Nyeri punggung bagian atas dan leher bisa menganggu aktivitas Anda sehari-hari. Rasa sakit di punggung bagian atas dan leher ini bisa membatasi gerakan Anda dan nyerinya semakin parah ketika berdiri atau duduk. Jika tidak diatasi, kondisi ini akan semakin parah, menyebar, dan membatasi ruang gerak Anda lebih jauh. Ada beberapa cara mengatasi nyeri punggung atas dan leher. Apa saja? Baca dengan lengkap artikel ini.

Penyebab nyeri punggung bagian atas dan leher

leher kanan sakit

Nyeri pada punggung bagian atas dan leher biasanya karena kelemahan otot yang terjadi terus menerus akibat postur atau posisi tubuh yang salah.

Duduk seharian dan bekerja di depan layar komputer, menunduk main HP terlalu lama, dan duduk di depan layar televisi dalam waktu lama adalah penyebab utama nyeri punggung bagian atas dan leher.

Selain itu, penyebab nyeri punggung bagian atas dan leher antara lain:

  • mengangkat sesuatu dengan tidak benar
  • cedera olahraga
  • kelebihan berat badan
  • merokok

Seperti kondisi kesehatan lainnya, efek nyeri leher dan punggung bisa terasa lebih parah pada orang yang merokok atau kelebihan berat badan. Orang dengan berat badan berlebih dapat menambah lebih banyak tekanan pada otot.

Cara mengatasi nyeri punggung bagian atas dan leher

Sebenarnya beberapa rasa nyeri di daerah punggung dan leher Anda cukup umum terjadi. Namun, jika nyeri punggung bagian atas dan leher yang kronis bisa menjadi masalah yang sangat serius. Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi nyeri punggung bagian atas dan leher dengan cepat kondisi ini muncul. Juga, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah nyeri punggung atas dan leher muncul atau kambuh.

Gunakan kompres dingin, obat pereda nyeri antiradang, tetap lakukan gerakan yang tidak menimbulkan nyeri, meminta orang lain untuk memijat daerah otot yang kaku dan berjalan dengan postur yang benar dan tepat juga dapat membantu mengatasi nyeri punggung bagian atas dan leher.

Setelah rasa nyeri di punggung Anda sudah mulai membaik, Anda masih perlu istirahat selama satu atau dua hari. Anda juga dapat mulai mencoba untuk membantu penyembuhan melalui peragangan atau stretching.

Peregangan untuk mengatasi nyeri punggung atas dan leher

Peregangan dapat membantu Anda mencegah munculnya sakit yang baru dan mencegah nyeri punggung bagian atas dan leher muncul kembali.

Gerakan peregangan yang bisa Anda lakukan antara lain:

I-pose

Duduk di kursi yang kokoh atau di atas bola latihan dengan telapak kaki Anda rata di lantai, biarkan tangan Anda menggantung lurus ke bawah dari bahu Anda yang rileks. Telapak tangan saling berhadapan, perlahan angkat tangan ke arah lutut, lalu ke atas kepala.

Jaga siku Anda lurus, tetapi tidak terkunci, dan jangan mengangkat bahu Anda. Tahan gerakan ini selama tiga napas dalam-dalam lalu perlahan-lahan turunkan lengan Anda ke sisi tubuh. Ulangi 10 kali.

W-pose

Duduk di kursi dengan kaki selebar bahu. Mulailah dengan tangan Anda menggantung di sisi Anda dan bahu Anda rileks. Kemudian gerakkan tangan seperti contoh di atas. Tangan Anda membuat bentuk huruf W, dengan tubuh Anda sebagai garis tengah. Tahan selama 30 detik. Lakukan tiga putaran, setidaknya sekali dan hingga tiga kali per hari.

Memiringkan kepala

Duduk di kursi yang kokoh atau di atas bola latihan dengan kaki Anda rata di lantai, biarkan lengan Anda menggantung lurus ke bawah dari bahu Anda yang rileks. Jaga lengan Anda di samping Anda, pegang kursi kursi Anda dengan tangan kanan Anda, dan miringkan kepala Anda ke arah bahu kiri Anda.

Perpanjang sejauh yang Anda bisa dengan nyaman, dan tahan untuk satu napas dalam-dalam. Ulangi 10 kali, lalu pegang dengan tangan kiri dan regangkan ke arah kanan 10 kali.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca