home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tantangan Olahraga 30 Hari, Apa Pasti Bikin Tubuh Jadi Ideal?

Tantangan Olahraga 30 Hari, Apa Pasti Bikin Tubuh Jadi Ideal?

Saat ini tantangan olahraga 30 hari sedang digandrungi. Kebanyakan dari mereka menginginkan bentuk tubuh ideal serta berat badan yang normal. Sebenarnya, apa saja yang harus dilakukan saat melakukan tantangan olahraga 30 hari ini? Apakah benar-benar efektif membuat tubuh jadi bugar dan bentuk badan ideal?

Apa itu tantangan olahraga 30 hari?

Tantangan olahraga 30 hari adalah tantangan yang dilakukan untuk mencapai satu target tertentu. Tantangan ini dilakukan secara konsisten selama 30 hari kedepan, diulang-ulang, dan terus menerus hingga kemampuan tertentu yang Anda inginkan bisa terwujud dan menjadi kebiasaan.

Contohnya, gerakan plank yang bisa Anda jadikan tantangan selama 30 hari. Di mulai pada hari pertama mungkin tantangan yang dilakukan melakukan selama plank 10 detik saja. Selanjutnya di hari-hari berikutnya plank dilakukan dengan durasi yang semakin lama. Hingga akhirnya di hari ke-30 Anda bisa melakukan plank dengan durasi yang paling lama hingga 3 menit.

Pada intinya, tantangan ini dilakukan untuk membuat perubahan yang lebih baik, dari yang tidak bisa jadi bisa. Dari yang bisa hanya sedikit jadi lebih banyak.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda jadikan tantangan dalam melakukan tantangan olahraga 30 hari. Yang paling sering adalah tantangan untuk aktif berolahraga atau tantangan bisa menguasai salah satu gerakan. Contohnya seperti:

  • Tantangan yoga 30 hari
  • Tantangan pilates 30 hari dengan pilates
  • Tantangan squat 30 hari
  • Tantangan plank 30 hari

Kenapa harus 30 hari?

kardio tanpa alat

Dilansir dalam laman Verywell Mind, beberapa penelitian telah dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana sebenarnya seseorang itu bisa berubah dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengubahnya.

Sebuah studi akhirnya menemukan bahwa kebiasaan baru membutuhkan waktu selama 2 minggu hingga 2 bulan agar bisa terpatri dalam otak. Artinya, jika sebuah tantangan baru Anda masukan ke dalam hidup Anda selama waktu tersebut dan dilakukan secara teratur, Anda bisa terbiasa dengan tantangan tersebut dan tidak terasa berat untuk melakukannya lagi dan lagi.

Maka itu, tantangan ini dilakukan untuk selama kurang lebih durasi 30 hari. Daripada harus berubah secara drastis, melakukan tantangan selama 30 hari perlahan-lahan justru membuat perubahan yang dilakukan semakin pasti.

Apa tantangan ini pasti berhasil dan akan bermanfaat?

menurunkan berat badan

Berhasil atau tidaknya tantangan ini tergantung dari niat saat melakukan tantangan ini. Semua keberhasilan kembali pada keyakinan diri masing-masing orang.

Jika dilakukan dengan rutin, tantangan ini bisa berhasil memberikan perubahan. Gerakan yang dilakukan dengan benar selama 30 hari, akan memaksimalkan kemampuan otot untuk beradaptasi dan berubah. Alhasil, latihan terus menerus ini akan menghasilkan perubahan, misalnya jadi lebih banyak otot, lebih sedikit lemak, kaki lebih kuat, dan lain-lain.

Manfaat pertama dari tantangan 30 hari ini adalah ini bisa jadi dorongan paling besar untuk memulai suatu perubahan. Tantangan ini memberikan Anda kesempatan agar bisa melawan rasa inersia (kecenderungan untuk sulit berubah) Anda dengan melakukan hal dari yang paling mudah dan diulang-ulang.

Tantangan konsisten yang dilakukan ini juga kan memudahkan Anda untuk mengukur perubahan yang telah terjadi. Ini bisa jadi motivasi untuk terus melanjutkan kebiasaan baru dalam jangka panjang.

Jika Anda melakukan tantangan olahraga 30 hari ini bersama teman, juga akan memberikan lebih banyak manfaat. Sebab, Anda akan memiliki teman yang bertujuan sama dalam 30 hari. Situasi ini akan membuat Anda lebih bersemangat untuk terus bergerak agar tidak tertinggal dan bisa mencapai tujuan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Scott Elizabeth. 2018. 30 Day Challenges: Do They Work?. [Online] Tersedia pada: https://www.verywellmind.com/do-thirty-day-challenges-work-4164524 (Diakses 28 Juni 2018)

Fitday. Tanpa tahun. The 3 Best 30 Day Challenges. [Online] Tersedia pada: https://www.fitday.com/fitness-articles/fitness/the-3-best-30-day-challenges.html (Diakses 28 Juni 2018)


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Tanggal diperbarui 18/07/2018
x