backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

3

Tanya Dokter
Simpan

Cara Cepat Menghilangkan Efek Obat Bius Setelah Operasi

Ditinjau secara medis oleh dr. Yusra Firdaus


Ditulis oleh Adelia Marista Safitri · Tanggal diperbarui 19/01/2024

    Cara Cepat Menghilangkan Efek Obat Bius Setelah Operasi

    Beberapa orang mungkin mengeluhkan badan lemas, sakit kepala, hingga mual setelah dibius. Untungnya, ada sejumlah cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan efek obat bius dengan cepat.

    Proses pemulihan dari efek obat bius pada setiap orang memang bisa berbeda-beda. Namun, dengan berbagai cara berikut, Anda bisa menjalani pemulihan yang lebih nyaman.

    Cara cepat menghilangkan efek obat bius

    Dibandingkan bius lokal, bius total membutuhkan waktu lebih lama untuk menghilang dari tubuh. Bius total bisa bertahan dalam tubuh hingga 24 jam sejak diberikan.

    Meski prosedur medis telah berakhir, jika obat bius masih tertahan di dalam tubuh, pasien mungkin merasakan mual, sakit kepala, muntah, dan efek samping lainnya.

    Efek obat bius setelah operasi sebenarnya bisa menghilang dengan sendirinya. Namun, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mempercepat masa pemulihan setelah menerima bius lokal maupun total.

    1. Minum air putih

    cara cepat menghilangkan efek obat bius

    Mencukupi kebutuhan cairan tubuh merupakan salah satu cara paling mudah untuk mempercepat proses pemulihan dari efek obat bius.

    Hal ini juga akan melancarkan sirkulasi darah sehingga membuat berbagai organ berfungsi dengan baik, termasuk organ tertentu yang sempat menerima obat bius.

    Selain minum air putih, Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi jus buah, kaldu, atau makanan berkuah.

    2. Atur pola makan

    Sebisa mungkin, Anda perlu menghindari makanan yang sulit dicerna, terlalu pedas, manis, atau berminyak setelah operasi.

    Setelah operasi, sistem pencernaan Anda mungkin belum bisa bekerja dengan baik karena efek obat bius. Memberinya makanan yang sulit dicerna hanya akan memperlambat proses pemulihan.

    Sebagai gantinya, tingkatkan konsumsi makanan tinggi protein dan serat, seperti buah dan sayur. Asupan makanan ini juga bisa mengurangi risiko infeksi setelah operasi.

    Tips makan dengan nyaman setelah dibius

    Jika Anda merasa mual setelah dibius total, coba kurangi porsi makan Anda, tetapi makanlah lebih sering. Sebagai contoh, daripada makan berat tiga kali sehari dengan porsi besar, Anda bisa makan dengan porsi kecil sebanyak lima atau enam kali sehari.

    3. Pemulihan setelah bius total dengan istirahat yang cukup

    Karena efek obat bius masih bertahan di dalam tubuh selama 24 jam pasca-operasi, jangan paksakan tubuh Anda untuk terlalu banyak beraktivitas dalam kurun waktu tersebut.

    Selain itu, Anda sebaiknya juga menghindari aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi, seperti menandatangani dokumen penting atau berkendara.

    Pasalnya, obat bius bisa memengaruhi cara Anda berpikir, mengambil keputusan, atau merespons sesuatu.

    4. Minum obat dengan teratur

    Cara lain untuk menghilangkan pengaruh bius setelah operasi adalah dengan minum obat yang diberikan dokter.

    Obat antinyeri merupakan salah satu jenis yang biasanya diresepkan untuk membantu pemulihan setelah bius total. 

    Pastikan Anda minum obat sesuai petunjuk dokter dan jangan menunggu sampai badan benar-benar merasa sakit.

    Selain obat, dokter mungkin juga meresepkan vitamin. Mengutip situs Anxiety Disorders and Universal Health Care, vitamin B, B12, dan folat bisa mempercepat proses pemulihan saraf yang mati setelah bius total.

    5. Ikuti saran perawatan dari dokter

    Setiap pasien mungkin memerlukan perawatan yang berbeda setelah operasi. Oleh karena itu, bicarakan dengan dokter tentang apa saja yang sebaiknya Anda lakukan agar pemulihan setelah bius total berlangsung lebih cepat.

    Jangan pernah menyepelekan saran perawatan dari dokter karena hal ini justru bisa menghambat pemulihan. Instruksi dari dokter pasti selalu disertai dengan alasan tertentu.

    Contohnya, beberapa orang mungkin diminta berbaring selama 24 jam di tempat tidur setelah operasi. Posisi ini disarankan untuk meringankan sakit kepala yang kerap muncul usai operasi.

    6. Mulai aktivitas secara perlahan

    Memaksakan diri untuk kembali beraktivitas setelah menerima obat bius justru bisa menghambat proses pemulihan. Sebaliknya, Anda dianjurkan untuk mulai beraktivitas secara perlahan.

    Jika efek obat bius mengurangi kemampuan Anda untuk menjaga keseimbangan, mintalah orang lain untuk membantu Anda berdiri dan berjalan. Selain itu, usahakan untuk tidak menyetir saat pulang dari rumah sakit.

    Apabila berbagai cara cepat menghilangkan efek obat bius di atas tidak membuat kondisi Anda membaik setelah 24 jam, segeralah berkonsultasi ke dokter.

    Dengan begitu, dokter bisa menentukan apakah Anda membutuhkan perawatan lanjutan untuk mengurangi efek obat bius.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Yusra Firdaus


    Ditulis oleh Adelia Marista Safitri · Tanggal diperbarui 19/01/2024

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan