home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Setelah Minum Kopi

Cara Menghilangkan Bau Mulut Setelah Minum Kopi

Kopi adalah salah satu minuman paling populer bagi banyak orang. Kopi membuat orang terjaga dan memberikan dorongan energi yang diperlukan untuk hari itu. Namun, pernahkah Anda memperhatikan bahwa bau mulut Anda menjadi tidak sedap setelah minum kopi? Bagaimana cara menghilangkan bau mulut akibat minum kopi?

Mengapa kopi menyebabkan bau mulut?

Apapun yang dimasukkan ke mulut akan membuat mulut bau. Semakin kuat bau makanan yang Anda konsumsi, akan semakin kuat pula bau mulut Anda. Kopi, yang mengandung senyawa sulfur yang tinggi, adalah salah satu pelaku penyebab bau mulut.

Selain itu, kafein dari kopi akan mengering di dalam mulut. Saat mulut tidak menghasilkan cukup air liur, mulut menjadi berbau karena air liur dapat membunuh bakteri di mulut. Tanpa air liur, bakteri tumbuh dan menyebabkan bau mulut. Partikel makanan yang tersisa di mulut, yang normalnya dibersihkan oleh air liur, juga mengurai dan menimbulkan bau.

Alasan terakhir mengapa minum kopi bisa menyebabkan bau mulut adalah bahwa kopi memiliki aroma sangat kuat yang baunya lebih buruk daripada rasanya. Mungkin juga bahwa senyawa lainnya seperti susu dalam kopi yang Anda minum berkontribusi terhadap masalah bau mulut.

Cara menghilangkan bau mulut akibat minum kopi

Menyikat gigi adalah cara tercepat untuk menghilangkan bau mulut karena kopi, dan selalu ada permen karet yang mengandung xylitol untuk dikunyah. Selain menyikat gigi, bersihkan juga lidah Anda dengan cara menyikat lidah. Anda juga bisa menggunakan mouthwash alias obat kumur.

Jika Anda merasa bahwa kopi dan pasta gigi bukanlah kombinasi yang tepat, tetapi ingin menghindari bau mulut karena kopi, yang harus dilakukan adalah berusaha menyeimbangkan dan melakukan variasi. Cobalah untuk beralih pada teh hijau.

Ekstrak teh hijau menghilangkan sulfur yang bau hasil dari kerusakan gigi, menurut sebuah ulasan di Journal of Oral Biology. Para ahli menyatakan bahwa teh hijau membantu menstimulasi produksi air liur yang membantu membersihkan gigi setelah makan (atau minum kopi bergula). Minum segelas air juga bisa membersihkan mulut dari kopi.

Ide lain yang cepat dan mudah untuk membuat mulut memproduksi lebih banyak air liur adalah dengan makan apel, yang mengandung enzim penghasil air liur; atau melawan bakteri penyebab bau: minum teh jahe atau makan yogurt, yang mengandung sifat anti bakteri.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Why Does Coffee Cause Bad Breath? http://www.livescience.com/33818-coffee-bad-breath-llmmp.html.

Coffee breath: Would you like your coffee with or without the bad breath? http://www.abc.net.au/local/stories/2009/07/10/2622265.htm.

How to Avoid Getting Coffee Breath. http://drinks.seriouseats.com/2013/10/coffee-breath-how-to-avoid-and-fix-bad-breath-from-espresso.html.

Beat Your Smelly Coffee Breath! http://www.menshealth.com/health/beat-smelly-coffee-breath.

http://www.webmd.com/oral-health/bad-breath-cause-prevention#2

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi pada 05/08/2017
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
x