Losartan Obat Apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Losartan Merek: Acetensa, Angioten, Cozaar, Insaar, Koinsar, Lifezar, Santesar, Kaftensar, Losartan 50 dan Sartaxal.

Penggunaan

Untuk apa losartan?

Losartan adalah obat untuk mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi). Obat ini digunakan untuk menurunkan risiko stroke pada pasien dengan tekanan darah tinggi dan pembesaran jantung.

Selain itu, losartan juga banyak dipakai untuk memperlambat kerusakan ginjal jangka panjang pada orang dengan diabetes tipe 2 yang juga memiliki tekanan darah tinggi.

Losartan yang biasa dijual dengan merek Cozaar masuk dalam kelompok obat yang disebut antagonis reseptor angiotensin II.

Obat ini bekerja dengan merilekskan pembuluh darah sehingga terhindar dari penyempitan. Dengan begitu, tekanan darah yang tadinya tinggi bisa menurun secara perlahan dan aliran darah pun akan meningkat.

Losartan juga bisa digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan ini sesuai pertimbangan dokter.

Bagaimana cara penggunaan losartan?

Untuk obat berbentuk tablet, minum langsung dengan segelas air putih tanpa perlu menghancurkannya.

Jika Anda menggunakan bentuk cair obat ini, kocok botol terlebih dahulu sebelum diminum. Gunakan sendok khusus yang biasanya tersedia dalam kemasan obat.

Tanyakan pada dokter kapan harus meminum obat ini, apakah sebelum atau setelah makan. Pastikan juga bahwa takarannya sudah sesuai dengan perintah pada petunjuk kemasan. Jangan menggunakan sendok makan di rumah karena sulit untuk menakarnya dengan takaran yang tepat.

Minumlah obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat terbaik. Selain itu, tanyakan juga apakah Anda boleh minum obat bersamaan dengan makanan atau tidak.

Agar tidak ada dosis yang terlewatkan, minumlah obat di waktu yang setiap harinya. Jangan memulai atau menghentikan minum obat tanpa ada anjuran dari dokter.

Meski Anda sudah merasa sehat, tetap konsumsi obat sampai batas waktu yang ditentukan dokter. Pasalnya, banyak orang dengan tekanan darah yang tinggi tidak merasakan sakit atau gejala apa pun yang menyiksa.

Hubungi dokter Anda jika Anda terus-menerus muntah, diare, atau berkeringat lebih banyak dari biasanya. Anda dapat dengan mudah mengalami dehidrasi saat minum obat ini yang bisa menyebabkan tekanan darah sangat rendah atau dehidrasi parah.

Oleh karenanya, rutin memeriksakan tekanan darah saat berkunjung ke dokter jadi salah satu hal yang sebaiknya tak terlewatkan.

Mungkin diperlukan 3 sampai 6 minggu untuk melihat efek losartan pada tekanan darah. Bicarakan dengan dokter Anda jika gejala Anda tidak membaik setelah 3 minggu perawatan.

Jangan lupa untuk memberi tahu dokter mengenai perkembangan kondisi Anda. Jika tekanan darah ternyata terus naik, jangan ragu untuk meminta alternatif obat lainnya.

Yang paling penting, selalu ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan hingga sejelas-jelasnya.

Bagaimana cara penyimpanan Losartan?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi dan jangan dibekukan.

Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Namun, jangan membuang obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan.

Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Losartan untuk orang dewasa?

Dosis yang diberikan bisa berbeda pada tiap orangnya. Dosis ini didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan.

Untuk orang dengan hipertensi, obat biasanya akan diberikan sebanyak 50 mg setiap hari. Dosis ini bisa ditingkatkan hingga 100 mg untuk diminum sekali sehari sesuai respon yang diterima.

Sementara itu, untuk pasien dengan nefropati diabetik pada diabetes mellitus tipe 2 awal, dosis yang diberikan sebesar 50 mg di awal dan meningkat hingga 100 mg setiap harinya. Peningkatan akan disesuaikan pada respon tekanan darah.

Untuk orang dengan gagal jantung awal, obat yang diresepkan yaitu sekitar 12,5 mg setiap harinya dan maksimal 150 mg.

Sesekali, dokter bisa saja mengubah dosis obat untuk memastikan bahwa Anda mendapat takaran yang tepat. Patuhi resep yang diberikan dokter meski berubah beberapa kali.

Jangan minum obat lebih banyak atau lebih sedikit dari yang tertera di resep. Jika dokter meminta Anda berhenti meminumnya, hentikan saat itu juga. Sebaliknya, jika dokter belum meminta Anda untuk berhenti minum obat, ikuti aturannya meski mungkin merasa sehat.

Bagaimana dosis losartan untuk anak-anak?

Selain melihat kondisi medis dan respon pengobatan, pada anak dosis juga disesuaikan dengan berat badan dan usia.

Untuk anak berusia 6 sampai 18 tahun dengan berat lebih dari 20 kg sampai kurang dari 50 kg, obat yang diberikan biasanya sekitar 0,7 mg/kg sampai maksimum 50 mg sekali sehari.

Sementara untuk anak dengan berat lebih dari 50 kg dosisnya sama seperti dewasa. Dokter akan menyesuaikan dosis yang diberikan berdasarkan respon tekanan darah.

Dalam dosis apakah losartan tersedia?

Losartan tersedia dalam bentuk tablet minum 12,5 mg, 25 mg, 50 mg, dan 100 mg.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Losartan?

Losartan punya beberapa efek samping yang cukup umum, seperti:

  • Gejala pilek atau flu seperti hidung tersumbat, bersin, sakit tenggorokan, dan demam
  • Batuk kering
  • Kram otot
  • Rasa sakit di kaki atau punggung
  • Sakit perut atau diare
  • Sakit kepala atau pusing
  • Merasa lelah
  • Mengalami gangguan tidur (insomnia)

Dalam kasus yang jarang terjadi, losartan bisa menyebabkan kerusakan jaringan otot rangka penyebab gagal ginjal. Untuk itu jika ada rasa sakit yang tiba-tiba pada otot disertai rasa nyeri, lelah luar biasa, dan urine yang berwarna gelap, segera konsultasikan ke dokter.

Anda juga perlu berkonsultasi ke dokter apabila mengalami satu dari berbagai efek samping berikut:

  • Perasaan seperti akan pingsan
  • Nyeri atau rasa terbakar saat buang air kecil
  • Kulit pucat, sesak napas, denyut jantung cepat, kepala keliyengan, dan sulit konsentrasi
  • Nyeri dada dan mengi atau napas berbunyi ngik-ngik
  • Mengantuk, linglung, suasana hati mudah berubah, terus merasa haus, hilang nafsu makan, mual, dan muntah
  • Pembengkakan bagian tubuh tertentu, berat badan naik, sesak napas, kencing lebih sedikit dari biasanya atau tidak sama sekali
  • Kadar kalium di dalam darah tinggi, ditandai dengan denyut jantung lambat, nadi lemah, dan lemah otot

Losartan juga bisa menyebabkan reaksi alergi parah yang disebut dengan syok anafilaktik. Ketika hal ini terjadi, Anda akan mengalami:

  • Ruam kulit
  • Gatal-gatal
  • Sulit bernapas
  • Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan
  • Kesadaran hampir hilang

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan losartan?

Sebelum menggunakan losartan, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dilakukan yaitu:

  • Beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap Losartan, obat lain, atau salah satu bahan dalam tablet Losartan. Tanyakan apoteker Anda untuk daftar bahan penyusunnya
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki diabetes  dan Anda mengonsumsi aliskiren (Tekturna, di Amturnide, Tekamlo, Tekturna HCT).
  • Beri tahu dokter dan apoteker semua obat, vitamoin, suplemen, dan herbal yang sedang dikonsumsi
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki gagal jantung atau penyakit ginjal atau penyakit hati
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang atau berencana hamil dalam waktu dekat dan atau sedang menyusui

Losartan termasuk obat yang bisa menyebabkan pusing ringan ketika Anda bangun terlalu cepat dari berbaring atau duduk. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda pertama kali meminumnya.

Untuk membantu menghindari masalah ini, bangunlah dari tempat tidur secara perlahan-lahan. Posisikan kaki Anda di lantai selama beberapa menit sebelum berdiri.

Jika selama minum obat ini Anda mengalami diare, muntah, dan berkeringat dengan derasnya, hati-hati. Pasalnya kondisi ini bisa menurunkan tekanan darah hingga membuat Anda pingsan.

Katakan kepada dokter Anda jika Anda memiliki masalah ini atau mengalaminya selama melakukan pengobatan Anda

Apakah Losartan aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Menurut US Food and Drugs Administration (FDA), obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D.

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C=Mungkin berisiko
  • D=Ada bukti positif dari risiko
  • X=Kontraindikasi
  • N=Tidak diketahui

Dikarenakan obat ini masuk kategori D, hindari meminumnya saat sedang hamil. Jika Anda baru saja hamil, segera hentikan konsumsinya.

Ini karena losartan bisa menyebabkan cedera atau kematian janin terlebih jika diminum selama trimester kedua atau ketiga.

Sementara untuk ibu menyusui, belum ada bukti jelas apakah obat ini membahayakan bayi atau tidak. Untuk menghindari berbagai kemungkinan negatif, jangan minum obat ini sembarangan atau tanpa seizin dokter.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Losartan?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Berikut beberapa obat-obatan yang biasanya berinteraksi negatif dengan loratan, yaitu:

  • Diuretik atau “pil air”
  • Obat tekanan darah lainnya
  • Lithium
  • Celecoxib
  • Aspirin atau NSAID lainnya (obat anti-inflamasi non-steroid) seperti ibuprofen (Advil, Motrin), naproxen (Aleve), celecoxib, diklofenak, indometasin, meloxicam, dan lain-lain

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Losartan?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi.

Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi.

Alkohol biasanya dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan efek samping tertentu dari losartan.

Selain itu, jangan mengonsumsi suplemen kalium atau pengganti garam saat minum obat ini kecuali jika dokter menyatakan tidak apa-apa.

Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan losartan?

Adanya masalah kesehatan lain yang Anda miliki bisa saja berpengaruh pada efektivitas dan cara kerja obat. Secara umum, masalah kesehatan yang bisa berinteraksi dengan losartan yaitu:

  • Angioedema (reaksi alergi) dengan obat-obatan tekanan darah lainnya (misalnya, benazepril, enalapril, lisinopril, Lotrel®, Vasotec®, Zestoretic®, Zestril®), riwayat angiodema
  • Gagal jantung bawaan parah, bisa menyebabkan masalah ginjal
  • Pasien diabetes yang juga mengonsumsi obat aliskiren (Tekturna®)
  • Pasien dengan penyakit ginjal yang juga menggunakan aliskiren (Tekturna®)
  • Memiliki kadar elektrolit yang tidak seimbang misalnya kalium atau natrium dalam tubuh yang terlalu tinggi atau rendah
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit hati (termasuk sirosis)

Oleh karena itu, jangan sembarangan dalam meminum losartan dan harus atas rekomendasi dokter.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Ketika seseorang mengalami overdosis, berbagai gejala yang mungkin muncul yaitu:

  • Tekanan darah yang terlalu rendah (hipotensi) yang membuat kepala menjadi pusing
  • Pingsan
  • Detak jantung cepat dan tidak teratur
  • Detak jantung lebih lambat dari kondisi normal

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis dalam satu kali minum.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Oktober 29, 2019

Sumber