backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Manfaat Minyak Cendana untuk Kesehatan Pria

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 03/07/2023

7 Manfaat Minyak Cendana untuk Kesehatan Pria

Beberapa pria memakai wewangian seperti minyak cendana untuk membangkitkan gairahnya. Tidak hanya itu, minyak esensial ini ternyata juga menyimpan segudang manfaat yang perlu Anda ketahui. Berikut pembahasan selengkapnya.

Berbagai manfaat minyak cendana untuk kesehatan pria

Minyak cendana atau sandalwood oil adalah minyak esensial yang berasal dari hasil destilasi uap kayu pohon cendana yang memiliki nama latin Santalum album (S. album).

Tanaman ini dikenal karena kayunya yang punya aroma khas. Keharuman dari kayu cendana telah digunakan berabad-abad dalam industri parfum dan aromaterapi.

Berikut ini adalah berbagai manfaat minyak cendana untuk kesehatan pria yang perlu diketahui.

1. Meredakan stres dan kecemasan

meditasi mengatasi stres

Aroma khas minyak cendana mampu memberikan efek menenangkan. Hal ini membantu Anda merasa lebih rileks saat merasa stres dan cemas.

Manfaat dari minyak cendana ini berasal dari alpha-santalol, yakni senyawa yang menimbulkan bau kayu yang khas dari minyak atsiri ini. 

Para peneliti dari University of Vienna, Austria, juga menunjukkan bahwa aromaterapi dengan sandalwood oil efektif untuk meningkatkan fokus dan suasana hati.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Minyak cendana juga dapat bermanfaat sebagai aromaterapi untuk meningkatkan kualitas tidur.

Terapi dengan minyak esensial ini bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak. Aroma menenangkannya juga bisa merelaksasi otot tubuh yang tegang akibat kelelahan beraktivitas.

Untuk memanfaatkan aromaterapi dengan minyak cendana, Anda dapat menghirupnya langsung atau mengubahnya menjadi uap dengan bantuan diffuser.

Anda juga dapat mengoleskan minyak pada kulit atau menyemprotkannya ke kasur dan bantal.

3. Meningkatkan gairah seks

Dalam pengobatan Ayurveda, salah satu manfaat minyak cendana untuk pria ialah membantu meningkatkan gairah dan performa selama berhubungan intim.

Sandalwood oil telah dipercaya turun-temurun sebagai afrodisiak alami. Aroma yang khas dari minyak ini bisa meningkatkan mood dan membangkitkan hasrat seksual (libido).

Efek tersebut bisa Anda dapatkan sebab aromaterapi memicu pelepasan dopamin. Hormon ini akan membantu menciptakan perasaan senang dan bahagia.

4. Mengobati infeksi saluran kemih

Kandungan alpha-santalol and beta-santalol dalam minyak cendana berpotensi memiliki efek antibakteri untuk mengobati infeksi saluran kemih (ISK) pada pria.

Dikutip dari laman University of Michigan Health, Anda bisa minum 1/4 sendok teh (sdt) atau setara 1–1,5 gram (g) minyak cendana sebagai terapi dalam pengobatan ISK.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak atsiri ini ke dalam 180 mililiter (ml) air hangat, lalu gunakan pada area kelamin pria beberapa kali sehari.

5. Mengurangi peradangan

aftershave

Minyak cendana punya efek anti-inflamasi yang membantu meredakan peradangan pada kulit.

Berbekal efek ini, minyak cendana juga memiliki manfaat sebagai aftershave untuk pria. Nah, penggunaan aftershave membantu meredakan iritasi dan ruam setelah bercukur.

Tuangkan beberapa tetes minyak dan ratakan pada tangan. Kemudian, oleskan merata pada area bekas cukuran untuk menenangkan dan melembapkan kulit Anda.

6. Membantu penyembuhan luka

Beberapa pria rentan mengalami luka lecet hingga luka terbuka pada permukaan kulit. Hal ini bisa saja disebabkan oleh pekerjaan atau cedera saat berolahraga.

Untuk membersihkan luka, Anda bisa menggunakan campuran air dan beberapa tetes minyak cendana yang memiliki sifat antiseptik yang kuat.

Penggunaan minyak cendana dapat membantu mencegah infeksi pada kulit, termasuk infeksi akibat virus, bakteri, maupun jamur.

7. Menjaga kesehatan kulit

Minyak cendana punya efek regeneratif yang bisa merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Oleh sebab itu, penggunaan minyak cendana dalam produk skincare pria diyakini mampu memperbaiki kerusakan kulit, termasuk akibat bekas luka atau tanda-tanda penuaan.

Sebuah studi dalam jurnal Cosmetics (2021) juga menyebutkan sandalwood oil kaya akan antioksidan yang membantu mencegah penuaan kulit akibat radikal bebas.

Minyak cendana cukup aman dan efektif untuk menangani berbagai masalah kesehatan pria.

Apabila Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan minyak cendana, penting untuk berkonsultasi dengan dokter guna memastikan keamanannya.

Kesimpulan

  • Minyak cendana berasal dari kayu pohon cendana (Santalum album) yang memiliki beragam potensi manfaat untuk kesehatan pria.
  • Penggunaan minyak esensial ini dapat membantu meredakan stres dan kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, hingga meningkatkan gairah seksual.
  • Meski tergolong cukup aman, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum memakai produk apa pun untuk mengobati kondisi Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 03/07/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan