5 Tips Cerdas Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 01/09/2018
Bagikan sekarang

Memilih asuransi kesehatan yang tepat memang gampang-gampang susah. Selain karena dihadapkan oleh berbagai pilihan perusahaan asuransi dengan penawaran terbaik, Anda juga harus lebih jeli dalam menyocokkan kebutuhan diri dengan layanan yang disediakan oleh pihak asuransi.

Jangan sampai, nanti timbul kerugian akibat kurang ketelitian dalam mempertimbangkan plus minus dari asuransi tersebut. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan saat hendak menentukan asuransi kesehatan?

Pertimbangkan 5 hal ini saat memilih asuransi kesehatan

Saat ini, sebenarnya masyarakat telah lebih dimudahkan dengan hadirnya beragam perusahaan penyedia layanan jasa asuransi kesehatan yang menawarkan banyak keunggulan. Namun, Anda tetap tidak boleh asal dalam menentukan asuransi kesehatan mana yang harus dipilih.

Alih-alih mendapatkan asuransi kesehatan yang sesuai, Anda justru bisa dirugikan akibat kurang mencermati mengenai ketentuan yang ada dalam polis asuransi. Nah, beberapa hal berikut ini sebaiknya Anda pertimbangkan masak-masak sebelum memilih asuransi kesehatan terbaik.

1. Kenali kebutuhan

menulis tangan vs mengetik

Salah satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan sebelum memilih asuransi kesehatan adalah memahami betul apa yang menjadi kebutuhan Anda. Hal ini bertujuan agar dapat menemukan asuransi kesehatan mana yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan, sehingga manfaat yang didapatkan pun akan lebih maksimal.

Ambil contoh, sekarang ada beberapa perusahaan asuransi yang tidak hanya menawarkan pilihan perlindungan untuk satu orang saja. Namun juga memberikan pilihan layanan yang bisa mencakup seluruh anggota keluarga. Dengan kata lain, Anda hanya perlu memakai satu polis asuransi untuk semua anggota keluarga dengan biaya yang lebih ringan.

Jika seluruh anggota keluarga belum pernah menggunakan layanan asuransi kesehatan, tidak ada salahnya untuk mencoba layanan yang satu ini. Tentu akan jadi lebih efektif dan efisien, bukan?

2. Pahami sistem asuransi

asuransi double claim

Ada dua sistem klaim asuransi ketika menanggung biaya pengobatan Anda, yakni cashless (tanpa tunai) dan reimburse. Secara garis besar, cashless berarti Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar biaya perawatan karena telah ditanggung oleh pihak asuransi. Tugas Anda hanyalah menunjukkan kartu kepemilikan asuransi, dan tagihan akan terbayar dengan sendirinya.

Sementara reimburse, mengharuskan Anda untuk mengurus dan membayar semua biaya pengobatan terlebih dahulu dengan uang pribadi. Setelah itu, mengajukan klaim penggantian uang kepada pihak asuransi.

Kedua metode ini, jelas akan menjadi pertimbangan besar karena memiliki aturan dan kebijakannya masing-masing. Lagi-lagi, pahami betul semua seluk beluk pelayanan, tawaran, serta manfaat apa yang akan didapat dari asuransi tersebut.

3.Pertimbangkan biaya premi

jenis asuransi, Hospital Cash Plan

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting dalam memilih asuransi kesehatan adalah mempertimbangkan premi yang sesuai dengan anggaran keuangan dan kemampuan Anda. Jangan sampai salah memilih premi, sehingga membuat anggaran keuangan membengkak.

Penting untuk memastikan bahwa biaya premi yang Anda pilih dapat mencakup seluruh biaya kesehatan yang dibutuhkan. Mulai dari biaya perawatan (inap/jalan), rumah sakit,  obat, operasi, dan segala tetek bengek penting lainnya.

Semakin banyak hal yang bisa ditanggung, tentunya akan semakin baik. Meski begitu, tetap pastikan biaya premi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

4. Perhatikan cakupan rumah sakit

penyakit menular di rumah sakit

Perusahan asuransi ternama, biasanya telah memiliki kerjasama dengan banyak rumah sakit. Tentunya, Anda akan semakin dimudahkan untuk mendapat pelayanan kesehatan yang dibutuhkan.

Untuk itu, pastikan Anda memilih asuransi kesehatan yang punya jaringan luas dengan cakupan berbagai rumah sakit. Bila perlu, Anda bisa menyesuaikan pilihan rumah sakit terdekat dengan lokasi tempat tinggal.

5. Lakukan perbandingan

memilih dan membuat asuransi kesehatan

Oleh karena ada banyak perusahaan asuransi kesehatan dengan beragam layanan menariknya, mungkin akan membuat Anda dihadapkan dengan banyak pilihan. Solusinya, coba lakukan perbandingan antara perusahaan asuransi kesehatan satu dengan yang lainnya.

Lalu amati dengan teliti masing-masing tawaran dari perusahaan asuransi tersebut. Sekiranya, mana yang sudah sesuai atau bahkan hampir mendekati dengan apa yang Anda inginkan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Alasan Klaim Asuransi Kesehatan Anda Ditolak Perusahaan

Pengajuan klaim asuransi tidak selalu berjalan dengan lancar. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan klaim asuransi kesehatan ditolak. Kenapa, ya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Asuransi, Hidup Sehat 06/09/2018

Bagaimana Caranya Berobat Ke Luar Negeri Pakai Asuransi Kesehatan?

Sekarang ini beragam asuransi telah mempermudah akses nasabahnya untuk berobat ke luar negeri menggunakan asuransi kesehatan. Caranya bagaimana, ya?

Ditinjau secara medis oleh: Hello Sehat Medical Review Team
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Asuransi, Hidup Sehat 06/09/2018

Panduan Lengkap untuk Melakukan Klaim Asuransi Kesehatan

Sebagai nasabah asuransi kesehatan, Anda berhak untuk mengajukan klaim penggantian biaya. Lantas, bagaimana cara untuk klaim asuransi kesehatan?

Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Asuransi, Hidup Sehat 04/09/2018

3 Risiko yang Harus Anda Tanggung Jika Telat Membayar Premi Asuransi

Sebagai pengguna asuransi, Anda harus mematuhi kewajiban membayar premi atau iuran tepat waktu. Jika telat bayar premi, siap-siap menanggung risiko ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Asuransi, Hidup Sehat 04/09/2018

Direkomendasikan untuk Anda

asuransi penyakit kritis

Apa Pentingnya Memiliki Asuransi Penyakit Kritis?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 17/02/2020
resolusi di tahun baru

Mulai Resolusi Keuangan dengan Melakukan 5 Hal Berikut Ini

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 31/01/2020
persiapan sebelum travelling

Takut Terpapar Penyakit Saat Liburan? Yuk, Siapkan 3 Hal Ini Sebelum Berwisata

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 26/09/2019
melahirkan di luar negeri

5 Hal yang Perlu Calon Ibu Persiapkan Jika Ingin Melahirkan di Luar Negeri

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 04/09/2019