backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Rekomendasi Merek Obat Kutu Anjing yang Bagus

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 28/02/2024

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

    10 Rekomendasi Merek Obat Kutu Anjing yang Bagus

    Meski ukurannya kecil, kutu dapat membawa masalah besar untuk anjing dan pemiliknya. Nah, salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan memberikan obat kutu anjing terbaik seperti dalam ulasan di bawah ini.

    Cara kami memilih obat kutu anjing yang bagus

    Kutuan merupakan masalah yang umum ditemukan saat Anda memelihara anjing. Parasit kecil ini akan mengisap darah anjing untuk bertahan hidup dan berkembang biak.

    Beberapa jenis obat yang tersedia untuk mengatasi kutu pada anjing adalah sebagai berikut.

    • Fast-acting tablet: obat tablet yang bekerja cepat dalam 30 menit hingga beberapa jam untuk membunuh kutu dewasa dalam kondisi yang parah. 
    • Chewable treat: camilan atau snack anjing dengan bahan aktif yang mampu melindungi anjing terhadap serangan kutu selama 30 hari.
    • Topical spot-on: cairan yang diteteskan pada kulit pada tengkuk atau bagian belakang leher anjing untuk membunuh kutu dan memberikan perlindungan selama 30 hari.
    • Collar: kalung dengan kandungan bahan aktif untuk memberikan perlindungan jangka panjang, bahkan hingga delapan bulan, terhadap serangan kutu.

    Obat kutu anjing yang tersedia di apotek umumnya ampuh untuk mengatasi berbagai jenis kutu, termasuk Ctenocephalides felis (kutu kucing) dan Ctenocephalides canis (kutu anjing).

    Dalam memilih obat kutu terbaik untuk anjing, kami memilih produk yang dapat melindungi mereka dari parasit lainnya, seperti caplak, tungau, dan cacing hati.

    American Veterinary Medical Association menjelaskan tidak semua jenis obat cocok untuk anak bulu alias anabul. 

    Konsultasikanlah dengan dokter hewan untuk mengetahui obat mana yang tepat bagi anjing peliharaan Anda.

    7 rekomendasi produk obat kutu anjing terbaik

    Obat kutu anjing di pasaran memiliki beberapa merek, jenis, dan sediaan yang berbeda. Untuk mempermudah Anda, berikut beberapa merek obat yang kami rekomendasikan.

    1. Detick

    Rekomendasi produk obat kutu anjing dengan harga terjangkau adalah Detick. Selain terjangkau, obat ini juga mudah ditemukan di pet shop atau e-commerce.

    Kandungan fipronil pada obat topikal ini bekerja secara cepat untuk membunuh kutu. Biasanya, kutu akan mulai mati dalam 4–8 jam setelah obat diberikan pada tengkuk anjing.

    Efek dari obat ini dapat bertahan selama 4–6 minggu. Sayangnya, penggunaan Detick kurang praktis karena Anda membutuhkan alat suntik tambahan untuk meneteskan obat cair ini.

    2. Capstar for Dogs

    Pada kasus yang parah, serangan kutu harus diatasi dengan obat tablet kerja cepat. Salah satu obat kutu anjing terbaik yang kerap direkomendasikan yakni Capstar for Dogs.

    Obat ini yang perlu diberikan bersama makanan anjing ini mengandung bahan aktif nitenpyram

    Dilansir dari VCA Animal Hospitals, nitenpyram merupakan insektisida sistemik yang bekerja dengan cara membunuh kutu dewasa dari dalam tubuh.

    Kutu akan mulai mati dalam 30 menit setelah pemberian obat. Setelahnya, lebih dari 90% kutu dewasa pada anjing akan mati dalam waktu empat jam.

    3. Frontline Spot-on Dogs

    Agar lebih praktis, Anda bisa menggunakan Frontline Spot-on Dogs yang hadir dalam kemasan sekali pakai dan disesuaikan dengan bobot anjing Anda.

    Fipronil dalam produk ini efektif untuk membunuh kutu dalam 24 jam serta caplak dalam 48 jam.

    Buka ujung kemasan dan teteskan obat pada area kulit di tengkuk anabul Anda. Pakailah obat kutu anjing ini setiap 4 minggu untuk perlindungan terbaik. 

    Produk ini bisa Anda digunakan pada anjing berusia 8 minggu ke atas dengan berat minimal 2 kilogram. Obat ini juga aman untuk anjing hamil dan menyusui.

    4. NexGard for Dogs

    NexGard for Dogs adalah obat kutu anjing yang tersedia dalam bentuk chewable treat atau snack dengan aroma daging sapi yang disukai oleh anabul Anda.

    Setiap tabletnya mengandung afoxolaner yang ampuh untuk mengobati dan mencegah infestasi kutu dan caplak. Obat ini juga mampu mencegah penyakit Lyme pada anjing.

    Afoxolaner akan menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Apabila kutu menggigit anjing, parasit ini akan mati setelah mengisap darah yang mengandung obat.

    5. NexGard Spectra for Dogs

    Tidak hanya efektif membunuh kutu, caplak, dan tungau, NexGard Spectra for Dogs juga dapat memberikan perlindungan terhadap cacing hati, cacing paru, serta cacing saluran cerna.

    Kombinasi afoxolaner dan milbemycin oxime bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh anjing karena terkandung dalam tablet kunyah berperisa daging yang disukai anabul.

    Lain hal dengan obat tetes atau spot-on, aktivitas berenang dan mandi tidak akan menurunkan efektivitasnya. Cukup berikan obat ini satu bulan sekali untuk perlindungan optimal.

    6. Bravecto Spot-on Dogs

    Bravecto Spot-on Dogs adalah salah satu merek obat tetes terbaik untuk mengatasi kutu anjing.

    Obat dengan bahan aktif fluralaner ini harus diberikan langsung ke permukaan kulit supaya bisa terserap sempurna melalui folikel rambut.

    Anda perlu meneteskan Bravecto pada dua atau lebih titik, mulai dari tengkuk hingga sepanjang punggung. Makin besar anabul Anda, makin banyak tetesan yang perlu diberikan.

    Untuk memperoleh manfaat optimal, obat ini harus diberikan secara rutin setiap 12 minggu atau sesuai dengan saran dari dokter hewan Anda.

    7. Seresto Collar for Dogs

    Salah satu cara praktis untuk mencegah serangan kutu dan caplak yakni dengan menggunakan Seresto Collar for Dogs.

    Tak perlu repot meminumkan atau meneteskan obat, kalung antikutu dengan kandungan bahan aktif imidacloprid dan flumethrin ini dapat dipakai hingga selama 7–8 bulan.

    Kalung ini tidak berbau dan meninggalkan noda minyak pada leher anjing. Selain itu, Anda tidak perlu repot melepasnya saat mandi atau berenang karena kalung ini sudah tahan air.

    Rekomendasi merk obat kutu anjing di atas tentu bisa menjadi pilihan terbaik untuk memberikan perlindungan optimal terhadap kutu, caplak, dan parasit lainnya.

    Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter hewan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan anjing kesayangan Anda saat memakai produk ini.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Fakta medis diperiksa oleh

    Hello Sehat Medical Review Team


    Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 28/02/2024

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan