backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Sering Haus di Malam Hari? Jangan Abaikan Hal Ini, Bisa Jadi Tanda Penyakit!

Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita · General Practitioner · None


Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji · Tanggal diperbarui 25/09/2020

    Sering Haus di Malam Hari? Jangan Abaikan Hal Ini, Bisa Jadi Tanda Penyakit!

    Memang, rasa haus bisa datang kapan saja, termasuk di tengah malam. Ketika muncul rasa haus di malam hari, tentu saja Anda akan otomatis bangun dan mencari minum. Sekali atau dua kali mungkin hal yang normal. Namun, bagaimana jika Anda sering haus di malam hari? Apakah ada masalah serius yang menyebabkan hal ini?

    Kenapa saya sering haus di malam hari?

    butuh minum air putih 8 gelas

    Hal yang paling umum dari munculnya rasa haus di malam hari adalah dehidrasi. Anda bisa jadi kurang minum sebelum tidur, sehingga tubuh menagih kekurangan tersebut ketika di tengah Anda terlelap.

    Tak cuma itu, keringat yang keluar sebelum dan saat tidur juga menjadi penyebab mengapa Anda suka haus di malam hari. Gejala demam pun, juga membuat Anda terbangun dan ingin segera mencari minum di malam hari.

    Sementara, bila Anda penyuka makanan pedas dan asin, hal ini juga dapat mengakibatkan rasa haus muncul di malam hari. Apalagi jika Anda mengonsumsi makanan tersebut sesaat sebelum tidur, biasanya tenggorokan akan terasa kering dan butuh air.

    Selain beberapa pemicu ini, rasa haus di malam hari juga bisa jadi tanda terjadinya penyakit.

    Xerostomia

    Bisa juga seseorang mengalami haus dan mulut kering akibat terjadinya xerostomia. Xerostomia adalah kondisi saat kelenjar ludah di mulut tidak memproduksi air liur yang cukup untuk menjaga mulut tetap basah.

    Mulut kering ini bisa disebabkan oleh obat-obatan tertentu, masalah penuaan, atau efek dari terapi radiasi untuk kanker.

    Diabetes melitus

    Haus yang berlebihan, baik di malam hari sebelum tidur maupun di pagi hari, juga bisa disebabkan oleh gula darah tinggi atau hiperglikemia. Rasa haus yang sering muncul atau disebut dengan polidipsia adalah salah satu gejala dari orang yang mengalami diabetes jenis tipe 2.

    Diabetes insipidus

    Selain itu, haus berlebihan di malam hari juga bisa jadi tanda terjadinya diabetes insipidus. Diabetes ini terjadi ketika tubuh tidak dapat mengatur cairan dengan benar. Ini menyebabkan ketidakseimbangan air dalam tubuh, sehingga orang jadi sering buang air kecil dan haus berlebihan.

    Apa yang sebaiknya diminum saat malam hari?

    minum air kelapa

    Air putih

    Minuman yang paling penting diminum saat menjelang tidur adalah air putih. Air putih bebas akan gula sehingga aman untuk gigi menjelang tidur, dan aman juga terhadap penambahan kalori dalam tubuh.

    Air putih bebas akan gula sehingga tidak akan meningkatkan jumlah kalori yang masuk dan air putih tidak menambah kotor gigi menjelang tidur.

    Susu hangat

    Susu mengandung banyak asam amino khususnya asam amino triptofan. Triptofan ini adalah asam amino yang memberikan efek mengantuk lebih cepat.

    Di dalam tubuh triptofan yang akan diubah menjadi hormon alami yakni melatonin. Melatonin ini yang akan membantu menjaga siklus tidur tetap terjaga.

    Air kelapa murni

    Air kelapa murni bisa jadi pilihan daftar minuman malam hari Anda saat sedang kehausan. Bukan hanya pelepas dahaga yang baik, air kelapa juga mengandung banyak mineral yang sangat dibutuhkan tubuh.

    Contohnya seperti magnesium dan natrium, Kedua mineral ini membantu mengendurkan otot sehingga membuat Anda tidur lebih baik. Air kelapa juga penuh vitamin B yang dikenal dapat membantu menurunkan stres.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Damar Upahita

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji · Tanggal diperbarui 25/09/2020

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan