Batas Maksimal Konsumsi Jus Buah Bagi Anak-anak

Oleh

Anak kecil sangat menyukai jus buah karena rasanya yang enak dan cara minumnya praktis. Namun tahukah Anda bahwa jus buah ternyata mengandung kadar gula alami yang sangat tinggi?

Terlalu banyak minum jus merupakan penyebab utama dari sakit gigi. Terlihat sepele, tapi jika dibiarkan terus menerus, gula yang menumpuk dan asupan nutrisi yang tidak seimbang akan berujung pada obesitas dan gizi buruk. Untuk menyiasatinya, Anda dapat membatasi porsi jus yang sesuai untuk anak Anda dan tetap dilengkapi dengan buah-buahan segar, serta minuman lainnya seperti air putih atau susu rendah lemak.

Jika anak Anda berusia di bawah 6 bulan

Jangan berikan jus buah kepada bayi di bawah 6 bulan. Nutrisi yang terkandung dalam jus buah tidak sesuai dengan kebutuhan gizi bayi di bawah 6 bulan.

Anak berusia 1-6 tahun

Batasi konsumsi jus 4-6 ons (120 – 180 ml) setiap harinya. Untuk anak berusia lebih dari 6 bulan, jus buah tidak memberikan manfaat nutrisi sebaik buah segar, karena buah segar dilengkapi dengan serat dan nutrisi lainnya. Jangan biarkan anak Anda minum hanya jus buah sepanjang hari.

Anak berusia 7-18 tahun

Batasi konsumsi jus menjadi 8-12 ons (250 – 350 ml) setiap harinya.

Share now :

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Oktober 14, 2019

Yang juga perlu Anda baca