backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Pilihan Laboratorium Cek Gula Darah di Jakarta dan Biayanya

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 09/09/2022

7 Pilihan Laboratorium Cek Gula Darah di Jakarta dan Biayanya

Anda yang menderita diabetes mungkin bingung harus cek gula atau glukosa darah di mana dan berapa biaya kisaran yang harus dikeluarkan.

Padahal, tes gula darah penting untuk dilakukan secara berkala guna membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegah terjadinya komplikasi.

Nah, bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan bingung di mana bisa cek gula darah, pilihan laboratorium di bawah ini beserta kisaran biayanya mungkin bisa membantu Anda. Simak ulasannya.

Pilihan laboratorium cek gula darah di Jakarta

Ada banyak cara dan jenis cek gula darah. Misalnya, tes gula darah sewaktu, cek gula darah puasa, tes toleransi glukosa, dan sebagainya.

Selain di rumah sakit, berbagai macam tes itu bisa Anda lakukan di satu atau beberapa laboratorium klinik terdekat dari rumah Anda.

Berikut adalah pilihan laboratorium klinik di Jakarta yang menyediakan cek gula darah beserta biaya kisarannnya.

1. Laboratorium Klinik Prodia

cek atau tes gula darah

Ada banyak cabang Laboratorium Klinik Prodia yang tersebar di Jakarta. Misalnya yang berlokasi di Kampung Melayu, Arteri Pondok Indah, Puri Indah, Kelapa Gading, atau Pantai Indah Kapuk.

Cabang-cabang Prodia di Jakarta umumnya memiliki beragam layanan cek gula darah, mulai dari glukosa 1 Jam PP, 2 jam PP, glukosa puasa, tes HbA1C, hingga tes toleransi glukosa.

Sementara biaya cek gula darah di Prodia bisa berbeda di tiap cabang dan paket yang Anda ambil. Harganya bisa berkisar antara puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

2. Klinik Utama Mylab

Sama seperti Prodia, Klinik Utama Mylab juga tersebar di berbagai titik di wilayah Jakarta. Misalnya, di Tebet, Cilandak, Kemang, Tanjung Priok, Joglo, Duren Sawit, Sunter, dan Pluit.

Di cabang-cabang-cabang tersebut, Mylab menawarkan paket diabetes yang didalamnya terdapat cek gula darah puasa dan 2 jam PP, pemeriksaan urine lengkap, serta tes HbA1C.

Adapun biaya paket cek glukosa darah ini berada di kisaran Rp190.000 – Rp390.000. Meski begitu, Anda juga bisa memilih pemeriksaan tes gula darah lainnya dengan harga yang beragam.

3. Laboratorium Klinik Biomedilab

Laboratorium Klinik Biomedilab di Jakarta juga menyediakan layanan cek gula darah. Lokasi tepatnya, yaitu di Mayapada Tower, Jl. Jend. Sudirman, sebagai klinik utama serta di Jl. Daan Mogot, Kalideres, sebagai cabangnya.

Di laboratorium ini, Anda bisa melakukan tes glukosa puasa, glukosa 2 jam PP, glukosa sewaktu, HbA1C, tes toleransi glukosa oral, serta tes terkait diabetes lainnya, yaitu C-Peptide dan insulin puasa.

Biaya cek gula darah yang dibutuhkan bisa beragam. Untuk paket tes diabetes, biayanya bisa ada di kisaran Rp200.000, tetapi harganya bisa lebih tinggi jika Anda sekaligus mengambil paket medical check-up.

4. Laboratorium Klinik Medilab

Bagi Anda yang tinggal di area Jakarta Pusat, Anda bisa melakukan tes gula darah di laboratorium Klinik Medilab. Lokasi tepatnya, yaitu di Jl. Letjen Suprapto, No. 504C, Johar Baru.

Di klinik ini, Anda bisa melakukan cek glukosa puasa, glukosa 2 jam PP, glukosa sewaktu, kurva harian, tes toleransi glukosa, hingga HbA1C.

Medilab beroperasi setiap hari pukul 07.00 – 21.00 WIB. Sementara biayanya mulai dari Rp45.000, tergantung jenis tes yang Anda jalani.

5. Laboratorium Klinik Biomedika

toksisitas glukosa

Tes-tes gula darah yang disebutkan di atas beserta tes insulin dan C-Peptide juga bisa Anda lakukan di Laboratorium Klinik Biomedika.

Semua tes tersebut tersedia di seluruh cabang Laboratorium Klinik Biomedika, termasuk yang berlokasi di Jakarta, seperti Kedoya (pusat), Kelapa Gading, Gandaria, Mangga Besar, Angke, Puri Indah, dan Sunter.

Sementara biaya cek glukosa darah di seluruh cabang Biomedika dipatok mulai dari Rp30.000 atau lebih, tergantung dari jenis tes yang Anda jalani.

6. Laboratorium Klinik Pramita (Pramita Lab)

Laboratorium klinik yang satu ini mungkin sudah sering Anda dengar. Ya, Pramita Lab sudah memiliki 34 cabang di seluruh Indonesia, termasuk Jakarta, yang salah satunya di Jl. Matraman.

Sama seperti laboratorium klinik di atas, Pramita Lab juga menyediakan layanan cek gula darah, mulai dari glukosa puasa, glukosa 2 jam PP, HbA1C, tes toleransi glukosa, hingga tes insulin dan C-Peptide.

Sementara biayanya beragam, tergantung dari jenis tes yang Anda pilih. Namun, untuk tes pemeriksaan darah di laboratorium ini, harganya dipatok mulai dari Rp40.000 hingga ratusan ribu rupiah.

7. Laboratorium Klinik Biotest

Meski berpusat di Bandung, Anda juga bisa melakukan cek gula darah di Laboratorium Klinik Biotest cabang Jakarta. Salah satu lokasinya, yaitu di Jl. Sumatera No.48 Jakarta Pusat.

Di laboratorium ini, penderita diabetes bisa melakukan pemeriksaan sesuai kebutuhannya, termasuk berbagai jenis tes glukosa darah serta HbA1C.

Adapun biaya cek lab di Biotest tergantung pada jenis paket yang Anda ambil. Harga paketnya dimulai dari Rp300.000 hingga jutaan rupiah, termasuk jika Anda mengambil paket biaya medical check-up dengan cek gula darah di dalamnya.

Itulah kira-kira daftar laboratorium klinik di Jakarta yang menyediakan tes gula atau glukosa darah. Anda bisa memilih yang terdekat atau yang sesuai dengan budget Anda.

Namun, perlu Anda pahami, kisaran biaya cek gula darah di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi lebih pasti, tanyakan langsung kepada laboratorium klinik yang Anda tuju.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 09/09/2022

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan