home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ternyata, Wanita Berpayudara Besar Lebih Sering Sakit Punggung

Ternyata, Wanita Berpayudara Besar Lebih Sering Sakit Punggung

Punya ukuran payudara di atas rata-rata tidak selamanya menyenangkan. Buktinya, terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa wanita berpayudara besar sering mengalami sakit punggung. Lho, kok bisa ya?

Payudara besar bisa sebabkan sakit punggung

sakit punggung setelah melahirkan

Ukuran payudara yang besar ternyata membuat wanita lebih rentan alami sakit punggung. Hal ini bahkan telah dibuktikan dalam beberapa penelitian yang dilakukan pada berbagai kelompok usia.

Penelitian yang pertama dilakukan pada tahun 2008 ini mengikutsertakan sebanyak 30 wanita yang berusia 18-30 tahun. Dalam penelitian ini, para ahli menemukan bahwa sebanyak 80% dari mereka salah memilih ukuran bra. Sebanyak 70% di antaranya memilih ukuran bra yang terlalu kecil dan sisanya menggunakan bra yang kebesaran.

Nah, hasil penelitian yang ditemukan adalah para wanita yang menggunakan bra kekecilan lebih sering mengalami sakit punggung ketimbang wanita yang menggunakan bra dengan ukuran yang sesuai.

Sejalan dengan penelitian tersebut, studi yang dilakukan tahun 2013 pada wanita pasamenopause, menemukan bahwa wanita yang berpayudara besar cenderung rentan alami sakit di bagian punggung dan leher. Mayoritas peserta dalam penelitian ini diketahui punya berat badan berlebih dan menggunakan bra yang ukurannya tidak sesuai.

Ukuran bra yang salah bisa picu sakit punggung pada wanita

Memang, ada banyak sekali hal yang mungkin menyebabkan punggung sakit pada wanita yang memiliki payudara besar. Pada penelitian kedua, para ahli menyatakan bahwa wanita dengan payudara besar mesti memiliki otot dada dan punggung yang kuat sehingga tetap menjaga postur tubuh.

Bila tidak memiliki otot yang tak begitu kuat, wanita yang payudara besar cenderung memiliki postur tubuh yang membungkuk ke depan untuk mengurangi rasa nyeri. Akhirnya, bentuk tulang belakang pun tidak normal dan menimbulkan rasa sakit pada punggung.

Selain itu, para ahli juga sepakat bahwa hal ini semakin dipicu oleh pilihan ukuran bra yang salah. Bra yang terlalu sempit membuat tubuh Anda tidak bisa bergerak dengan nyaman dan payudara tidak tertampung sepenuhnya.

Cara memilih ukuran bra yang baik dan benar

memilih ukuran bra

Nah, sekarang sudah jelas bukan kalau ukuran bra yang salah bisa menyebabkan timbulnya sakit punggung yang Anda alami, terutama bagi wanita berpayudara besar. Maka itu, mulai sekarang sebaiknya pilih ukuran bra yang sesuai, berikut adalah caranya.

1. Membeli ukuran yang bervariasi

Tidak hanya terpaku pada satu ukuran saja, Anda pun harus mencoba berbagai ukuran untuk mendapatkan bra yang paling nyaman untuk Anda. Ukuran ketika Anda memakai bra tanpa kawat bisa saja berbeda dengan yang memakai kawat.

Hal ini menjadi salah satu cara ampuh untuk mengurangi gejala sakit punggung saat Anda memiliki payudara yang besar.

2. Mengetahui ukuran cup dan lingkar dengan menggabungkannya

Ukuran bra Anda adalah penggabungan ukuran cup dengan lingkar dada Anda. Oleh karena itu, membeli bra di tempat dengan penjual yang cukup ahli sangat bagus untuk Anda, terutama yang memiliki payudara besar.

Akan tetapi, Anda juga bisa menghitung ukuran bra Anda di rumah. Nah, untuk melakukannya tentunya Anda membutuhkan pita pengukur.

  • Ukur lingkar bawah payudara.
  • Ukur payudara Anda untuk mendapatkan ukuran cup Anda.

3. Jika tali bra longgar, pertanda bahwa cup bra terlalu besar

Nah, untuk mengetahui kecocokan bra Anda, Anda bisa melihat apakah tali bra Anda longgar atau tidak. Jika longgar, maka bisa saja ukuran cup Anda terlalu besar. Cobalah untuk mengganti bra Anda ke ukuran yang lebih kecil.

Nah, setelah Anda tahu alasan dibalik mengapa payudara besar menyebabkan sakit punggung silahkan mencoba berbagai tips yang sudah dijelaskan di atas. Jika Anda masih sering mengalami kondisi tersebut dalam jangka waktu yang lama, segera konsultasikan kepada dokter Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Breast Size and Upper Back Pain https://www.everydayhealth.com/back-pain/back-pain-and-breast-size.aspx accessed May 2, 2019.

Can large breasts cause pain in your upper back?https://www.healthline.com/health/breasts-and-upper-back-pain accessed May 2, 2019.

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 09/05/2019
x