4 Cara Agar Tak Tertipu Jus Jambu Palsu

    4 Cara Agar Tak Tertipu Jus Jambu Palsu

    Jus jambu kemasan banyak digemari karena bentuknya yang praktis dan dianggap mengandung vitamin yang tinggi. Tapi, tahukah Anda kalau tidak semua produk jus kemasan itu sehat dan berasal dari buah asli? Ternyata, ada banyak produk jus kemasan yang hanya menggunakan perasa buah saja. Lalu bagaimana tahu kalau jus jambu yang dipilih itu sehat dan aman dikonsumsi?

    Bagaimana cara memilih jus jambu yang asli di pasaran?

    Jangan terkecoh, saat ini banyak produk jus jambu kemasan yang sebenarnya bukan dibuat dari buah asli. Kebanyakan, produk jus kemasan tersebut menggunakan perisa saja dan tidak mengandung banyak vitamin.

    Lalu, bagaimana cara memilih jus jambu yang sehat?

    1. Baca nilai gizi pada kemasan jus jambu

    Jus jambu yang terbuat dari sari buah asli, pasti mengandung berbagai vitamin dan mineral yang tinggi. Jadi, saat akan membeli jus kemasan, periksalah nilai gizi pada kemasan. Jus jambu dari sari buah asli akan mengandung 90% vitamin C dan 105% vitamin A, hampir sama seperti kandungan buah jambu aslinya.

    2. Rasanya alami, bukan berasal dari perasa buatan

    Sebelum membeli jus kemasan, Anda sebaiknya baca juga komposisi dari produk tersebut. Jus kemasan yang hanya mengandalkan perisa buatan pada produknya, biasanya di dalam komposisi produk hanya sedikit persentase buah yang digunakan

    3. Jus jambu asli memiliki tekstur yang lebih kental

    Tentu, jus buah yang berasal dari buah asli akan berbeda dengan minuman rasa buah yang mengandalkan perasa buah buatan. Hal ini bisa dilihat dari tekstur minuman tersebut.

    Jus jambu yang berasal dari buah asli akan mengandung minimal 35% sari buah, sehingga membuat teksturnya lebih kental. Sementara, jus jambu yang menggunakan perasa buatan mempunyai tekstur yang lebih cair, karena hanya mengandung 10% sari buah di dalamnya.

    4. Pilih jus jambu dengan kemasan yang baik

    Sebagian besar orang memilih mengonsumsi jus kemasan karena produk tersebut lebih praktis dan simpel. Maka dari itu, tak hanya kandungan gizi serta komposisinya, tetapi Anda juga harus memerhatikan kemasan produk tersebut. Pilihlah produk jus dengan kemasan yang baik, tertutup rapat, dan tidak ada tanda-tanda kemasan bocor.

    Berapa banyak jus jambu kemasan yang sebaiknya dikonsumsi dalam satu hari?

    Banyak orang yang tak menyadari kalau kebutuhan vitaminnya tidak terpenuhi dengan baik. Karena itu, untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin, selain mengonsumsi buah dan sayur Anda juga bisa mengandalkan jus buah kemasan. Tetapi, memang harus dipastikan bahwa jus buah yang Anda pilih berasal dari buah asli, contohnya Buavita.

    Satu kemasan Buavita Guava (250 ml) mengandung 100% vitamin A dan 90% vitamin C dari kebutuhan sehari, yang bisa membantu memenuhi kebutuhan harian Anda – tapi kebutuhan harian setiap orang mungkin berbeda.

    Tak hanya vitamin A dan C, Buavita Guava juga memiliki vitamin B1. Karena berasal dari buah asli, tekstur yang dimiliki Buavita Guava tentu lebih kental daripada minuman rasa buah lainnya.

    Selain itu, Buavita tidak mengandung bahan pengawet. Konsumsi Buavita aman untuk semua kalangan, bahkan anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui. Buavita dapat bertahan lama karena menggunakan teknologi UHT dan kemasan karton yang menjaga kualitas jus Buavita.

    Jus buah dapat menjadi alternatif pemenuhan vitamin bagi orang-orang sibuk. Tapi tetap imbangi asupan jus buah siap saji Anda dengan olahraga teratur dan pola makan sehat.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Tania Savitri

    General Practitioner · Integrated Therapeutic


    Ditulis oleh Nimas Mita Etika M · Tanggal diperbarui 18/12/2020

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan