home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Merasa Jenuh Berhubungan Seks? Mungkin Ini Penyebabnya

Merasa Jenuh Berhubungan Seks? Mungkin Ini Penyebabnya

Di awal pernikahan, Anda dan pasangan bisa hampir setiap malam memadu kasih di ranjang. Namun, kadang muncul rasa bosan untuk berhubungan intim seperti dulu terutama pada pasangan yang sudah menikah bertahun-tahun. Para peneliti percaya saat pasangan sudah bosan berhubungan seks, kemungkinan besar hubungan asmaranya juga akan terasa hambar. Apakah ini normal?

Penyebab lama-lama bosan berhubungan intim

1. Tidak merasa puas tiap kali bercinta

Seks seharusnya bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Sayangnya, salah satu alasan paling dasar yang membuat seseorang bisa bosan berhubungan intim adalah karena ia tidak pernah merasa puas dan mendapatkan manfaat apa pun setiap kali bercinta.

Entah karena capek atau alasan lainnya, seks bisa jadi tidak memuaskan apabila kedua belah pihak tidak sama-sama berusaha bersama untuk membuat aktivitas di ranjang lebih menyenangkan. Banyak pula pasangan yang semakin lama menganggap seks sebagai sebuah “peer” dan tidak dikerjakan sepenuh hati.

Hal tersebut juga diyakini oleh sebuah penelitian dari Journal of Personality and Social Psychology. Pada jurnal tersebut, peneliti mensurvei 1.900 orang tentang kepuasan berhubungan intim dengan pasangannya.

Pasangan yang terus saling berusaha untuk memuaskan satu sama lain terbukti lebih sering bercinta dan juga lebih bahagia. Sementara bagi pasangan yang tidak berusaha menghangatkan hubungannya di luar dan atas ranjang lama kelamaan malah merasa bosan berhubungan intim.

2. Ada konflik yang belum diselesaikan

Penyebab rasa bosan berhubungan intim kadang tidak selalu disebabkan oleh gaya atau rutinitas bercinta yang itu-itu saja. Menurut Psychology Today, perasaan itu mungkin muncul karena ada masalah yang belum Anda berdua selesaikan dengan baik.

Sebab saat salah satu pasangan terus memendam rasa kesal pada pasangannya, jangankan gairah untuk bermesraan, minat untuk basa-basi menyapa saja belum tentu ada.

Jika masalah lama kelamaan dibiarkan, yang ada hasrat bercinta jadi hilang sama sekali. Alhasil, berhubungan seks tidak lagi terasa menarik dan cenderung terasa membosankan.

Konflik yang belum selesai akan terus mengganggu perasaan. Bila dibiarkan, bukan hanya menyebabkan bosan berhubungan seks saja, kelanggengan hubungan asmara pun bisa terancam.

Bagaimana cara mengatasi bosan berhubungan seksual?

Supaya tidak lagi merasa bosan berhubungan intim, Anda dan pasangan harus mengetahui dulu apa akar penyebabnya. Apabila disebabkan karena adanya konflik di antara berdua, sebaiknya diselesaikan dulu.

Sedangkan jika bosan berhubungan intim disebabkan karena tidak pernah merasa puas, ajak pasangan Anda untuk berdiskusia apa yang saling berdua inginkan di atas ranjang. Apakah ingin mencoba gaya baru, mencoba fantasi seks yang selama ini dipendam, atau hanya sekadar ingin bercumbu lebih lama.

Coba juga untuk meluangkan waktu lebih banyak bersama pasangan, misalnya dengan kencan romantis atau saling bertukar pesan nakal sebelum bertemu di kamar.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Maxwell, J. A., Muise, A., MacDonald, G., Day, L. C., Rosen, N. O., & Impett, E. A. (2017). How implicit theories of sexuality shape sexual and relationship well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 112(2), 238-279.

Sex gets borin in relationship, and what sciense explaine https://www.livestrong.com/article/1012567-sex-gets-boring-relationship-explained-science/

Sexual boredom is a smokescreen https://www.psychologytoday.com/intl/blog/sex-matters/201807/sexual-boredom-is-smokescreen

Explaining sexual boredom https://www.psychologytoday.com/us/blog/what-is-he-thinking/200904/not-tonight-dear-explaining-sexual-boredom

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 02/06/2019
x