Benarkah Tes Kehamilan Lebih Akurat Jika Dilakukan di Pagi Hari?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Bagi Anda yang sedang menunggu momongan, mungkin Anda dan pasangan jadi lebih sering mengecek tanda-tanda kehamilan. Nah, salah satu tanda kehamilan bisa dicek dengan cara melakukan tes kehamilan. Katanya, sih, tes kehamilan lebih baik jika dilakukan di pagi hari. Sebenarnya, kapan sebaiknya tes kehamilan dilakukan? Kapan waktu tes kehamilan yang bisa menunjukkan hasil akurat? Apakah pagi, siang, atau malam hari?

Kapan bisa mulai melakukan tes kehamilan?

Saat seorang wanita hamil, biasanya tubuh akan memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (HCG). Hormon inilah yang dites dan diperiksa kadarnya ketika Anda melakukan tes kehamilan.

Waktu terbaik untuk melakukan tes kehamilan yakni menunggu sampai periode menstruasi selanjutnya datang. Jika sudah masuk jadwal haid, tapi Anda tak kunjung mengalami menstruasi, maka segera lakukan tes kehamilan untuk mengetahui hasilnya.

Namun jika tidak ingin menunggu, Anda dianjurkan untuk melakukan tes kehamilan setelah 1-2 minggu berhubungan seks. Pasalnya, bila Anda hamil maka tubuh membutuhkan waktu untuk meningkatkan kadar HCG, yang biasanya memakan waktu selama 7 hingga 12 hari setelah sel telur berhasil dibuahi oleh sperma.

Penting untuk mengetahui waktu tes kehamilan yang tepat, sebab jika tes dilakukan terlalu awal maka kemungkinan hasilnya tidak akurat akan lebih besar.

Apakah waktu tes kehamilan memang lebih akurat dilakukan pada pagi hari?

Setelah Anda mengetahui kapan saat yang tepat untuk melakukan tes kehamilan, sekarang saatnya mengetahui waktu tes kehamilan yang baik agar mendapatkan hasil yang akurat, apakah harus dilakukan pada pagi, siang, atau malam hari.

Banyak yang menganjurkan tes kehamilan sebaiknya dilakukan pada pagi hari, dengan alasan bahwa urin di pagi hari mengandung konsentrasi hormon HCG yang tinggi. Hal ini memang benar, karena pada dasarnya selama tidur semalaman maka hormon HCG akan meningkat dan mengumpul dalam urin pada kandung kemih.

Semakin banyak kadar HCG yang ada dalam urin, maka semakin besar pula kemungkinan Anda untuk mendapatkan hasil positif bila Anda benar-benar hamil.

Lalu, bagaimana bila tes kehamilan dilakukan selain di pagi hari?

Bukan berarti Anda tidak bisa melakukan tes kehamilan selain di pagi hari. Memang, pada pagi hari setelah bangun tidur biasanya Anda belum minum apapun dan tidak buang air kecil selama beberapa jam sehingga konsentrasi urin akan menjadi lebih tinggi.

Akan tetapi sebenarnya, Anda masih memiliki kesempatan untuk melakukannya di lain waktu, misalnya siang, sore, atau malam. Pasalnya, kadar hormon HCG dalam tubuh akan selalu tinggi selama kehamilan, ini memungkinkan Anda untuk melakukan tes kehamilan kapan saja.

Bagaimana jika tidak bisa melakukan tes kehamilan di pagi hari?

Beberapa wanita mengalami kesulitan saat melakukan tes kehamilan di pagi hari,mungkin karena urin tidak keluar saat baru bangun tidur, atau karena Anda terlalu disibukan dengan kegiatan pagi lainnya sehingga tidak sempat melakukan tes kehamilan.

Jika ini terjadi, dikutip dari laman Very Well Family, Anda bisa membuat ulang urin seperti pada pagi hari dengan cara tidak buang air kecil setidaknya selama empat jam dan sebaiknya tidak minum dalam jumlah yang terlalu banyak.

Tetapi ingat, minum dalam jumlah sedikit sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering karena dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: April 26, 2018 | Terakhir Diedit: April 22, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca