Artikel Bersponsor

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Daftar Makanan Pembangkit Selera untuk Orang yang Sedang Sakit

DISPONSORI OLEH:

Daftar Makanan Pembangkit Selera untuk Orang yang Sedang Sakit

Secara khusus tidak ada makanan yang bisa menyembuhkan orang yang sedang tidak fit. Namun, ada daftar makanan yang bisa jadi pembangkit selera makan untuk orang sakit.

Makanan berfungsi untuk mendorong tubuh agar memiliki energi sehingga proses pemulihan dapat berlangsung lebih cepat.

Masalahnya saat sakit, biasanya seseorang mengalami penurunan nafsu makan. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa makanan yang bisa menjadi penambah nafsu makan saat sedang sakit.

Mengapa nafsu makan turun?

Menurunnya nafsu makan dapat disebabkan karena bakteri, virus, jamur, atau penyakit infeksi lainnya. Terlebih ditambah gejala yang timbul seperti mual, diare, atau anosmia yang membuat seseorang kehilangan selera makan.

Nafsu makan yang hilang secara terus menerus akan mengakibatkan penurunan berat badan hingga malnutrisi. Jadi, penting untuk mengetahui faktor penyebab nafsu makan turun dan cara membangkitkan selera makan agar kembali normal

Apa yang harus dilakukan saat selera makan turun?

Nutrisi yang cukup sangat penting bagi kesehatan. Terlebih saat sakit, tubuh mungkin membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk membangkitkan sistem imun agar dapat melawan virus atau bakteri yang datang menyerang.

Ketika sakit COVID-19 misalnya, Anda akan merasakan beberapa gejala seperti pilek, sakit kepala, batuk, demam, dan sakit tenggorokan. Gejala-gejala tersebut mungkin akan menyebabkan Anda mengalami penurunan nafsu makan.

Berikut ciri-cirinya.

  • Merasakan kenyang meski baru beberapa suap makanan
  • Merasa ingin melewati waktu makan
  • Berat badan mengalami penurunan

Nah, ketika Anda sakit atau mengalami tiga ciri di atas, banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan energi seperti protein bisa dijadikan alternatif sebagai pembangkit nutrisi.

Hal ini akan membantu orang yang sakit agar nutrisi dapat tetap terpenuhi sehingga mempercepat penyembuhan dan mencegah penurunan berat badan.

Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda juga bisa menerapkan tips berikut:

  • Makan sedikit tetapi sering. Makan berat dengan porsi kecil sebanyak tiga kali dan makan camilan sebanyak tiga kali pula.
  • Atur posisi duduk saat makan dengan benar.
  • Ambil waktu makan lebih lama dari biasanya.

Adapun contoh makanan yang kaya akan protein, seperti keju, madu, kacang, serta biji-bijian.

Beragam makanan pembangkit selera makan untuk orang sakit

Ketika sakit, Anda mungkin merasa tidak bisa menelan apa pun. Hal ini dipicu karena gejala yang dirasakan muncul seperti anosmia, muntah, atau diare.

Namun, tanpa disadari ketika asupan nutrisi yang masuk ke tubuh kurang, dehidrasi akan cepat menghampiri tubuh. Oleh karenanya, dehidrasi merupakan masalah yang paling sering ditemui pada orang yang sakit.

Dehidrasi ringan hingga parah memerlukan penangan medis dengan segera. Apabila Anda merasakan gejala dehidrasi seperti jarang kencing atau pusing, segera ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Hal ini karena dehidrasi yang tidak diobati dengan baik akan menyebabkan masalah pada bagian tubuh lainnya seperti ginjal, kandung kemih, hingga mengancam jiwa.

Oleh karenanya, berikut daftar makanan yang dapat mencegah dehidrasi sekaligus menjadi pembangkit selera makan bagi orang yang sakit.

1. Minuman

Jenis cairan apapun dianjurkan untuk diminum, baik minuman dengan suhu panas maupun suhu ruangan.

Dikutip dari NHS, sebaiknya seseorang minimal minum 6-8 gelas air putih setiap harinya.

Dengan konsumsi air yang cukup, risiko terkena dehidrasi dapat diminimalisir. Minuman-minuman itu meliputi, air putih, jus kelapa, atau jus buah.

2. Buah-buahan segar

Buah yang segar mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang diperlukan tubuh. Buah merupakan satu jenis makanan yang kaya akan nutrisi, hidrasi, dan sebagai pembangkit imun pada orang yang sakit.

Selain banyak manfaat yang didapat, rasa alami dari buah sering menjadi alternatif makanan bagi orang yang selera makannya sedang rendah. Buah yang dapat Anda konsumsi, seperti melon, berry, jeruk, dan anggur.

3. Jahe

Rempah ini terkenal karena manfaatnya yang dapat membantu meredakan mual, sakit tenggorokan, dan pilek.

Hal ini karena pada satu buah jahe terdapat kandungan yang berlimpah, seperti vitamin C, magnesium, dan kalium.

Anda bisa mengonsumsi jahe dengan cara direbus, dijadikan campuran teh, atau sebagai dimasak dengan bahan makanan lainnya.

4. Sup

royco sup krim

Makanan ini menjadi salah satu favorit banyak orang saat sedang sakit. Kehangatan yang diberikan dalam semangkuk sup mampu memulihkan energi yang hilang saat subuh tidak sedang fit.

Sup menjadi makanan pembangkit selera karena mudah dicerna, memberi hidrasi untuk tubuh, serta nutrisi yang cukup.

Tak perlu ribet menyiapkan berbagai macam bahan untuk membuat sup, kini hadir Royco Sup Krim yang nutrisinya tidak kalah dengan sup pada umumnya.

Rasanya yang nikmat menjadi faktor penambah nafsu makan Anda atau orang tersayang yang sedang sakit.

Royco Sup Krim mengandung kepiting asli dan garam beriodium. Ditambah dengan telur, akan menambah kenikmatan serta nutrisi sehingga cocok sebagai temanmu saat proses pemulihan.

Itu dia beragam makanan pembangkit selera makan saat sakit. Jadi, tidak pusing lagi kan memiliki makanan saat tubuh sedang drop?

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

HSE Live. Eating Well While Recovering From Covid-19. Retrieved 22 Februari 2022, from https://www2.hse.ie/conditions/covid19/symptoms/eating-well/ 

Medicover Hospitals. 2021. Loss of Appetite. Retrieved 22 Februari 2022, from https://www.medicoverhospitals.in/symptoms/loss-of-appetite 

Cleveland Clinic. 2021. The Best Food To Eat When You’re Sick. Retrieved 22 Februari 2022, from https://health.clevelandclinic.org/the-best-foods-to-eat-when-youre-sick/ 

NHS. 2021. Water, Drinks and Your Health. Retrieved 22 Februari 2022, from https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/water-drinks-nutrition/ 

Cleveland Clinic. 2021. The Surprising Benefit of Ginger. Retrieved 22 Februari 2022, from https://health.clevelandclinic.org/ginger-health-benefits/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fatin Nur Jauhara Diperbarui Mar 10
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto