda sudah menemukan produk rambut yang cocok untuk rambut Anda? Kalau sudah, berarti waktunya Anda dandan dan bersiap untuk tampil oke di tempat umum, sekolah, kampus, atau kantor. Mungkin ada baiknya bergaya lebih rapi bila Anda pergi dengan pasangan (atau gebetan, mungkin).

Akan tetapi, ada sedikit tips bagi Anda sebelum tampil rapi dan trendi dengan gaya rambut Anda setelah menggunakan produk rambut seperti wax, gel, dan pomade. Silakan simak beberapa tips berikut:

  • Jangan pakai terlalu banyak. Pakai sedikit demi sedikit jika Anda memerlukannya. “Usap produk Anda di antara telapak tangan Anda untuk menghangatkannya, lalu pakai secara menyeluruh di bagian rambut Anda,” tutur Komorowski.
  • Berhati-hatilah mengusapnya ke seluruh bagian rambut Anda. Periksalah bahwa Anda sudah menyebarkannya ke seluruh rambut. Komorowski mengatakan pria lebih banyak fokus pada satu tempat dan tidak menyebarkannya dengan baik.
  • Jangan takut bereksperimen. Bersenang-senanglah dengan produk rambut Anda. Gunakan berbagai macam produk bergantian dan jangan takut bereksperimen. “Ini hanya produk saja. Nanti bisa dibersihkan,” kata Komorowski.

Jadi, tinggal bagaimana Anda memilih dan menggunakannya saja. Ketika Anda sudah siap memutuskan untuk menggunakannya, jangan lupa juga untuk selalu membersihkannya dengan baik menggunakan shampoo secara rutin, pakai kondisioner kalau perlu.

“Jika Anda terlihat baik, Anda juga akan merasa baik. Bagus pengaruhnya untuk kenyamanan Anda,” tandas Komorowski.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 6, 2017 | Terakhir Diedit: September 6, 2017

Yang juga perlu Anda baca