Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Agar Kulit Bayi Putih, Bagaimana Caranya?

Agar Kulit Bayi Putih, Bagaimana Caranya?

Setiap ibu tentu menginginkan anaknya memiliki kulit yang terawat. Bahkan di fase kehamilan, ada saja ibu yang mencari cara agar kulit bayi putih. Meski warna kulit dipengaruhi faktor genetik, ada berbagai cara memutihkan kulit bayi agar tampak lebih cerah. Beragam upaya ini banyak diterapkan oleh ibu bahkan sejak bayinya masih dalam kandungan.

Makanan yang dikonsumsi ibu hamil agar kulit bayi putih

kulit bayi

Sebagai cara memutihkan kulit bayi, seorang ibu bisa mengonsumsi makanan tertentu selama masa kehamilan. Berikut beberapa diantaranya:

Susu kunyit

Kunyit memang dikenal baik di dalam dunia kecantikan. Jenis rempah ini diyakini bisa membersihkan darah sehingga dapat memutihkan kulit dan membuatnya lebih cerah.

Minumlah susu kunyit ini satu gelas sehari sebelum tidur. Untuk membuat minuman ini, Anda hanya perlu menambahkan lima atau enam potongan kunyit ke dalam segelas susu hangat.

Anda juga bisa menambahkan gula ke dalamnya untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

Kelapa

Meminum air kelapa selama kehamilan dapat menjadi cara agar kulit bayi putih dan cerah nantinya. Minumlah air kelapa ini satu buah satu hari.

Susu

Bila susu kunyit bisa memutihkan kulit bayi, begitupun dengan susu itu sendiri. Selain untuk kulit, susu juga baik untuk kesehatan Anda dan bayi Anda selama kehamilan.

Pastikan untuk mengonsumsinya tiap hari untuk mendapatkan bayi yang sehat, begitupun dengan kulitnya.

Selain beberapa jenis makanan di atas, beberapa buah juga diyakini bisa membuat kulit bayi lebih putih, diantaranya:

  • Jeruk
  • Jus anggur
  • Nanas

Meski bermanfaat untuk kulit bayi, sebaiknya konsumsi makanan tersebut tetap mempertimbangkan kondisi kesehatan ibu hamil. Jika memiliki masalah kesehatan khusus, sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsinya.

Alpukat

Mengutip dari Health Xchange, alpukat adalah buah yang kaya vitamin C dan vitamin E yang bersifat antioksidan. Vitamin C membantu mengurangi peradangan dan penting dalam produksi kolagen yang bisa meningkatkan warna kulit bayi.

Minyak ikan

Jenis ikan laut seperti tuna dan salmon kaya akan asam lemak omega 3. Asam lemak ini membantu memperbaiki membran sel yang membantu menjaga kondisi kulit bayi di kandungan.

Konsumsilah berbagai makanan ini dengan tujuan mencukupi asupan nutrisi saat hamil, bukan untuk membuat agar kulit bayi putih saat lahir.

Pasalnya, berbagai makanan tersebut belum terbukti secara ilmiah dapat memutihkan kulit bayi.

Cara-cara agar kulit bayi putih dan cerah

sabun untuk kulit kering bayi

Pada dasarnya, kulit bayi baru lahir masih berubah-ubah dan ini adalah hal normal. Mengutip dari Stanford Children’s Health, perubahan warna kulit sampai bentuk kepala bayi hanya bersifat sementara dan bagian dari penyesuaian fisik bayi.

Warna kulit bayi tergantung pada ras dan kelompok etnis tertentu. Saat bayi pertama lahir, kulitnya berwarna kemerahan sampai ungu.

Ketika si kecil mulai menghirup udara saat dilahirkan, warna kulit berubah menjadi merah dan akan memudar di hari pertama kelahiran.

Namun, beberapa bayi bisa lahir dengan warna kuning yang disebabkan oleh penyakit kuning karena tingginya bilirubin.

Warna kulit bayi dipengaruhi oleh kandungan melanin di dalamnya. Semakin banyak melanin, kulit bayi terlihat lebih gelap.

Begitupun sebaliknya, semakin sedikit melanin dalam kulit bayi, kulitnya akan terlihat lebih putih.

Untuk memutihkan kulit si kecil, menjauhkannya dari sinar matahari bisa menjadi salah satu cara agar kulitnya tampak cerah.

Namun, ini hanya dapat berpengaruh pada jangka pendek dan justru tidak baik untuk kesehatan bayi secara keseluruhan.

Menjemur bayi di bawah sinar matahari bermanfaat untuk mendapatkan vitamin D di dalam tubuh.

Meski demikian, ada cara lain yang bisa dipilih untuk dapat memutihkan kulit bayi Anda:

Baby scrub agar kulit bayi putih

Agar kulit bayi lebih putih, membuat baby scrub sendiri bisa menjadi salah satu cara. Campurkan bubuk buncis dengan air mawar, susu, dan baby oil. Usapkan dan gosokkan campuran bahan tersebut pada bayi Anda secara perlahan.

Minyak kasturi dan susu

Untuk memutihkan kulit bayi, campurkan minyak kasturi dengan susu. Usapkan secara perlahan pada bayi, mulai dari muka hingga seluruh badan.

Lakukan setelah bayi mandi agar kulit si kecil lebih cerah.

Minyak zaitun agar kulit bayi putih

Minyak zaitun baik untuk kesehatan kulit, termasuk bayi. Bahan ini mudah didapat di berbagai toko di lingkungan sekitar.

Selain memakai minyak zaitun, Anda bisa manggunakan minyak jenis lain agar kulit bayi lebih putih, seperti minyak almond.

Susu dan air mawar

Sabun bisa membuat kulit bayi yang sensitif bisa menjadi lebih kering. Sebagi gantinya, Anda bisa gunakan campuran susu dengan air mawar atau gliserin dengan susu sebagai cara agar kulit bayi putih.

Sebenarnya, berbagai cara di atas belum terbukti secara medis. Jadi, tidak ada bukti yang menjamin bahwa melakukan cara-cara yang telah disebutkan pasti membuat kulit bayi putih.

Namun, selama aman dan dokter memperbolehkan, Anda bisa melakukannya. Satu hal yang perlu diingat, entah itu putih atau berkulit gelap yang terpenting adalah kesehatan bayi Anda.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

default – Stanford Children’s Health. (2020). Retrieved 18 November 2020, from https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=newborn-appearance-90-P02691

(2020). Retrieved 18 November 2020, from https://www.healthxchange.sg/women/pregnancy/pregnancy-foods-improve-babys-complexion

My baby’s skin is getting darker. How can I change his complexion?. (2020). Retrieved 18 November 2020, from https://www.babycenter.in/x1015285/my-babys-skin-is-getting-darker-how-can-i-change-his-complexion

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 16/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x