4 Fakta Penting Tentang Labia, Bibir Vagina Wanita

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Labia atau bibir vagina adalah sebuah lipatan kulit yang membentuk vulva di bagian luar alat kelamin wanita. Nah, bibir vagina ini memiliki dua bagian berbeda yaitu labia majora (bibir vagina luar) yang memiliki bentuk tebal dan agak berlemak isinya, serta labia minora (bibir vagina bagian dalam) yang bentuknya tipis dan lebih kecil.

Labia memiliki fungsi penting dalam tubuh wanita, yaitu untuk melindungi. Fungsi dari labia majora adalah melindungi organ-organ internal vagina, sekaligus mencegah vagina pembukaan selain aktivitas seks. Sedangkan labia minora fungsinya adalah melindungi lubang vagina dari benda-benda kecil yang bisa masuk ke dalam saluran kemih wanita, seperti serangga ataupun kotoran.

4 fakta tentang labia atau bibir vagina wanita

1. Kalau sedang terangsang akan terasa hangat

Mungkin agak sulit untuk membuat wanita benar-benar terangsang saat melakukan hubungan seksual. Tapi, tahukah Anda bahwa bibir vagina akan bereaksi ketika Anda terangsang? Nah, hanya dengan sentuhan pada klitoris (salah satu sumber utama gairah klimaks para wanita), ini akan menghantarkan banyak aliran darah pada bibir vagina, sehingga labia minora wanita akan terlihat sedikit membesar dan terasa hangat.

2. Bentuk tiap bibir vagina wanita berbeda

Adilnya Sang Maha Pencipta, sampai-sampai bibir vagina tiap wanita dibuat saling berbeda bentuknya. Labia memiliki warna, ukuran, panjang, dan ketebalan yang berbeda pada masing-masing wanita.

Pada banyak kasus, beberapa wanita mengeluhkan bahwa bibir vagina bagian dalam mereka bentuknya lebih panjang bergelambir dan agak menonjol keluar. Sering sekali kondisi vagina yang seperti ini bikin wanita tidak pede di ranjang. Tapi tenang, itu normal kok, mengingat tiap bibir kelamin wanita tidak seragam, bahkan ada beberapa kasus yang memiliki ukuran labia yang tidak simetris.

3. Tua nanti, bibir vagina Anda akan menyusut

Ketika Anda beranjak tua, Anda akan menyaksikan dan merasakan bibir vagina Anda akan menyusut secara perlahan-lahan. Ini normal terjadi ketika usia wanita semakin matang dan menua. Hal ini disebabkan oleh hormon estrogen yang akan menyusut ketika Anda mengalami menopause. Selain itu, kulit pada bibir kemaluan bagian luar akan sedikit lebih halus, tetapi rambut-rambut yang ada di sekitarnya juga akan semakin membotak.

4. Anda bisa melakukan pembedahan pada labia Anda, kalau tidak puas

Sebagian wanita kadang tidak puas dengan terlalu besarnya bibir vagina yang dimiliki. Mereka menganggap ini akan menurunkan gairah pria ketika berhubungan seksual. Bagi Anda yang memiliki masalah ini, Anda bisa melakukan pembedahan pada bibir vagina Anda untuk membuat ukurannya sesuai dengan yang Anda mau. Operasi pembedahan ini disebut labiaplasty. Pembedahan ini dilakukan oleh ahli bedah plastik yang akan membuat labia Anda lebih kecil. Meskipun, percayalah, tidak ada pria yang peduli apakah ukuran labia Anda terlalu besar atau terlalu kecil. 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Cara Praktis Membuat Kopi Anda Lebih Sehat dan Nikmat

Kenikmatan kopi sudah tidak diragukan. Namun, tahukan Anda ada beberapa cara membuat kopi yang dapat menjadikan manfaatnya lebih baik untuk kesehatan.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Kenapa Ada Orang yang Mengalami Alergi Bawang Putih dan Bisakah Diobati?

Selain alergi susu dan kacang, ada juga alergi bawang putih. Apa penyebabnya dan adakah cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Alergi, Alergi Makanan 20 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Anda suka nekat makan daging ayam belum matang? Awas, akibatnya bisa fatal. Ini dia berbagai bahaya dan ciri-ciri daging ayam yang belum dimasak sempurna.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Vaksin MMR: Manfaat, Jadwal, dan Efek Samping

MMR adalah singkatan dari tiga macam penyakit infeksi fatal yang paling rentan menyerang anak-anak di tahun pertama kehidupannya. Kapan harus vaksin MMR?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

KDRT konflik rumah tangga

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
tips menghindari perceraian

7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
masalah seks pada pria

5 Masalah Seks yang Paling Mengganggu Pria (Plus Cara Mengatasinya)

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
pekerjaan rumah tangga saat hamil

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit