home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Pilihan Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Cabut Gigi

6 Pilihan Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Cabut Gigi

Setelah cabut gigi, dokter biasanya menyarankan Anda untuk menghindari jenis makanan yang terlalu keras, lengket, pedas, panas, dan dingin. Sebagai gantinya, Anda dianjurkan untuk makan beberapa makanan yang bisa meminimalkan risiko komplikasi, mengurangi peradangan, serta mempercepat proses penyembuhan luka usai cabut gigi. Jadi, apa saja jenis makanan setelah cabut gigi yang paling dianjurkan?

Berbagai makanan yang sebaiknya dimakan setelah cabut gigi

1. Sup

Sup dengan bahan-bahan yang telah dilumatkan, bisa memudahkan Anda menelan makanan tanpa harus bersusah payah mengunyah. Selain itu, beberapa sup yang berisi potongan sayuran biasanya memiliki tekstur yang lebih lunak sehingga memudahkan Anda saat makan.

Kandungan vitamin, mineral, dan air yang cukup tinggi juga membantu memenuhi nutrisi harian tubuh, ketika kondisi Anda sedang tidak memungkinkan untuk makan buah dan sayur utuh.

2. Bubur

makan bubur

Nyeri usai cabut gigi tak jarang membuat Anda enggan untuk makan nasi, yang nantinya justru membuat Anda lemas karena kekurangan sumber energi. Solusinya, Anda bisa mengolah nasi menjadi bentuk lain yang lebih halus, yakni bubur.

Jika perlu, Anda bisa menghaluskan semua bahan makanan yang berbentuk padatan. Entah itu sayur atau lauk makan Anda.

3. Mashed potato

Bosan dengan nasi? Kentang tumbuk juga bisa jadi pilihan alternatif sumber energi Anda. Kentang dilengkapi beragam nutrisi yang baik untuk proses pemulihan. Namun, pastikan kentang disajikan dalam kondisi hangat, ya.

4. Yogurt

Tekstur lembut dari yogurt membuatnya masuk dalam daftar makanan setelah cabut gigi. Tidak hanya itu, yogurt juga dilengkapi dengan banyak protein, vitamin, serta mineral yang diyakini bisa membantu proses pemulihan gigi.

Kandungan mineral seng, kalsium, dan zinc dalam yogurt bisa mempercepat penyembuhan luka.

5. Oatmeal

oatmeal bikin gemuk

Oatmeal sarat dengan mineral dan vitamin tinggi yang membantu mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Untuk menghindari iritasi, sebaiknya tunggu sampai oatmeal sudah dalam kondisi hangat dan hindari makan oatmeal yang masih panas.

6. Telur orak-arik

asparagus dan telur

Telur terkenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Telur juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Sumber protein ini diyakini aman sebagai makanan setelah cabut gigi karena mengandung omega-3 yang dapat membantu proses penyembuhan luka.

Akan tetapi tidak semua jenis telur bisa dimakan usai cabut gigi. Telur orak-arik merupakan pilihan olahan telur yang terbaik karena lebih mudah dikunyah dan ditelan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

15 Soft Foods to Eat After Having Your Wisdom Teeth Removed. https://www.healthline.com/nutrition/what-to-eat-after-wisdom-teeth-removal Accessed on August 7th 2018.

What Foods Can I Eat After Wisdom Tooth Extraction? https://www.medicalnewstoday.com/articles/321300.php Accessed on August 7th 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri pada 29/08/2018
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x