backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

9 Cara Sederhana Menambah Stamina Pria secara Alami

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 03/07/2023

9 Cara Sederhana Menambah Stamina Pria secara Alami

Seorang pria dengan stamina yang tinggi mampu menjalani berbagai aktivitas sehari-harinya dengan lebih aktif dan produktif. Jika Anda pun menginginkannya, simak terlebih dahulu berbagai cara menambah stamina pria secara alami seperti di bawah ini.

Ragam cara menambah stamina pria secara alami

Stamina yang tinggi membuat Anda mampu menyelesaikan tugas secara efisien. Hal ini juga membantu Anda tetap aktif saat melakukan aktivitas yang memerlukan daya tahan.

Tidak hanya itu, stamina yang baik juga berkontribusi kepada performa seksual pria yang memuaskan sehingga bisa memperkuat hubungan dengan pasangan.

Ada banyak cara untuk menambah stamina pria, tapi berikut ini adalah beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan.

1. Olahraga rutin

olahraga untuk diabetesi penderita diabetes

Berolahraga rutin merupakan salah satu cara sederhana untuk meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Hal ini juga akan membantu menambah stamina pria secara alami.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyarankan Anda melakukan aktivitas fisik minimal 150 menit per minggu atau setara dengan 30 menit per hari selama lima hari dalam seminggu.

Anda bisa memulainya dengan olahraga aerobik dengan intensitas sedang, misalnya naik-turun tangga, jalan kaki cepat, jogging, berenang, maupun bersepeda.

Tambahkan dengan latihan kekuatan otot, seperti plank, squat, push-up, dan sit-up. Latihan ini baik Anda lakukan selama dua hari dalam seminggu, tetapi tidak secara berturut-turut.

2. Konsumsi makanan sehat

Makanan yang sehat dan bergizi seimbang membantu menghasilkan energi yang tubuh Anda butuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Karbohidrat kompleks, protein tanpa lemak, sayuran, dan buah-buahan merupakan beberapa contoh makanan penambah energi yang pria butuhkan agar tetap berenergi sepanjang hari.

Hindari makanan olahan, makanan tinggi lemak, atau karbohidrat sederhana yang cenderung membuat Anda merasa lelah dan lemas dalam waktu relatif cepat.

3. Cukupi kebutuhan cairan

Sebagian pria mungkin sering lupa atau bahkan tidak suka minum air putih selama beraktivitas. Padahal, kekurangan cairan bisa menyebabkan kelelahan dan penurunan stamina.

Kemenkes RI menyarankan orang dewasa minum delapan gelas atau setara dengan dua liter air putih per hari. Meski begitu, kebutuhan minum air putih bisa berbeda pada setiap orang.

Hal penting yang perlu Anda ingat yakni minumlah setiap kali merasa haus. Minum air akan menjaga kebutuhan cairan tubuh sehingga Anda tidak lemas selama beraktivitas.

4. Minum suplemen herbal

Mengonsumsi suplemen obat kuat alami, misalnya pasak bumi, juga membantu sebagai salah satu cara menambah stamina pria secara alami.

Tinjauan pada jurnal Medicina (2022) menemukan pasak bumi (Eurycoma longifolia) berpotensi meningkatkan produksi testosteron pada pria dengan testosteron rendah.

Salah satu ciri testosteron rendah pada pria yakni mudah kelelahan. Pasalnya, hormon ini juga berperan dalam metabolisme lemak dan mengatur energi dalam tubuh Anda.

Obat herbal ini juga membantu meningkatkan vitalitas pria. Alhasil, Anda jadi lebih berstamina dan tahan lama saat berhubungan dengan pasangan.

5. Berhenti merokok

nicotine

Dilansir dari Cleveland Clinic, karbon monoksida dalam dalam asap rokok membuat paru-paru, jantung, dan otot tubuh mendapatkan lebih sedikit pasokan oksigen. 

Berkurangnya pasokan oksigen ini pada akhirnya mengurangi kebugaran tubuh sehingga Anda menjadi mudah lelah saat berolahraga maupun beraktivitas.

Berhenti merokok tentu menjadi cara paling ampuh untuk menambah stamina pria. Apabila sulit melakukannya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

6. Kurangi asupan alkohol

Asupan alkohol secara berlebihan berisiko menyebabkan dehidrasi serta ketidakseimbangan elektrolit yang dapat menurunkan performa pria.

Di samping itu, alkohol juga meningkatkan pengeluaran hormon insulin. Ini menyebabkan kadar gula darah rendah yang memengaruhi energi dalam tubuh Anda.

Maka dari itu, penting untuk mengurangi asupan alkohol Anda. Secara umum, batas aman minum alkohol untuk pria yakni dua minuman atau kurang dalam sehari.

7. Tambahkan kafein

Cara instan menambah stamina pria secara alami yakni dengan asupan kafein. Salah satunya dengan minum kopi sebelum beraktivitas atau bahkan olahraga.

Sebuah studi dalam Journal of Sports Science & Medicine (2020) menguji efek mengonsumsi 3 miligram (mg) satu jam sebelum aktivitas renang gaya bebas.

Hasilnya, perenang yang mengonsumsi kafein punya catatan waktu renang lebih cepat. Hal ini karena kafein memiliki efek ergogenik yang membantu meningkatkan energi.

8. Istirahat cukup

tidur

Istirahat cukup penting dalam meningkatkan stamina pria secara alami. Hal ini memberikan kesempatan bagi tubuh untuk memulihkan kembali energi yang terkuras selama beraktivitas.

Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa idealnya tidur selama 7–9 jam setiap hari.

Jika mengabaikan waktu tidur malam yang cukup, Anda mungkin merasa ngantuk, kelelahan, dan tidak mampu bekerja atau beraktivitas secara optimal pada hari berikutnya.

Tidak hanya itu, kurang tidur juga bisa menaikkan berat badan, meningkatkan risiko penyakit jantung, hingga menurunkan gairah seksual pada pria. 

9. Kelola stres dengan baik

Stres kronis meningkatkan kadar hormon stres, seperti kortisol dan adrenalin, yang berdampak buruk pada stamina dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kondisi ini juga menyebabkan gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung hingga gangguan kecemasan (anxiety disorder) yang membuat tubuh Anda menjadi kurang bugar.

Teknik relaksasi, seperti yoga dan meditasi, bisa membantu menghilangkan stres dan menambah stamina.

Dengan mengatasi dan mengelola stres, Anda bisa merasa lebih bertenaga, fokus, dan dapat menghadapi tuntutan sehari-hari dengan lebih baik.

Kesimpulan

  • Pria membutuhkan stamina yang tinggi untuk menjalani aktivitas sehari-hari secara optimal.
  • Beberapa cara sederhana untuk menambah stamina pria secara alami yakni olahraga rutin, pola makan sehat, berhenti merokok dan minum alkohol, serta istirahat yang cukup.
  • Dengan menerapkan cara tersebut, Anda dapat memperbaiki kualitas hidup dan punya energi yang cukup untuk menghadapi aktivitas sehari-hari.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 03/07/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan