3 Manfaat Penting Baca Buku untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Membaca adalah jendela dunia, maksudnya orang yang suka membaca pasti memiliki wawasan yang lebih luas daripada mereka yang tidak. Nah, orang yang gemar baca buku biasanya sudah diajarkan oleh orangtuanya sejak kecil sehingga menjadi terbiasa, bahkan menjadi hobi. Kenapa harus mengenalkan dunia bacaan pada anak sejak dini? Yuk, ketahui manfaat baca buku untuk anak berikut ini.

Manfaat baca buku untuk anak

Membaca merupakan kegiatan positif bagi siapa pun, termasuk anak-anak. Itulah sebabnya kenapa banyak orangtua yang mulai memperkenalkan kebiasaan membaca buku pada anak sejak kecil. Sebenarnya, apasih manfaat baca buku untuk anak?

1. Meningkatkan kemampuan otak dan mental anak

membaca buku cerita anak

Dilansir dari Children Healthcare of Atlanta, menurut American Academy of Pediatric dalam penelitiannya tahun 2014, ada banyak manfaat baca buku untuk anak. Membaca memberikan pengaruh positif pada otak anak yang sedang berkembang. Bahkan, pengaruhnya juga bisa didapatkan sejak bayi saat mereka masih belum bisa membaca, tapi dibacakan cerita oleh orangtuanya.

Buku yang terdiri dari rangkaian kata, angka, gambar dan elemen lain, mampu mengembangkan keterampilan anak dalam berpikir. Ini memengaruhi bagaimana cara mereka berbicara, memecahkan masalah, menulis, bahkan memperoleh pengalaman.

Selain itu, studi yang dilakukan oleh Emory University di Atlanta menunjukkan bahwa buku-buku fiksi merangsang anak untuk mengenali emosinya sendiri serta orang-orang di sekitarnya. Bahkan, anak-anak yang menyukai buku-buku fiksi cenderung memiliki imajinasi yang tinggi dan ide-ide kreatif. Sementara anak-anak yang sering membaca buku-buku nonfiksi, bisa membangun citra diri yang kuat, percaya diri, dan berwawasan tinggi.

2. Meningkatkan ikatan antara anak dan orangtua

manfaat baca buku untuk anak

Orangtua yang sibuk sering melewatkan momen spesial dengan anak. Kondisi ini bahkan bisa membuat anak merasa kurang perhatian. Membaca bisa jadi waktu yang menyenangkan untuk meningkatkan ikatan di antara orangtua dan anak, menurut sejumlah penelitian.

Bukan sekadar membangun ikatan, membaca juga jadi cara orangtua untuk mengajari anak berbagai pengetahuan, informasi, dan aspek-aspek kehidupan yang ada di dalam buku yang mereka baca.

3. Mendukung masa depan

punya anak di usia 40

Anak-anak yang sudah terbiasa membaca buku biasanya lebih terarah dengan keinginan atau cita-citanya di masa depan. Mereka juga terpacu untuk mengetahui lebih dalam mengenai hal-hal yang mereka suka.

Ketika usia mereka menginjak remaja, mereka bisa dengan fokus menggeluti, mencari tahu, bahkan mempraktikkan hal-hal apa saja yang mereka bisa lakukan sesuai cita-cita mereka dari buku. Selain itu, membaca juga memberi mereka pemahaman tentang tanggung jawab dan risiko dari suatu perbuatan atau perilaku.

Cara memperkenalkan kebiasaan membaca pada anak sejak kecil

Sudah tahu, kan, apa saja manfaat baca buku untuk anak? Untuk itu, sayang jika Anda melewatkannya begitu saja. Anda bisa memperkenalkan kebiasaan membaca pada anak bahkan sebelum bayi dapat membaca dan berbicara.

Untuk bayi, Anda bisa mengenalkan buku yang menarik dan interaktif, seperti lebih berwarna, lebih banyak ilustrasi daripada teks, dan tema yang disukai anak, misalnya binatang. Posisikan anak di pangkuan Anda dengan buku di depannya, dengan begitu anak merasa dekat dengan Anda, bisa mendengar suara Anda lebih jelas, dan memerhatikan buku lebih baik.

Anda perlu menunjukkan gambar dan menekankan kata-kata bahkan juga mengulanginya beberapa kali, ini membantu bayi untuk memperkuat kosakata yang baru didapatkannya. Jika anak menunjukkan minat pada buku tertentu, biarkan dia membacanya berulang-ulang. Untuk usia 2 sampai 5 tahun, Anda bisa mengajak anak pergi ke toko buku dan membiarkannya memilih buku bacaan yang disukai.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca