Hal-hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Pergi Berobat ke PenangIni adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto

Ada beberapa tips yang perlu diketahui sebelum Anda berobat ke Penang. Bagi pasien yang sudah beberapa kali pergi, mungkin bukan masalah besar lagi. Tapi bagi sebagian orang yang baru pertama kali berangkat, ada banyak hal yang perlu dicatat dalam mempersiapkan perjalanan berobat ke Penang.

Tips persiapan berobat ke Penang

Selain akomodasi, ada beragam hal yang perlu dilengkapi sehingga kunjungan medis Anda berjalan dengan lancar. Ada beberapa tips yang perlu diketahui saat Anda berencana berobat ke Penang. Untuk mempermudah Anda dalam melakukan persiapan, berikut hal-hal penting yang wajib disiapkan sebelum berobat ke rumah sakit di Penang:

1. Hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan

Tips berobat ke Penang yang pertama adalah jangan lupa membawa hasil rekam jejak kesehatan Anda. Hasil tes lab, foto rontgen, CT Scan, MRI, dan hasil pemeriksaan lainnya yang sudah pernah dilakukan sebaiknya dibawa saat berobat ke Penang agar tidak perlu mengulang lagi pemeriksaan yang sama. Hanya jika dokter spesialis di sana ragu dengan hasil yang ada, barulah mereka minta pemeriksaannya diulang kembali.

2. Paspor

Paspor adalah dokumen yang wajib dibawa jika berpergian ke luar negeri. Tips saat berobat ke Penang adalah dengan menyiapkan paspor. Baik dewasa maupun bayi, wajib memiliki paspor masing-masing. 

Pastikan masa berlaku paspor Anda lebih dari 6 bulan. Jika sudah kurang dari 6 bulan, lebih baik perpanjang paspor terlebih dahulu. Jangan memaksakan untuk berangkat apabila paspor Anda segera habis masa berlakunya. Pasalnya, pihak imigrasi tidak akan memperbolehkan Anda terbang.

Dalam beberapa kondisi, ada pasien yang harus dirawat lebih dari 30 hari. Pada kondisi seperti ini, pastikan Anda minta bantuan pihak rumah sakit untuk meminta izin tinggal khusus. Karena aturan dalam 1 kali kunjungan, Anda diperbolehkan tinggal maksimal 30 hari. Dengan demikian, saat pulang ke Indonesia, Anda tidak mengalami kesulitan pada bagian imigrasi.

3. Uang

Berapa banyak uang yang perlu dipersiapkan untuk berobat di Penang? Jawabannya tergantung keluhan yang dirasakan pasien. Kabar baiknya, pasien atau keluarga bisa meminta perkiraan biaya berobat ke kantor perwakilan rumah sakit Penang yang ada di Indonesia. Jadi sebelum berangkat, Anda sudah punya persiapan matang. Ya, ini jadi salah satu tips wajib sebelum Anda pergi berobat ke Penang.

Tapi bagaimana jika ternyata perkiraan biaya berobatnya cukup besar? Misalnya di atas MYR 30,000 (sekitar IDR 100,000,000). Sebagian orang masih nyaman bawa uang tunai walaupun jumlahnya cukup besar. Namun, cara yang lebih aman yaitu dengan menggunakan layanan transfer dana dari Indonesia ke Malaysia lewat bank remittance. Trik ini secara aman bisa dilakukan, sehingga Anda tidak perlu was-was selama perjalanan.

4. Pendamping

Siapa yang akan mendampingi selama berobat? Tips selanjutnya yang perlu diketahui saat berobat ke Penang adalah memilih pendamping yang tepat. Hal ini perlu didiskusikan dengan matang mengingat pentingnya peran pendamping. Pendamping bisa saudara, anak, orang tua, atau bahkan teman. 

Hal terpenting adalah pendamping haruslah orang yang paham betul tentang kondisi pasien. Agar ia bisa membantu menjelaskan kondisi pasien ke dokter spesialis di Penang. 

Pendamping juga harus sehat selama mendampingi dalam perjalanan berobat. Misalnya, jika pasien adalah lansia, pastikan pendamping cukup muda, sigap, dan kuat.

Selain keempat hal yang perlu dipersiapkan tersebut, Anda harus sudah mengetahui dokter spesialis yang akan dijumpai. Jadwalkan janji temu dengan dokter yang Anda inginkan, sebelum membeli tiket pesawat dan memesan hotel. Pasalnya, ada beberapa dokter di Penang yang hanya dapat dijumpai malalui appointment.

Baca Juga:

Sumber