Ternyata, Wanita Perokok Tidak Dianjurkan Minum Pil KB. Kenapa, Ya?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Banyak wanita yang mengandalkan pil KB untuk menunda kehamilannya. Pil KB bekerja mencegah ovulasi sehingga tidak ada sel telur yang diproduksi. Meskipun ampuh, tetapi, tetap ada efek minum pil KB yang harus diwaspadai. Apalagi bagi wanita perokok, pil KB biasanya tidak dianjurkan. Kenapa, ya?

Apa saja efek minum pil KB?

Efek minum pil KB yang paling umum adalah mual, sakit kepala, nyeri payudara, peningkatan berat badan, periode menstruasi yang tidak teratur, dan perubahan mood. Efek samping ini biasanya akan mereda setelah digunakan selama beberapa bulan ketika tubuh mulai beradaptasi.

Pada beberapa kasus, efek minum pil KB dapat meningkatkan tekanan darah, terjadinya pembekuan darah, serangan jantung, dan stroke. Maka itu, penggunaan pil KB tidak boleh sembarangan karena efek samping ini bisa terjadi pada siapa saja, terutama pada wanita perokok.

Kenapa wanita perokok tidak dianjurkan minum pil KB?

Pada umumnya, wanita perokok tidak dianjurkan untuk menggunakan alat kontrasepsi berbentuk pil KB ini. Apalagi, bagi wanita perokok yang berusia 35 tahun ke atas dan memiliki kebiasaan merokok yang termasuk perokok berat (15 batang atau lebih dalam sehari). Pasalnya, efek samping dari pil KB bisa lebih serius pada wanita perokok.

Maka itu, wanita perokok tidak dianjurkan menggunakan kontrasepsi oral atau pil KB. Wanita perokok yang menggunakan pil KB sangat berisiko mengalami komplikasi serius pada sistem kardiovaskularnya, seperti:

  • Terjadinya pembekuan darah
  • Serangan jantung
  • Stroke

Pada dasarnya, kebiasaan merokok saja sudah dapat memberikan efek yang sangat buruk bagi tubuh. Rokok masih menjadi penyebab utama dari penyakit jantung dan stroke. Peluang terjadinya stroke pada wanita yang merokok meningkat hingga 25 persen.

Kebiasaan tersebut saja sudah mengancam nyawa dan bisa diperburuk dengan minum pil KB. Pasalnya, kedua hal ini memengaruhi kondisi hormonal wanita yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

Maka itu, sebaiknya tinggalkan kebiasaan merokok dari sekarang dan mulai hidup yang sehat supaya tidak berisiko kena penyakit jantung.

Selain wanita perokok, siapa saja yang tidak dianjurkan minum pil KB?

Efek minum pil KB akan kurang baik pada beberapa kelompok wanita yaitu:

  • Wanita yang sedang hamil
  • Wanita yang obesitas
  • Beberapa wanita yang sedang minum obat tertentu
  • Wanita yang mengalami trombosis, gangguan jantung, stroke, kanker payudara, penyakit hati dan kantong empedu
  • Wanita yang menderita diabetes setidaknya 20 tahun atau diabetesnya ini sudah diiringi dengan komplikasi.

Jika Anda mengalami kondisi tersebut, sebaiknya konsultasikan pada dokter, jenis kontrasepsi apa yang cocok bagi Anda.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca