Kapan Waktu Terbaik Minum Obat Hipotiroid: Pagi Atau Malam Hari?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22 Januari 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Hampir semua kasus hipotiroid ditangani dengan pemberian obat yang mengandung hormon tiroid. Tanpa pengobatan yang tepat, gejala hipotiroid bisa semakin memburuk seiring berjalannya waktu. Nah, selain mengikuti dosis yang dianjurkan, obat hipotiroid ternyata juga harus diminum pada waktu tertentu supaya manfaatnya jadi lebih efektif. Memang kapan, sih, waktu yang tepat untuk minum obat hipotiroid? Berikut penjelasannya.

Apa fungsi obat hipotiroid?

Hipotiroid terjadi ketika kelenjar tiroid tidak cukup memproduksi hormon tiroid. Hormon tiroid ini berfungsi untuk mengendalikan kecepatan metabolisme tubuh seseorang.

Ketika hormon tiroid yang diproduksi tubuh berkurang, maka metabolisme tubuh jadi lebih lambat sehingga kalori yang dibakar saat beraktivitas maupun istirahat jadi lebih sedikit.

Supaya metabolisme tubuh Anda jadi lebih cepat, pengidap hipotiroid akan diberikan obat-obatan khusus yang mengandung hormon tiroid.

Ini tentu saja berfungsi untuk merangsang produksi hormon tiroid tubuh agar tetap seimbang. Dengan begitu, Anda jadi tidak gampang sakit karena efek hipotiroid.

Kapan obat hipotiroid sebaiknya diminum?

Diazoxide adalah

Selain harus diminum sesuai dosis yang dianjurkan, obat hipotiroid ternyata juga harus dikonsumsi pada waktu-waktu tertentu supaya cara kerjanya lebih efektif. Anda mungkin jadi bertanya-tanya, kapan, sih, waktu yang tepat untuk minum obat hipotiroid?

Berdasarkan sebuah studi yang dilaporkan pada Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism tahun 2009, para ahli mengambil sampel darah pasien hipotiroid untuk mengukur kadar hormon tiroidnya. Setelah itu, para ahli mengamati seberapa besar perbedaan efektivitas obat jika diminum di waktu yang berbeda, yaitu pagi dan malam hari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat obat hipotiroid diminum pada pagi hari, kadar TSH pada semua pasien mengalami penurunan. Sementara ketika aturan minum obat hipotiroid diubah menjadi malam hari, kadar TSH pasien malah terus menurun secara signifikan.

Turunnya kadar TSH pada pasien justru menunjukkan bahwa penyerapan obat tiroid berlangsung lebih cepat dan lebih baik. Alhasil, para ahli menyimpulkan bahwa obat tiroid akan memberikan hasil yang maksimal saat dikonsumsi pada malam hari.

Kenapa bisa begitu?

Obat hipotiroid yang paling umum adalah levothyroxine, yaitu jenis obat yang disintesis dari hormon tiroksin (T4). Obat ini bekerja dengan cara meniru hormon tiroid dalam meningkatkan metabolisme tubuh.

Ketika Anda minum obat hipotiroid, kadar hormon tiroid dalam darah akan jadi lebih seimbang. Namun bagaimanapun, obat ini tetap tidak dapat menyembuhkan hipotiroid yang Anda alami. Akan tetapi jangan khawatir, obat ini setidaknya dapat membantu meringankan gejala hipotiroid yang mengganggu.

Berdasarkan hasil penelitian tadi, obat hipotiroid ternyata lebih efektif diminum di malam hari. Hal ini disebabkan oleh banyak hal yang dapat memengaruhi cara kerja levothyroxine dalam tubuh.

Ketika obat hipotiroid diminum di pagi hari, efektivitas levothyroxine akan berkurang saat Anda sarapan atau minum kopi. Sekalipun Anda sudah memberikan jeda 30 menit sebelum makan, penyerapan obat nyatanya tetap saja tidak cukup efektif di dalam tubuh.

Selain itu, hal ini juga ada kaitannya dengan pergerakan usus yang melambat di malam hari. Karena penyerapannya yang lebih lambat, ini justru menguntungkan bagi Anda. Obat levothyroxine akan lebih lama bertahan di dalam usus sehingga diserap lebih baik dan maksimal.

Terlebih, minum obat hipotiroid di malam hari akan memudahkan Anda untuk menghindari jenis obat atau suplemen yang dapat mengganggu penyerapan obat hipotiroid. Contohnya suplemen yang mengandung zat besi atau kalsium karbonat yang seringnya diminum di pagi hari.

Aturan minum obat hipotiroid

Deferiprone adalah

Orang dengan hipotiroid mungkin mendapatkan jenis obat yang berbeda-beda, tergantung dari usia, berat badan, kadar hormon tiroid dalam tubuh, dan riwayat kesehatan. Namun, aturan minum obatnya sebetulnya akan tetap sama.

Supaya penyerapan obat hipotiroid jadi lebih maksimal dan mempercepat penyembuhan, ikuti aturan minum obat hipotiroid berikut ini.

  1. Minum obat pada waktu yang sama setiap hari. Sebaiknya, minum obat ini satu jam sebelum tidur.
  2. Jangan pernah lewatkan jam minum obat. Kalau Anda kelupaan, segera minum obat begitu Anda ingat atau pasang alarm untuk membantu Anda.
  3. Hindari minum obat atau suplemen yang mengandung kalsium dan zat besi di waktu yang bersamaan. Hindari juga makanan tinggi serat karena ini dapat menghambat penyerapan obat tiroid.

Jika selama ini Anda rutin mengonsumsi obat tiroid di pagi hari, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum Anda mengubah rutinitasnya ke malam hari. Dokter akan memeriksa kadar tiroid Anda dulu selama 6 sampai 8 minggu sambil memantau efek perubahan waktu minum obat.

Dengan hasil kadar tiroid tersebut, dokter akan menentukan apakah Anda perlu penambahan dosis atau justru harus kembali minum obat tiroid di pagi hari. Yang terpenting, pastikan Anda minum obat tiroid sesuai dosis, di waktu yang sama, dan diminum setiap hari tanpa terlewatkan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Kita Tak Boleh Terlalu Banyak Makan Makanan Asin?

Makanan tinggi garam bukan hanya membuat Anda berisiko mengalami tekanan darah tinggi. Simak berbagai bahaya makanan asin pada tubuh kita.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 19 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Vaksin MMR: Manfaat, Jadwal, dan Efek Samping

MMR adalah singkatan dari tiga macam penyakit infeksi fatal yang paling rentan menyerang anak-anak di tahun pertama kehidupannya. Kapan harus vaksin MMR?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit

Mengenal Berbagai Efek Samping Imunisasi: Bahaya Atau Tidak?

Jangan sampai berbagai efek samping imunisasi (vaksin) bikin Anda takut apalagi ragu diimunisasi. Pelajari dulu seluk-beluknya di sini, yuk.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Imunisasi, Kesehatan Anak, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit

11 Prinsip Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sehari-hari

Banyak kebiasaan sehari-hari yang tanpa Anda sadari dapat berdampak negatif pada kesehatan mulut dan gigi. Begini cara mengakalinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 16 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gejala leptospirosis

Cara Mengatasi Gejala Leptospirosis, Penyakit Khas di Musim Hujan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
bikin kopi yang sehat

6 Cara Praktis Membuat Kopi Anda Lebih Sehat dan Nikmat

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
daging ayam belum matang

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
perlukah lansia minum susu

Apakah Lansia Masih Perlu Minum Susu? Berapa Banyak yang Dibutuhkan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit