home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Trik Mengatasi Rasa Bosan Makan Makanan yang Itu-Itu Saja

5 Trik Mengatasi Rasa Bosan Makan Makanan yang Itu-Itu Saja

Kadang, Anda akan merasakan bosan makan makanan yang itu-itu saja. Terlebih jika Anda hidup sendiri, tidak jarang mie instan akan menemani menu makan siang hingga makan malam Anda. Dampaknya, kandungan nutrisi gizi dan kesehatan Anda jadi tidak sehat. Adakah trik jitu untuk mengatasi bosan makan makanan yang sama tiap hari nya? Simak beberapa tipsnya di bawah ini.

Tips mengatasi bosan makan makanan yang itu-itu saja

1. Buat dan atur jurnal resep masakan

Menu makanan yang sama tiap harinya bisa menjadi salah satu faktor utama Anda bosan makan. Siapa juga yang tidak bosan kalau hanya satu menu yang sama tersedia tiap harinya? Anda bisa mengatasi dengan membuat jurnal berisi resep serta jadwal makanan yang bervariasi.

Persiapkan menu yang akan dijadwalkan dan dimakan selama seminggu ke depan. Dengan begitu kita bisa melihat apakah kita mengulang menu makanan lagi atau tidak. Ketika meracik menu tersebut, Anda juga bisa sekalian mencari menu menarik lainnya dan membantu mempermudah variasi belanja bahan makanan nanti.

2. Hias piring dan makanan Anda

Dengan menghias dan menata santapan yang akan dimakan, hal tersebut bisa mengatasi rasa bosan makan Anda sehari-hari. Daripada hanya menaruhnya asal-asalan di piring atau kotak bekal seperti biasa, cobalah susun makanan semenarik mungkin. Makanan yang tersusun dengan cantik terbukti dapat menggungah rasa lapar.

Rasa bosan makan akibat makanan yang itu-itu saja pasalnya sangat wajar dialami. Jadi jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan yang akan berdampak buruk bagi keseimbangan nutrisi di tubuh Anda.

3. Ubah bentuk makanan

Kadang, tidak perlu perubahan yang besar dalam menu makanan untuk bisa mengembalikan nafsu makan kita. Ada cara sederhana yang bisa mengubah kebiasaan Anda saat mempersiapkannya, misalnya dengan mengganti potongan wortel yang biasanya bulat-bulat menjadi potongan panjang, atau coba panggang sayuran alih-alih merebusnya seperti biasa, dan sebagainya.

4. Kombinasikan dengan buah dan camilan sehat

Bosan makan makanan yang itu-itu saja tiap hari? Mungkin tandanya Anda kurang asupan buah. Nyatanya, tubuh juga akan bereaksi untuk memenuhi asupan gizi yang tidak terpenuhi. Ya, salah satu contohnya dengan menimbulkan rasa bosan pada makanan.

Anda bisa memenuhi asupan gizi yang kurang tersebut dari buah-buahan. Cobalah memilih buah-buahan yang menjadi buah favorit Anda. Jika rasa bosan sudah mulai bisa diatasi, Anda juga bisa melakukan hal yang sama dengan sayur dan camilan sehat lainnya. Hal tersebut berguna untuk menghindari rasa bosan pada makanan yang sama setiap harinya.

5. Memasak bersama teman-teman

Mengundang teman untuk berkunjung dan memasak bersama di rumah, bisa menjadi salah satu cara mengasyikan untuk mengatasi rasa bosan pada makan sehari-hari. Anda bisa mengawali dengan berbelanja hingga memasak bersama untuk meningkatkan nafsu makan Anda kembali dan hubungan sosial Anda pun lebih terjalin hangat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 04/09/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x