Cuddling atau biasa juga disebut kelonan, merupakan sebuah hal yang sering dilakukan oleh pasangan dengan posisi saling memeluk, mencium, atau membelai lembut satu sama lain. Posisi kelonan ini biasanya dilakukan saat satu pasangan menyamping dan pasangan lainnya ikut memeluk dari belakang.

Tapi, sebetulnya adakah manfaat dari melakukan cuddling ini? Jelas ada, dan sangat bermanfaat untuk kedua pasangan. Baiknya, simak beberapa manfaat kelonan yang bisa Anda dapatkan pada penjelasan di bawah ini.

Manfaat kelonan yang bisa Anda dapatkan

Kelonan banyak disukai karena memang posisi ini dapat membuat kedua pasangan merasa rileks dan semakin intim. Para pasangan, juga merasakan kedekatan ketika tubuh mereka saling menyentuh dan ketika dilanjutkan dengan hubungan seks pun, hal ini akan menjadi sangat mengesankan.

Berikut ini merupakan manfaat yang bisa Anda dapat dari cuddling atau kelonan:

1. Anda akan merasa lebih baik

Salah satu manfaat kelonan yaitu dapat melepaskan hormon oksitosin di dalam tubuh. Seperti yang diketahui, hormon oksitosin ini dikenal sebagai hormon yang bisa membuat perasaan Anda jadi lebih baik. Hormon oksitosin juga bisa meningkatkan kebahagiaan hidup Anda secara keseluruhan.

Dengan gerakan cuddling yang termasuk memeluk dengan penuh rasa cinta, tubuh akan melepaskan zat kimia seperti zat endorfin. Zat ini sama efeknya ketika Anda berolahraga atau makan coklat, yaitu mendapatkan kenikmatan untuk diri sendiri secara emosional.

2. Mengurangi risiko stress dan tekanan darah tinggi

Catherine A. Connors, seorang terapis masalah stress mengatakan kalau kontak fisik pada orang lain seperti kelonan, dapat membantu mengurangi gejala stress. Kontak fisik seperti mencium, memeluk, mengelus lembut pasangan akan meningkatkan kadar oksitosin tubuh. Ketika kadar oksitosin tubuh meningkat keluar, reaksi kimia tubuh ini dapat membantu mengurangi tekanan darah, yang efeknya bisa mencegah risiko penyakit jantung. Dan yang paling penting, tubuh jadi tidak gampang stress dan cemas berlebihan.

3.  Keintiman dengan pasangan jadi meningkat

Telah banyak diketahui efeknya, kalau oksitosin dikenal sebagai hormon yang akan meningkatkan rasa intim dan keterikatan pada seseorang. Dengan kelonan, rasa keterikatan yang muncul sama halnya dengan efek menyusui ibu dan bayi.

Sebuah studi baru-baru ini menyatakan bahwa oksitosin memiliki peran biologis dalam ikatan antara ibu dan bayi. Studi dari Baylor College of Medicine tersebut juga mengatakan bahwa kelonan dapat memunculkan zona nyaman antara Anda dan pasangan. Dengan begitu, Anda bisa menemukan keseimbangan antara zona kenyamanan dan rasa saling mengikat yang muncul dengan pasangan saat memadu kasih.

4. Sebagai cara berkomunikasi lewat sentuhan

David Klow, seorang terapis pernikahan di Chicago, mengingatkan akan satu manfaat besar dari kelonan ini. Sebagian besar klien dari David Klow mengeluh akan masalah komunikasi dalam perkawinan mereka. Kebanyakan orang ingin dimengerti dan sayangnya hanya komunikasilah yang bisa menyampaikannya.

Bagi orang yang susah menyampaikan dengan lisan pasti akan sangat sulit, maka dari itu komunikasi lewat gestur atau sentuhan saat kelonan bisa menjadi cara ampuh untuk menyatakan pada pasangannya. Kelonan pun didapuk dapat menjadi perantara keinginan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata pada pasangan.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca