Tak Perlu Waktu Lama, Coba Bermeditasi 5 Menit Saja untuk Usir Stres

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 26/11/2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Anda sedang suntuk berat karena dirundung stres berkepanjangan akhir-akhir ini? Entah karena tumpukan pekerjaan di kantor atau bertengkar dengan pasangan, akhirnya Anda malah jadi tidak fokus beraktivitas. Jika cuti berlibur tidak memungkinkan untuk saat ini, Anda tetap bisa kok mengusir stres dengan cara yang lebih cepat dan murah meriah. Yuk, jajal teknik meditasi yang satu ini! Cuma butuh waktu 5 menit, kok.

Teknik meditasi paling mudah dan efektif

Selain bermanfaat untuk menghilangkan stres, meditasi juga bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengembalikan fokus Anda. Tenang. Bermeditasi tidak perlu serumit yang Anda lihat di film-film layar kaca.

Berikut caranya yang paling mudah.

1. Cari posisi ternyaman

cara meditasi untuk meningkatkan fokus

Tidak perlu sampai mendaki ke puncak pegunungan nun jauh di mata untuk mulai bermeditasi. Cukup cari tempat di sekitar Anda yang nyaman, sepi, dan minim gangguan.

Setelah itu, carilah posisi yang paling enak untuk Anda bersantai. Boleh duduk menyender dengan kaki selonjoran atau duduk bersila dengan letakkan tangan kiri dan kanan di atas lutut. Atau cari posisi lainnya yang membuat Anda nyaman dan santai.

Pastikan juga pakaian yang Anda gunakan saat ini terasa nyaman dan longgar, ya. Pakaian yang sempit atau posisi duduk yang tidak nyaman bisa mengganggu kelancaran meditasi Anda. Yang ada, suasana hati Anda malah jadi kacau.

Kalau takut kebablasan bersantai, pasang alarm selama 5 menit. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk rileks sejenak dari rutinitas.

2. Rilekskan tubuh

duduk nyaman saat ambeien

Tutup kedua mata dan kendurkan bahu Anda supaya lebih rileks. Ambil napas dalam lewat hidung, lalu embuskan pelan-pelan.

Coba bayangkan di kepala Anda. Saat Anda menarik napas, rasakan semua energi positif masuk ke dalam tubuh lewat sela-sela jari Anda. Sementara ketika menghela napas, bayangkan semua stres yang menumpuk dalam pikiran Anda ikut terbuang.

Anda bisa memutar musik atau menggunakan aromaterapi untuk membantu menenangkan pikiran. Namun kalau Anda justru susah fokus dengan adanya musik atau wewangian, tidak masalah bila Anda tak ingin menggunakannya.

3. Buang semua pikiran negatif

istirahat santai

Sembari mengatur napas, buang jauh-jauh semua pikiran negatif di kepala Anda. Bayangkan saat Anda dimarahi bos di kantor, bertengkar dengan pasangan, atau kejadian lainnya yang membuat Anda suntuk. Setelah itu, segera lupakan semua masalah tersebut dan ambil sisi positifnya.

Ketika Anda berusaha membersihkan pikiran, alam bawah sadar sedang membantu Anda melepaskan semua energi negatif yang bersarang di kepala. Semakin besar penerimaan Anda, maka semakin mudah pula Anda menjernihkan pikiran dari kepenatan.

4. Fokus pada tujuan

tips semangat bekerja saat puasa

Setelah berhasil menenangkan pikiran selama 5 menit, buka mata Anda dan rasakan perbedaannya. Anda dijamin akan lebih fokus dan santai menjalani aktivitas. Bahkan kalau pikiran kembali penat esok hari, Anda akan lebih mampu mengendalikannya dengan tenang.

Supaya hasilnya lebih maksimal, ulangi teknik meditasi ini sesering mungkin dan tambah waktunya. Misalnya bila Anda sudah berhasil melakukan teknik meditasi selama 5 menit, coba perpanjang durasinya menjadi 10 atau 20 menit.

Teknik meditasi yang dilakukan secara rutin tak hanya sekadar membantu Anda jauh lebih rileks dan tenang, tapi juga membuat Anda semakin kebal terhadap stres. Bahkan, Anda mungkin akan tertarik untuk mencoba berbagai jenis meditasi lainnya yang lebih bermanfaat, seperti dilansir dari Psychology Today.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hati-hati Penggunaan Obat Kortikosteroid Berlebihan

Sering disebut "obat dewa" karena bisa menyembuhan alergi, gatal-gatal, hingga flu, obat kortikosteroid juga bisa berbahaya jika dipakai berlebihan.

Ditulis oleh: dr. Angga Maulana
Hidup Sehat, Tips Sehat 28/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Minum Madu Setelah Minum Obat, Boleh atau Tidak?

Minum obat terus minum madu? Boleh atau tidak? Baiknya Anda simak penjelasan di sini mengenai bahaya dan anjuran saat minum madu.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat, Fakta Unik 27/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Penyebab Demam Naik Turun Pada Bayi (dan Cara Mengatasinya)

Semua orangtua mungkin panik dan takut menghadapi bayi demam naik turun. Sebenarnya apa yang menyebabkan bayi demam naik turun? Bagaimana mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Anak, Parenting 21/07/2020 . Waktu baca 3 menit

5 Jenis Makanan yang Bikin Kita Sering Kentut

Bila dalam satu hari rasa ingin buang angin datang terlalu sering, lama-lama Anda tentu kewalahan. Apa saja makanan pemicu sering kentut?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

nutrisi untuk mencegah covid

Penuhi Nutrisi Ini untuk Mencegah Penularan Coronavirus saat New Normal

Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 9 menit
Konten Bersponsor

8 Tips Lari di Luar Ruangan saat Masa New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/07/2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
persiapan saat new normal

8 Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Keluar Rumah di Masa New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 29/07/2020 . Waktu baca 6 menit
Konten Bersponsor
lindungi diri di adaptasi kebiasaan baru

9 Cara Lindungi Diri Jalankan Hobi di Luar Ruang saat Adaptasi Kebiasaan Baru

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/07/2020 . Waktu baca 5 menit