backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

8 Rekomendasi Pelampung Bayi yang Aman untuk Berenang

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 20/12/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

    8 Rekomendasi Pelampung Bayi yang Aman untuk Berenang

    Berenang bisa jadi salah satu aktivitas yang menyenangkan sekaligus untuk melatih perkembangan motorik bayi. Tentunya, Anda membutuhkan alat-alat pendukung seperti pelampung agar si Kecil dapat leluasa renang tanpa takut tenggelam. Nah, kira-kira merk pelampung bayi apa saja yang aman untuk berenang? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

    Cara memilih pelampung bayi yang aman

    Sebenarnya, ibu sudah bisa mengajak bayi berenang sejak ia lahir. Namun, sejumlah dokter menyarankan menunggu sampai bayi berusia minimal 6 bulan.

    Menurut Boys Town Pediatrics, bila bayi Anda berusia kurang dari 6 bulan, hindari membawanya ke kolam renang umum yang besar karena airnya masih terlalu dingin. 

    Pastikan suhu air dipanaskan setidaknya hingga 32 derajat celsius sebelum membawa bayi berenang.

    Selain itu, pilih jenis pelampung sesuai dengan bentuknya. Untuk bayi berusia setengah bulan hingga 1 tahun, sebaiknya hindari pelampung jenis neck ring atau pelampung leher agar terhindar dari risiko cedera.

    Sementara pelampung yang dipasang di kedua lengan, cocok untuk anak berusia 2-6 tahun yang sedang belajar renang. Sebab, akan membuat si Kecil lebih leluasa bergerak dan dapat melakukan pergerakan dengan mudah.

    Pertimbangkan juga bahan pelampung yang hendak Anda beli. Biasanya, ada beberapa bahan yang tersedia di pasaran, yakni kulit sintetis, plastik, nylon, dan ABC.

    Hal lain yang tak kalah penting, periksa setiap pelampung yang akan Anda pilih sudah bersertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia) agar lebih aman.

    Rekomendasi pelampung bayi yang aman untuk berenang

    manfaat berenang untuk anak

    Setelah mengetahui cara memilih pelampung, sekarang simak rekomendasi merk yang terbaik berikut ini.

    1. Nabaiji Pelampung Lengan Anak

    Nabaiji Pelampung Lengan Anak adalah produk yang dirancang untuk membantu anak-anak belajar berenang dengan aman dan nyaman.

    Produk ini tersedia dalam dua ukuran, yaitu untuk berat anak 11–30 kg dan 30–60 kg dengan pilihan warna-warna cerah yang menarik, seperti biru dan pink.

    Selain itu, pelampung merek ini terbuat dari PVC dengan dua ruang tiup independen berukuran sama pada setiap lengan ban.

    2. SPEEDS Pelampung Renang 

    Pelampung yang bagus merk SPEEDS ini cocok untuk anak usia 1-5 tahun. Produk ini berbahan karet PVC yang dilengkapi dengan 2 gesper pengunci atas dan bawah meningkatkan keamanan anak.

    Lingkar dalam ban ini halus mampu melindungi kulit bayi yang sensitif. Selain itu, terdapat 2 ruang udara, jika salah satu ruang udara bocor ruang udara yang lain mampu menahan berat bayi.

    3. KURU Neck Ring Bayi

    Anda sedang mencari ban leher untuk bayi renang? Kalau ya, Anda bisa pilih merek KURU yang bagus. Pelampung ini cocok untuk anak usia 3 sampai 24 bulan dengan diameter kurang lebih 40 sentimeter.

    Produk ini memiliki desain yang aman dengan 2 lapis kantong udara untuk menjaga dari kebocoran. Selain itu, sambungan ban renang ini aman untuk leher bayi, sehingga mampu menjaga kulit bayi agar tidak lecet.

    4. INTEX Pelampung Renang Anak

    Apabila Anda sedang mencari pelampung renang yang aman untuk anak usia 3 sampai 5 tahun, merk INTEX bisa jadi solusinya.

    Berbahan dasar dari vinyl berkualitas, ban ini mampu menahan beban hingga 23 kilogram. Dilengkapi strap yang bisa Anda sesuaikan dengan ukuran bayi, sehingga keamanannya lebih terjamin.

    Tak hanya itu, pelampung ini memiliki motif yang lucu dengan warna menarik, pastinya si Kecil akan suka dan makin betah untuk berenang.

    5. Mambobaby Ladybug Waist Float Swim

    Berbeda dengan produk-produk sebelumnya, pelampung renang merk Mambobaby dilengkapi kanopi yang bisa menjaga bayi dari sinar matahari langsung.

    Sementara jaring di kedua sisi kanopi lepas-pasang yang berfungsi menjadi ventilasi dan memudahkan orangtua untuk tetap mengawasi bayi usia 8 bulan sampai 36 bulan.

    Pelampung renang ini juga tidak perlu ditiup karena terbuat dari liner busa yang ramah lingkungan. Selain itu, lapisan penutup tahan air PVC dan permukaan kain 3D lembut yang nyaman di kulit bayi.

    6. Sunnylife Float Vest Smiley

    Sunnylife Float Vest Smiley adalah pelampung yang cocok dan aman untuk anak usia 2–3 tahun belajar renang dengan berat maksimal 18 kg.

    Produk ini terbuat dari neoprene yang tahan lama dan memberikan daya apung dan kehangatan untuk si Kecil saat berenang.

    Anda tidak perlu khawatir si Kecil tenggelam, karena pelampung ini dilengkapi dengan ritsleting di bagian depan dan kait velcro untuk memastikan kenyamanan dan keamanannya.

    7. KIDDIE SPLASH Pelampung Lengan

    Pelampung lengan merk Kiddie Splash bisa jadi alternatif untuk mendukung anak usia 1–5 tahun atau dengan berat 10–30 kg belajar renang.

    Produk ini terbuat dari busa khusus untuk berenang dengan detail yang bernuansa playful dan cheerful.

    KIDDIE SPLASH Pelampung Lengan mengklaim cepat kering dan tidak menimbulkan bau sama sekali walaupun telah dipakai 2 tahun lebih di kolam renang maupun laut.

    8. SPEEDS Papan Pelampung Renang

    Anda sedang mencari pelampung berbentuk papan untuk anak belajar renang? Jika jawabannya ya, Anda bisa pilih merk SPEEDS.

    Pelampung ini terbuat dari dari plastik HDPE yang kuat, tahan lama, dan tidak mudah rusak.

    Terdapat empat lubang di setiap sudutnya yang dapat Anda gunakan untuk menggantung atau mengaitkan papan pelampung dengan tali atau alat lainnya.

    Nah, itulah beberapa rekomendasi pelampung bayi yang aman untuk belajar renang. Sampai sejauh ini, pelampung mana yang cocok untuk si Kecil?

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Fakta medis diperiksa oleh

    Hello Sehat Medical Review Team


    Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 20/12/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan