Yuk, Bikin Hati Senang dengan Jajal 5 Olahraga Ini!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 Januari 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Katanya, olahraga bisa bikin bahagia dan senang lho! Ya, olahraga rutin bisa jadi salah satu solusi untuk meningkatkan mood dan memperbaiki suasana hati. Dengan olahraga, Anda lebih bisa meredam dan mengelola emosi.

Ketika Anda berolahraga, otak akan melepaskan endorfin, adrenalin, serotonin, dan dopamin. Semua bahan kimia otak ini akan bekerja sama untuk membuat tubuh merasa lebih baik, sehingga Anda akan merasa lebih tenang, nyaman, dan bahagia.

5 olahraga yang bisa bantu perbaiki suasana hati

1. Yoga

yoga untuk rematik

Yoga adalah olahraga yang fokus pada peregangan, pernapasan dan gerakan halus yang dilakukan sambil melepaskan emosi negatif. Yoga membantu menenangkan dan mengistirahatkan pikiran sembari menggerakan tubuh.

Melalui gerakan dan cara bernapas yang teratur dalam gerakan yoga, secara alami yoga akan mencairkan suasana hati dan membiarkan kekhawatiran yang Anda rasakan semakin berkurang.

Menurut Norman E Rosenthal, MD seorang dosen psikiatri di Georgetown University School of Medicine di Washington, yoga memiliki efek antidepresan yang luar biasa karena olahraga ini bukan hanya meningkatkan kelenturan tetapi juga meningkatkan kesadaran sehingga bisa mengurangi pikiran negatif.

2. Jalan santai

olahraga jalan kaki

Jika Anda memiliki banyak masalah, bahkan membuat Anda bete, cara paling sederhana untuk mengatasi ini adalah dengan jalan-jalan. Tentunya jalan-jalan dengan arti sesungguhnya bukan naik mobil atau motor, ya.

Berjalan merupakan kategori aktivitas fisik tingkat sedang yang bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Berjalan hanya beberapa menit dapat menenangkan saraf-saraf Anda yang pada akhirnya dapat meningkatkan mood Anda lebih baik, terutama jika Anda berjalan di luar ruangan.

Berjalan juga mampu menurunkan tingkat stres, menurunkan kecemasan, bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Jika Anda ingin menenangkan diri sendiri, Anda bisa berjalan sendiri. Namun jika merasa terlalu sepi, ajak teman Anda untuk berjalan-jalan selama beberapa menit sambil bercengkrama sepanjang jalan.

3. Tai chi

Jika sedang bete, kembalikan mood Anda dengan memulihkan energi positif. Taichi adalah salah satu olahraga yang dapat mengubah fokus pikiran sekaligus menyegarkan tubuh.

Dilansir dalam laman Livestrong, Taichi juga dapat meningkatkan kualitas tidur, menurunkan tingkat stres dan meningkatkan ketenangan. Semua manfaatnya ini dapat membantu meningkatkan mood yang sedang kacau.

4. Bersepeda


Bersepeda adalah salah satu olahraga endurance yang menyenangkan. Bagaimana tidak, sambil naik sepeda, Anda bisa jalan-jalan dan menikmati pemandangan lingkungan sekitar.

Bersepeda membantu meningkatkan kadar endorfin yang memicu timbulnya perasaan senang, dan memberi Anda waktu untuk berpikir jernih sehingga Anda dapat mengendalikan stres lebih baik. Ajaklah teman terdekat untuk pergi bersepeda agar suasana semakin menyenangkan.

5. Senam aerobik

senam Zumba

Jika Anda suka dengan gerakan seperti menari yang lebih energik. Saat bete, Anda bisa mencoba melakukan olahraga senam aerobik ini. Ada banyak jenis senam aerobik, ada zumba, ballet, belly dance, dan lain-lain.

Senam ini termasuk olahraga aerobik yang melibatkan musik sehingga membuat suasana olahraga jadi lebih menyenangkan.

Olahraga aerobik pada dasarnya memang jadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan endorfin, serotonin, dopamin, zat kimia otak yang bantu membangkitkan rasa senang. Ditambah lagi dengan iringan musik, ini akan membangkitkan suasana semakin menyenangkan.

Bukan hanya itu, jika dilakukan bersama-sama olahraga ini juga memberikan kesempatan Anda untuk saling berinteraksi satu sama lain. Interaksi sosial juga bisa jadi obat untuk meningkatkan suasana hati yang sedang kacau.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

10 Jenis Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi

Saat berolahraga, tubuh Anda akan bergerak dan beraktivitas lebih intens dari biasanya sehingga Anda rawan mengalami 10 cedera olahraga berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kebugaran, Hidup Sehat 11 Juni 2020 . Waktu baca 8 menit

Olahraga Menggunakan Masker Saat Pandemi, Begini Menurut Pakar

Penggunaan masker memang diperlukan saat bepergian ke luar di tengah pandemi COVID. Namun, amankah menggunakan masker saat olahraga?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 9 Juni 2020 . Waktu baca 7 menit

Mager Olahraga Saat Karantina? Ini 7 Tips Agar Anda Tetap Semangat

Masa karantina membuat badan jadi malas gerak. Padahal, olahraga penting agar tubuh tetap fit. Ini tips agar Anda tetap semangat olahraga saat karantina.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Coronavirus, COVID-19 30 April 2020 . Waktu baca 5 menit

Tetap Makan Sehat untuk Kembalikan Mood saat Karantina

Karantina di rumah lebih dari satu bulan tentu bisa membuat stres. Namun, Anda bisa mengembalikan mood dengan makan selama karantina, lho.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 23 April 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

persiapan naik gunung

7 Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Naik Gunung

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 18 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
pemanasan sebelum olahraga

Berapa Lama Olahraga yang Dianggap Efektif?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 16 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
olahraga mengurangi cemas depresi

3 Jenis Olahraga yang Bantu Mengurangi Perasaan Cemas dan Depresi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 14 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit