Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Manfaat Air Hangat untuk Lambung, Terutama bagi Pengidap GERD

Manfaat Air Hangat untuk Lambung, Terutama bagi Pengidap GERD

Air hangat biasanya dijadikan andalan ketika Anda sedang flu dan batuk. Kadang juga diminum ketika udara sedang dingin karena hujan terus-menerus. Selain melegakan tenggorokan dan menghangatkan tubuh, rupanya air hangat punya manfaat untuk sistem pencernaan, terutama lambung.

Memang, apa manfaatnya? Bagi Anda yang memiliki masalah refluks asam lambung, informasi berikut ini akan sangat membantu.

Manfaat minum air hangat untuk lambung

Manfaat terapi air putih

Secara garis besar, minum air putih bermanfaat untuk mencukupi asupan cairan yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh. Tanpa air, tubuh tidak dapat bekerja dengan baik, bahkan gagal berfungsi.

Sementara untuk sistem pencernaan, minum air selama atau setelah makan bisa membantu proses pencernaan.

Pertama, air dan cairan lainnya membantu memecah makanan sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi dengan mudah. Kedua, air juga melunakkan feses sehingga feses lebih mudah melewati usus dan keluar dari tubuh.

Nah, ada juga manfaatnya untuk lambung, terutama jika Anda minum air hangat.

1. Meredakan gejala maag dan GERD

Ketika masuk ke tubuh air hangat dapat mengencerkan asam lambung. Ya, asam lambung memang dibutuhkan tubuh untuk memecah, mencerna, dan menyerap zat gizi dalam makanan.

Air hangat bahkan bisa membunuh bakteri atau virus berbahaya yang ada di lambung sehingga tubuh terlindungi dari infeksi.

Sayangnya, jumlah asam lambung juga bisa lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Kondisi asam lambung naik ini bisa menimbulkan gejala maag pada orang yang mengidap gastritis.

Juga bisa menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan pada pengidap GERD (gastroesophageal reflux disease) atau lebih dikenal dengan refluks asam lambung.

Pada pengidap maag, gejala yang ditimbulkan biasanya berupa mual, muntah, perut kembung, dan perut terasa perih.

Sementara itu, pengidap GERD cenderung mengalami perut kembung, sensasi panas di dada (heartburn), sendawa, mulut pahit, dan susah menelan. Nah, semua gejala tersebut bisa diredakan dengan minum air hangat.

2. Mencegah kambuhnya gejala maag dan GERD

Maag dan gejala GERD bersifat kambuhan. Itu artinya, gejala dapat muncul kapan saja ketika terpicu oleh faktor tertentu.

Jika Anda terbiasa minum air hangat dan mengonsumsi makanan berserat, gejala tersebut bisa dicegah kekambuhannya.

Ini karena kombinasi air hangat dan serat bisa menyerap asam lambung yang berlebih.

Di samping itu, serat dan air membuat perut jadi kenyang sehingga menakan rasa lapar dan mencegah Anda makan terlalu banyak.

Perlu Anda ketahui bahwa makan berlebihan menjadi salah satu pemicu gejala GERD. Pasalnya, semakin banyak makanan yang dikonsumsi, semakin banyak pula lambung dalam memproduksi asam lambung.

Cara memperoleh manfaat air hangat untuk lambung

sudah cukup minum air putih belom

Jika Anda tidak memiliki masalah lambung, air hangat bisa jadi pilihan untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Sementara untuk pengidap GERD atau gastritis, minum air hangat bisa jadi terapi tambahan untuk mencegah sekaligus meringankan gejala masalah asam lambung.

Namun, untuk mendapatkan manfaatnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Temperatur airnya hangat bukan panas

Banyak orang yang mungkin masih salah memahami air hangat dengan air panas.

Minum air panas, kadang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada lidah. Selain itu, jika saat itu pengidap GERD sedang bermasalah tenggorokkannya, bisa jadi minum air panas malah menambah rasa sakit.

Jadi, diingatkan sekali lagi, pilih air yang temperaturnya hangat bukan panas.

2. Tidak berlebihan

Aturan yang perlu Anda patuhi adalah jangan minum air hangat berlebihan. Alih-alih mendapatkan manfaat, minum air hangat kebanyakan malah membuat perut kembung.

Kondisi ini tentu membuat Anda tidak nyaman melakukan kegiatan apa pun. Jika Anda punya masalah lambung, minum terlalu banyak akan memicu kambuhnya gejala.

Banyaknya air hangat yang ideal dalam sehari sebenarnya satu aturan dengan asupan air putih per harinya.

Memang, setiap orang kebutuhan cairan per harinya berbeda-beda, bergantung usia, aktivitas, dan kondisi kesehatan. Menurut situs Mayo Clinic, setidaknya Anda minum air putih atau air hangat 8 gelas per hari.

Pada pasien penyakit ginjal atau penyakit jantung, asupan cairan per harinya dibatasi oleh dokter agar kondisi kesehatannya tetap stabil.

Nah, sudah tahukan manfaat sekaligus aturan minum air hangat untuk menjaga kesehatan lambung? Coba ingat-ingat, sudah berapa gelas minum air hangat hari ini?

Verifying...

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Natalie TrznadelI’ve been interested in food for many years. (2022, February 23). Does drinking hot water help acid reflux? Food FAQ. Retrieved March 26, 2022, from https://foodfaq.org/does-drinking-hot-water-help-acid-reflux/

Michael F. Picco, M. D. (2020, April 18). Water after meals: Does it disturb digestion? Mayo Clinic. Retrieved March 27, 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/digestion/faq-20058348

Mayo Foundation for Medical Education and Research. (2020, October 14). How much water do you need to stay healthy? Mayo Clinic. Retrieved March 27, 2022, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/water/art-20044256

Mayo Foundation for Medical Education and Research. (2022, March 15). Gastritis. Mayo Clinic. Retrieved March 27, 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gastritis/symptoms-causes/syc-20355807

Mayo Foundation for Medical Education and Research. (2020, May 22). Gastroesophageal reflux disease (GERD). Mayo Clinic. Retrieved March 27, 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gerd/symptoms-causes/syc-20361940

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui Apr 08
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro