Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Tips Nyaman Bercinta untuk Wanita Penderita IBD

    Tips Nyaman Bercinta untuk Wanita Penderita IBD

    Merasakan nikmatnya berhubungan intim adalah hak semua orang. Tidak terkecuali orang yang punya kondisi IBD (inflammatory bowel disease) atau radang usus. Namun sayang, berhubungan intim tak jarang dapat membuat gejala radang usus kambuh tiba-tiba tanpa diundang. Bagaimana caranya agar bisa nyaman bercinta?

    Efek penyakit radang usus pada kehidupan seks wanita

    Penyakit Crohn adalah salah satu jenis penyakit radang usus (IBD) yang dapat membuat wanita merasa tidak nyaman saat berhubungan intim, dikutip dari Health.

    Namun, tidak cuma penyakit Crohn. Hampir rata-rata semua jenis penyakit radang usus membuat penderitanya sering mengalami nyeri atau kram perut tak tertahankan, kebelet BAB tiba-tiba, sbuang-buang angin, sakit di antara anus dan vagina (perineum), hingga kelelahan tak beralasan.

    Beragam efek inilah yang kadang dapat membuat hubungan seks terasa tidak enak atau bahkan menyakitkan, serta membuat wanita jadi tidak percaya diri di ranjang. Kadang, bekas luka besar yang ada di perut sehabis menjalani operasi radang usus juga membuat sebagian wanita jadi makin tidak pede dengan penampilan tubuhnya.

    Pada akhirnya, gejala-gejala tersebut secara tidak langsung mengurangi antusiasme, gairah dan keintiman saat bersama pasangan.

    Tips berhubungan intim untuk wanita dengan penyakit radang usus

    Wanita yang memiliki penyakit radang usus mungkin akan terganggu dengan kedatangan gejalanya yang suka tiba-tiba, terlebih saat berhubungan intim.

    Namun, tidak harus selalu demikian. Anda masih bisa menikmati berhubungan intim dengan nyaman dan memuaskan lewat beberapa tips berikut ini:

    1. Jujur tentang kondisi Anda

    Sebelum memulai berhubungan intim, ada baiknya Anda jujur dengan pasangan tentang kondisi radang usus yang Anda alami. Katakan pada pasangan apa tentang kondisi penyakit radang usus, apa gejalanya yang akan muncul saat bercinta, dan bila perlu tumpahkan kecemasan Anda saat berhubungan intim.

    Jika pasangan Anda menanyakan tentang kondisi radang usus, coba bersikap terbuka dan jujur. Pastikan juga pasangan bisa menerima kondisi Anda apa adanya. Ungkapkan bahwa Anda ingin menikmati seks dan juga butuh dukungan darinya untuk mengatasi semua ini.

    2. Antisipasi gejalanya saat bercinta

    Setelah membicarakan masalah berhubungan intim dengan kondisi radang usus yang Anda punya, kini waktunya mencari kenyamanan dari tiap gerakan yang akan Anda coba di ranjang.

    Misalnya, gunakan bantal untuk menopang tubuh bagian belakang Anda untuk membuat penetrasi seks terasa mudah. Selain itu, gunakan pelumas berbahan dasar gel atau air untuk meredakan rasa sakit jika vagina Anda kering.

    Anda juga bisa mengantisipasinya dengan menggunakan stoma. Stoma adalah kantong sementara yang digunakan untuk membuang air seni atau feses. Jika Anda khawatir kantong stoma yang rusak atau lepas saat bercinta, gunakan perekat untuk menahan kantung di tempatnya. Anda juga bisa mengenakan pakaian dalam yang membuat Anda merasa seksi, tetapi tetap melindungi kantong stoma.

    Jangan lupa juga kosongkan kantong stoma sebelum berhubungan seks. Ini akan bisa mencegah Anda khawatir akan isi kantong stoma yang penuh dan bocor.

    3. Pakai cara lain untuk menambah keintiman

    Berhubungan intim lewat penetrasi anal mungkin tidak disarankan untuk wanita dengan kondisi radang usus atau IBD karena ini dapat memicu kontraksi dubur untuk mengeluarkan feses.

    Maka untuk mewujudkan rasa kasih sayang dan keintiman, tidak harus selalu diwujudkan dengan berhubungan intim.

    Temukan cara lain untuk mengekspresikan keintiman dan cinta satu sama selain hubungan intim, antara lain seperti melakukan seks oral belaian, sentuhan, mencium mesra, atau cuddling.

    Melakukan beragam aktivitas dengan pasangan, misalnya dengan nonton film bareng, masak bareng, atau travelling bareng juga dapat menambah kemesraan dan keintiman.

    4. Konsultasi ke dokter

    Agar Anda seterusnya bisa tetap nyaman berhubungan intim meski punya penyakit radang usus, konsultasikanlah ke dokter.

    Katakan pada dokter adakah tips atau hal yang harus dihindari saat berhubungan seks, agar penyakit radang usus yang Anda alami tidak semakin parah.

    Umumnya orang dengan penyakit Crohn dapat mengalami rasa sakit saat melakukan penetrasi hubungan intim Selain itu, luka seperti bisul juga dapat meradang, terinfeksi, atau bahkan merobek jaringan lain selama hubungan seksual.

    Tanyakan pada dokter, apakah ada beberapa obat yang dapat diminum saat berhubungan intim dengan kondisis radang usus yang dialami. Obat-obatan seperti antibiotik atau anti-radang kadang bisa meringankan gejala nyeri saat bercinta.

    Apabila obat tersebut tidak bekerja baik, tanyakan apakah ada operasi yang bisa mengatasi masalah IBD Anda.


    Ingin mendapatkan berat badan ideal?

    Yuk konsultasikan masalahmu dengan ahli gizi atau berbagi tips bersama di Komunitas Berat Badan Ideal!


    health-tool-icon

    Kalkulator Kebutuhan Kalori

    Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

     

    Crohn and sex https://www.webmd.com/ibd-crohns-disease/crohns-disease/crohns-and-sex#2 diakses pada 07 Agustus 2019. 

    Crohn disease and secual health https://www.healthline.com/health/crohns-disease/sexual-health#1 diakses pada 07 Agustus 2019.

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui Nov 24, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri
    Next article: