5 Trik Sederhana Supaya Bisa Tidur Nyenyak di Pesawat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 13/11/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda tipe orang yang gampang tidur di pesawat? Kalau iya, tentu Anda beruntung. Masalahnya, banyak orang justru susah sekali untuk tidur dalam perjalanan udara. Ini bisa karena pencahayaan di pesawat terlalu terang, suara di sekitar terlalu berisik, suhu udara yang terlalu dingin, dan berbagai alasan lainnya.

Padahal, tidur di pesawat sangat bermanfaat untuk mengembalikan energi yang hilang, terutama dalam penerbangan panjang. Selain itu, tidur sejenak juga bisa membantu mencegah jet lag. Lalu bagaimana caranya agar bisa tidur nyenyak di pesawat? Simak tips-tips berikut ini.

1. Perhatikan pilihan tempat duduk

Pilihan tempat duduk ternyata juga bisa memengaruhi kualitas tidur Anda di pesawat. Karena itu, Anda perlu menentukan apakah Anda tidur di sisi kiri atau sisi kanan tempat tidur Anda di rumah. Jika Anda tidur di sisi kanan, Anda harus memilih tempat duduk yang berada di sisi kanan pesawat. Sedangkan jika Anda tidur di sisi kiri, Anda harus memilih tempat duduk yang berada di sisi kiri pesawat.

Selain itu, Anda bisa memilih tempat duduk di dekat jendela. Secara umum, tempat duduk di jendela sangat ideal karena Anda akan memiliki lebih banyak ruang untuk tidur.

2. Hindari alkohol dan kafein sebelum penerbangan

Alkohol dan makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh atau soda, dapat membuat Anda terjaga selama penerbangan dan membuat Anda lebih sulit untuk beristirahat. Karena itu, Anda perlu menahan diri untuk tidak minum alkohol atau kopi sebelum atau saat penerbangan. Sebagai gantinya, Anda bisa minum air hangat, teh herbal, atau susu hangat sebelum atau saat di pesawat.

3. Ngemil sebelum penerbangan

Untuk mengisi perut tanpa risiko gangguan pencernaan atau dehidrasi, Anda bisa mengonsumsi makanan atau minuman ringan seperti yogurt, jus, smoothie, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

Selain itu, Anda harus selalu minum banyak air sebelum dan selama penerbangan agar cairan dalam tubuh Anda senantiasa seimbang. Makan atau minum sebelum penerbangan juga bisa mencegah rasa lapar di tengah penerbangan, yang bisa mengganggu tidur Anda.

4. Hindari melihat layar terang dari handphone atau tablet

Untuk memudahkan tidur di pesawat, Anda perlu menghindari melihat layar terang seperti handphone, tablet, laptop, atau layar televisi Anda. Cahaya terang dari laptop atau layar televisi bisa menyulitkan otak Anda untuk tidur.

5. Bawa perlengkapan yang Anda perlukan

Anda perlu mencari tahu penyebab Anda sulit tidur di pesawat. Beberapa orang sulit tidur karena posisi leher yang kurang nyaman, telinga berdenging, kedinginan, atau hal lainnya.

Karena itu, Anda bisa mempersiapkan perlengkapan yang bisa mengurangi ketidaknyamanan tersebut. Misalnya dengan membawa bantal leher, penutup mata untuk tidur, penyumbat telinga, dan kaos kaki yang hangat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Ini bisa sangat mengganggu Anda jika sering terjadi. Temukan cara mengatasi mimpi buruk di sini.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Banyak mitos membuat infeksi cacing menjadi hal sepele. Cek fakta seputar cacingan yang berbahaya jika dibiarkan, seperti menghambat pertumbuhan anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
anak disunat

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit
gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit