home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Asuransi Kesehatan Menanggung Biaya Medical Check Up?

Apakah Asuransi Kesehatan Menanggung Biaya Medical Check Up?

Pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan atau medical check up (MCU) adalah serangkaian tes medis yang perlu dilakukan secara rutin oleh setiap orang. Tes ini dilakukan untuk mengetahui dengan pasti kondisi kesehatan saat ini dan mendeteksi dini suatu penyakit tertentu. Biaya tes lengkap ini biasanya membuat sebagian orang merogoh kantongnya agak dalam. Lantas, apakah asuransi kesehatan menanggung biaya medical check up?

Berapa biaya medical check up?

medical check up yang harus dilakukan pria

Biaya tes lengkap ini bisa bervariasi di setiap rumah sakit. Biayanya juga tergantung dengan paket pemeriksaan yang Anda pilih, semakin lengkap tes yang dilakukan semakin mahal pula biaya yang dibutuhkan.

Biasanya, biaya medical check up mulai dari lima ratus ribu rupiah, hingga mencapai puluhan juta, tergantung seberapa banyak pemeriksaan medis yang diambil.

Selain semakin banyaknya yang dicek, fasilitas rumah sakit juga memengaruhi harga ini, misalnya kelas kamar yang dipilih.

Apakah medical check up ditanggung asuransi kesehatan?

Asuransi kesehatan swasta

jenis asuransi

Setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakannya masing-masing mengenai biaya medical check up. Ada asuransi yang menyediakan medical check up, ada yang menjadikan medical check up sebagai syarat sebelum mengikuti asuransi, dan ada juga yang menanggung medical check up dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pada kenyataannya, lebih banyak asuransi swasta yang tidak menanggung biaya medical check up. Sebab, tujuan MCU bukanlah untuk kebutuhan yang mendesak seperti mendiagnosis penyakit dan pengobatan tetapi untuk melihat status kesehatan.

Beberapa asuransi swasta ada yang mensyaratkan untuk melakukan MCU terlebih dahulu untuk melihat bagaimana kondisi calon pesertanya, ini terkait dengan premi yang akan dibayarkan.

Terkadang hasil MCU dijadikan gambaran perusahaan asuransi untuk mengetahui kira-kira bagaimana risiko yang harus dibiayainya dengan peserta yang seperti ini.

Misalnya, hasil MCU Anda ada sesuatu yang sedikit tidak normal, akan mengubah jumlah premi yang awalnya ditawarkan oleh penyedia asuransi.

Kebijakan ini akan berbeda-beda di tiap asuransi swasta, contoh di atas hanya salah satunya saja. Agar lebih pasti, tanyakan pada perusahaan penyedia asuransi swasta yang Anda miliki.

Asuransi kesehatan pemerintah

cara mendaftar bpjs

Pada asuransi pemerintah (BPJS kesehatan) medical check up tidak ditanggung sama sekali. Sebab tujuan medical check up bukan untuk mendiagnosis suatu gejala atau tanda yang muncul pada kesehatan Anda. Oleh karena itu, pemeriksaan MCU tidak dianggap sebagai hal yang mendesak.

Jika memang ada indikasi medis tertentu yang mengharuskan Anda melakukan suatu tes, barulah akan ditanggung. Kalau dari kondisi sehat, lalu ingin melakukan pengecekan lab lengkap, dan pengecekan lainnya secara keseluruhan ini tidak ditanggung.

Meskipun begitu, ada beberapa pemeriksaan dini (skrining) yang bisa dilakukan gratis dengan BPJS kesehatan. Skrining bukanlah pemeriksaan secara keseluruhan seperti MCU, tetapi fokus pada satu kondisi.

Dilansir dalam laman BPJS kesehatan, salah satu yang bisa diperiksa dini secara gratis adalah pelayanan pap smear dan IVA untuk mendeteksi kanker serviks sedini mungkin.

Selain skrining kanker leher rahim, Dilansir dalam Panduan Praktis Skrining Kesehatann, BPJS kesehatan juga menyediakan skrining gratis untuk penyakit yang jadi fokus pengendalian kesehatan masyarakat yakni diabetes melitus tipe 2 dan hipertensi. Jika Anda ingin memeriksakan diri Anda mengalami DM tipe 2 atau hipertensi Anda bisa mengikuti skrining ini.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Cermati. 2015. Asuransi Kesehatan: Perhatikan 12 Hal Ini Sebelum Membeli. [Online] Tersedia pada: https://www.cermati.com/artikel/asuransi-kesehatan-perhatikan-12-hal-ini-sebelum-membeli (Diakses 9 Agustus 2018)

BPJS Kesehatan. Tanpa tahun. Skrining Kesehatan. [Online] Tersedia pada: https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/766b7ad3cebfc396c13c3cafcabd3119.pdf (Diakss 9 Agustus 2018)

BPJS Kesehatan. 2014. Jangan Khawatir, BPJS Kesehatan Menjamin Deteksi Sebelum Kanker Serviks Menyerang. [Online] Tersedia pada: https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/post/read/2014/262/Jangan-Khawatir-BPJS-Kesehatan-Menjamin-Deteksi-Sebelum-Kanker-Serviks-Menyerang/berita (Diakses 9 Agustus 2018)

RS Premier Jatinegara. Tanpa tahun. Medical Check Up Paket Umum. [Online] Tersedia pada: http://rs-premierjatinegara.com/page/fasilitas/medical-check-up/medical-check-up-paket-umum-1/#1469587423942-22820575-cc7a (Diakses 9 Agustus 2018)

Warta Ekonomi. 2017. Kenapa Harus Medical Check Up dalam Pengajuan Asuransi?. [Online] Tersedia pada: https://www.wartaekonomi.co.id/read131290/kenapa-harus-medical-check-up-dalam-pengajuan-asuransi.html (Diakses 9 Agustus 2018)

Foto Penulis
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji pada 28/08/2018
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
x