home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengatasi Masalah Kaki Bau, Gatal, dan Kering Dengan Cuka Apel

Mengatasi Masalah Kaki Bau, Gatal, dan Kering Dengan Cuka Apel

Tidak ada satu pun orang di dunia ini yang ingin punya kaki bau, berjamur, dan tumitnya kering pecah-pecah. Namun tidak usah sampai merogoh kocek dalam-dalam buat merawat kaki di salon atau spa. Cara murah meriahnya cukup dengan menggunakan cuka apel untuk kaki. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Tips pakai cuka apel untuk kaki bermasalah

pakai cuka apel untuk wajah

Cuka apel adalah herbal serba guna sejak zaman Yunani Kuno yang disebut-sebut dapat memberikan banyak efek positif bagi kesehatan. Merangkum berbagai penelitian medis modern, sifat antijamur dari cuka apel sangat kuat sehingga berpotensi baik untuk merawat kaki yang bermasalah.

Berikut cara pakainya:

Untuk kutu air

Kutu air adalah infeksi jamur yang menyerang sela-sela jari kaki. Infeksi ini membuat jari-jari kaki Anda selalu terasa panas dan gatal, tampak kemerahan, hingga bisa mengelupas kulitnya.

Buat kasus kutu air yang ringan, cukup campurkan 2 sendok makan cuka bersama 3 cangkir air dan tuang ke dalam baskom lebar. Rendam kaki yang berjamur dalam larutan ini selama 10 hingga 15 menit setiap hari hingga infeksi mereda.

Mungkin butuh waktu 2-3 minggu atau lebih lama sampai gejalanya membaik.

Untuk bau kaki

Sifat antibakteri dari cuka apel juga bisa sekaligus digunakan untuk membasmi bakteri penyebab bau kaki.

Caranya sama. Bersihkan dulu kaki Anda kemudian rendam dalam baskom berisi campuran 2 sendok makan cuka dan 3 cangkir air hangat. Rendam kaki dalam larutan ini selama 10-15 menit untuk seminggu sekali.

Untuk kaki kering pecah-pecah

Rendaman cuka apel untuk tumit kering pecah-pecah juga dikatakan efektif mengembalikan kelembapan alaminya. Namun sedikit berbeda caranya, gunakanlah air dingin untuk rendaman kaki ini. Merendam pakai air hangat bisa bikin kaki semakin kering.

Rendam kaki yang kering dan pecah-pecah selama 20 menit di malam hari. Setelahnya keringkan, lalu sebelum tidur oleskan pelembap kaki dan gunakan kaos kaki saat tidur.

Perlu diingat! Yang mana pun masalah Anda, jangan gunakan rendaman cuka apel untuk kaki yang memiliki luka terbuka, tergores, atau terpotong. Ini bisa membuat luka semakin lama sembuhnya dan berisiko terinfeksi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to make a vinegar foot soak https://www.healthline.com/health/how-to-make-a-vinegar-foot-soak#why-vinegar Diakses pada 03 Januari 2019.

4 ways to avoid stinky feet https://health.clevelandclinic.org/4-sure-fire-ways-you-can-avoid-stinky-feet/ Diakses pada 03 Januari 2019.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 05/10/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x