Kalori Bubur Kacang Hijau, Ketahui untuk Jaga Berat Badan

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Larastining Retno Wulandari · Tanggal diperbarui 5 hari lalu

Kalori Bubur Kacang Hijau, Ketahui untuk Jaga Berat Badan

Bubur kacang hijau merupakan asupan tinggi serat dan vitamin B. Asupan ini cocok dikonsumsi kapan saja, baik saat panas atau dingin. Bubur kacang hijau juga terkadang dicampur dengan bubur ketan hitam. Sebelum menyantapnya, ketahui dulu berapa kalori bubur kacang hijau.

Kalori bubur kacang hijau

Kalori bubur kacang hijau santan seberat 240 gram adalah 260 kkal, porsi ini sudah termasuk santan. Sementara itu, kalori bubur kacang hijau tanpa santan dengan berat yang sama adalah 196 kkal.

Kalori bubur dengan ketan hitam tentu lebih besar. Bila Anda menambahkan 3 sendok makan bubur ketan hitam, jumlah kalorinya sebesar 308,6 kkal.

Sementara itu, kalori segelas bubur seberat 206 gram adalah 223 kkal, tidak jauh berbeda dengan satu sajian dalam mangkuk.

Lantas, apakah bubur kacang hijau tinggi kalori? Bubur kacang hijau bisa termasuk makanan tinggi kalori.

Makanan dapat dikatakan tinggi kalori bila memiliki kalori 20% dari total kebutuhan kalori harian. Nah, kalori semangkuk bubur hampir mendekati jumlah tersebut, yaitu setara dengan 9 – 17% dari seluruh kalori harian.

Tahukah Anda?


Warna pada ketan hitam kaya akan antosianin. Ini merupakan pewarna khas tanaman yang bersifat antioksidan.

Apakah boleh makan bubur kacang hijau saat diet?

kalori bubur kacang hijau untuk diet

Anda boleh saja makan bubur kacang hijau saat diet, tetapi sebaiknya batasi porsinya. Semakin banyak jumlahnya, semakin tinggi kalori bubur kacang hijau.

Sebaiknya, konsumsi sebanyak semangkuk per hari sebagai sarapan atau camilan.

Bila Anda sudah mengonsumsinya sebagai camilan, Anda tidak dianjurkan mengonsumsi camilan lainnya dalam sehari.

Pasalnya, semangkuk bubur memiliki kalori sebanyak 196 – 308 kkal. Jumlah kalori ini sedikit melebihi anjuran asupan kalori camilan diet dalam sehari, yakni tidak lebih dari 300 kkal atau 150 kkal dalam seporsi.

Saat ingin menurunkan berat badan, konsep utama yang perlu diketahui adalah defisit kalori, yakni asupan kalori dari makanan lebih rendah daripada jumlah kalori yang dikeluarkan untuk berkativitas fisik.

Mengutip situs Mayo Clinic, asupan kalori sebaiknya dikurangi sebanyak 500 kkal per hari saat diet. Oleh karena itu, jumlah asupan kalori harian pria saat diet sebesar 2.150 kkal, sedangkan wanita sebesar 1.750 kkal.

Jadi, mengonsumsi bubur kacang hijau bisa menambah berat badan bila porsinya besar dan Anda tidak olahraga rutin.

Penyajian bubur kacang hijau yang sehat

Setelah mengetahui kalorinya, Anda juga perlu mengetahui cara konsumsi yang sehat.

1. Konsumsi sebagai sarapan

Sebaiknya, konsumsi bubur kacang hijau sebagai seporsi sarapan Anda. Mengonsumsi bubur kacang hijau saat sarapan bisa memberikan energi dengan cepat sekaligus membuat Anda kenyang lebih lama.

Bubur ini kaya akan karbohidrat yang akan digunakan sebagai sumber tenaga oleh tubuh. Jumlah karbohidrat semangkuk bubur kacang hijau biasa adalah 42,62 gram.

Bubur kacang hijau juga kaya serat yang bisa memenuhi lambung sehingga Anda tak mudah lapar.

2. Kurangi bahan tambahan

Bila sedang defisit kalori, sebaiknya kurangi pemakaian bahan tambahan pada bubur kacang hijau, seperti gula, santan, dan ketan hitam. Ketiganya merupakan makanan tinggi karbohidrat dan lemak.

Karbohidrat menyumbang kalori sebanyak 4 kkal per gram, sedangkan lemak mengandung 9 kkal per gram.

3. Tambah buah berwarna kuning

Kacang hijau juga kaya akan protein, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, dan vitamin B kompleks.

Agar lebih padat gizi, Anda bisa mengonsumsi buah berwarna kuning setelah makan bubur, seperti jeruk atau labu.

Buah berwarna kuning biasanya kaya akan vitamin A dan C sehingga Anda bisa melengkapi kebutuhan zat gizi dalam sekali makan.

Risiko mengonsumsi bubur kacang hijau berlebihan

Setelah mengetahui kalori bubur kacang hijau, Anda perlu membatasi asupannya agar tidak berlebihan. Makan bubur terlalu banyak berisiko menimbulkan dampak berikut ini.

  • Berat badan berlebih: asupan makanan terlalu banyak tanpa diimbangi olahraga menyebabkan surplus kalori dan berat badan naik.
  • Diabetes tipe 2: bubur merupakan sumber karbohidrat, lalu diubah menjadi gula. Bila terlalu banyak, kadar gula darah akan naik dan meningkatkan risiko diabetes.
  • Kolesterol tinggi: asupan karbohidrat lebih dari 60% bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat. Tingginya asupan karbohidrat bisa membuat liver memproduksi kolesterol.

Jika ingin menjaga atau menurunkan berat badan, Anda perlu mengetahui kalori kacang hijau dan aturan konsumsinya saat diet. Pastikan Anda menggunakan gula tambahan secukupnya.

Selain jaga kalori, jangan lupa tetap rutin olahraga agar kalori yang masuk dan keluar sesuai kebutuhan Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Larastining Retno Wulandari · Tanggal diperbarui 5 hari lalu

Iklan

Apakah artikel ini membantu?

Iklan
Iklan