home

Artikel Bersponsor

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Payudara Besar Bikin Pasangan Lebih Puas, Mitos Atau Fakta?

Payudara Besar Bikin Pasangan Lebih Puas, Mitos Atau Fakta?

Tak bisa dipungkiri, ukuran payudara menjadi salah satu faktor yang memengaruhi rasa percaya diri wanita. Ukuran payudara yang besar bahkan disebut-sebut dapat meningkatkan kepuasan hubungan seks bersama pasangan.

Sayangnya, anggapan ini justru menurunkan kepercayaan diri pada wanita yang memiliki payudara normal. Tidak sedikit yang akhirnya menempuh prosedur medis untuk menambah ukuran payudaranya tanpa mengetahui kebenaran klaim tersebut.

Benarkah payudara besar meningkatkan kepuasan seks?

operasi mengecilkan payudara

Laki-laki memang memiliki ketertarikan terhadap fisik wanita. Hal ini merupakan mekanisme psikologis yang telah ada sejak manusia mulai berevolusi.

Laki-laki umumnya tertarik pada karakter fisik berupa bentuk wajah, simetrisitas tubuh, dan tanda-tanda kemudaan pada tubuh.

Laki-laki juga secara alamiah tertarik pada ciri reproduksi sekunder seperti ukuran payudara serta rasio antara lingkar pinggang dan pinggul.

Aspek ini menandakan bahwa seorang wanita memiliki gen yang baik dan cukup subur untuk memiliki keturunan.

Ukuran payudara juga dapat memengaruhi penilaian pria terhadap daya tarik seorang wanita. Payudara besar, misalnya, disebut-sebut dapat meningkatkan kepuasan hubungan seks. Namun, pengaruhnya tidak selalu sama pada setiap laki-laki.

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2011 merangkum berbagai temuan terkait hal ini.

Hasilnya terbagi menjadi dua, yaitu sebagian laki-laki lebih memilih wanita dengan payudara berukuran besar, tapi ada pula yang lebih menyukai wanita dengan payudara berukuran normal.

Perbedaan tersebut muncul karena alasan yang sederhana. Alasannya adalah saat mencari pasangan yang sesuai, manusia bergantung pada kebutuhan pribadi dan dipengaruhi oleh faktor sosial-lingkungan.

Secara alamiah, setiap laki-laki memiliki tujuan tersendiri saat mencari pasangan.

Penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa laki-laki yang mengejar hubungan jangka panjang tidak hanya terpaku pada keunggulan karakteristik fisik.

Mereka juga mencari kelebihan di luar hal fisik, seperti kesetiaan, komitmen, dan kemampuan mengasuh anak.

Payudara besar dan kepuasan seks pada wanita

cara mengecilkan payudara

Banyak wanita merasa tidak puas dengan ukuran payudara mereka. Imbasnya, kepercayaan diri mereka ikut menurun.

Sebenarnya, banyak faktor yang dapat memengaruhi ukuran payudara. Beberapa di antaranya memang tidak dapat diubah.

Payudara tersusun dari jaringan lemak dan kelenjar khusus yang menghasilkan ASI. Banyaknya lemak tubuh juga berperan dalam membentuk payudara.

Itu sebabnya, payudara besar lebih banyak dimiliki oleh wanita bertubuh sintal.

Wanita bertubuh kurus memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk memiliki payudara besar. Namun, bukan berarti wanita bertubuh kecil tidak ada yang memiliki payudara besar.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang menginginkan payudara besar umumnya memiliki indeks massa tubuh normal atau bahkan kurus.

Sebaliknya, wanita bertubuh sintal yang memiliki payudara besar justru ingin memiliki payudara berukuran normal.

Alih-alih bermanfaat bagi kehidupan seksual, ukuran payudara yang besar membuat mereka lebih sering merasakan pegal dan sakit punggung.

Pentingkah ukuran payudara besar dalam hubungan seks?

posisi berhubungan intim untuk menghilangkan stres

Penelitian tersebut juga menunjukkan hasil yang unik. Walaupun sebagian besar wanita merasa tidak puas dengan ukuran payudara mereka, sebanyak 54% laki-laki yang mengikuti penelitian tersebut justru merasa puas dengan ukuran payudara pasangan mereka.

Hal ini bukannya tanpa alasan. Ketika ditanyai mengenai ukuran payudara ideal, kebanyakan laki-laki hanya menyatakan ukuran yang disukainya tanpa mengetahui pengaruhnya terhadap kepuasan seksual mereka.

Ukuran payudara bukanlah faktor utama yang menentukan kepuasan berhubungan seksual. Kepuasan seksual justru lebih ditentukan dari seberapa intim hubungan seksual yang Anda lakukan bersama pasangan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Frederick, D., Peplau, A. and Lever, J. (2008). The Barbie Mystique: Satisfaction with Breast Size and Shape across the Lifespan. International Journal of Sexual Health, 20(3), pp.200-211. Diakses pada 17 Mei 2019

Zelazniewicz, A. M., & Pawlowski, B. (2011). Female breast size attractiveness for men as a function of sociosexual orientation (restricted vs. unrestricted)Archives of sexual behavior40(6), 1129–1135. doi:10.1007/s10508-011-9850-1. Diakses pada 17 Mei 2019.

Women’s Breasts: Female Insecurity But Male Satisfaction. https://www.psychologytoday.com/us/blog/homo-consumericus/201312/women-s-breasts-female-insecurity-male-satisfaction Diakses pada 17 Mei 2019.

Foto Penulis
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 11/12/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus