Ketiak Gatal Mengganggu? Jangan Digaruk, Ini 5 Cara Mengatasinya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Gatal di bagian kulit mana pun pasti membuat Anda jengkel. Apalagi di sekitar ketiak. Pastinya membuat Anda super tidak nyaman karena tidak bisa menggaruknya di sembarang tempat. Lalu bagaimana cara mengatasi ketiak gatal mengganggu ini? Jangan khawatir, coba temukan beragam cara mengatasinya pada ulasan berikut ini.

Tips ampuh mengatasi ketiak gatal mengganggu

Supaya Anda terbebas dari rasa gatal mengganggu di ketiak ini, Anda harus lebih dulu memastikan apa penyebabnya. Mulai dari rambut ketiak yang habis dicukur, produk antiperspirant atau deodoran yang tidak cocok, hingga masalah kesehatan seperti infeksi bakteri atau jamur dan eksim. Nah, beberapa cara untuk mengatasi ketiak gatal yang bisa Anda coba, meliputi:

1. Redakan gatal segera dengan cara ini

Sebagai ‘pertolongan pertama’ dari rasa gatal yang sangat mengganggu ini, Anda bisa melakukan hal berikut ini:

  • Tempelkan es batu yang diselimuti kain atau handuk kecil pada ketiak. Sensasi dingin dari es batu dapat mengurangi rasa gatal.
  • Mandi air hangat dengan campuran oatmeal koloid selama 15 hingga 20 menit.
  • Pakai salep gatal yang diresepkan dokter jika ada, seperti salep hidrokortison, lotion calamine, atau salep antijamur,

2. Pilih bahan pakaian yang tepat dan bersih

Bahan pakaian yang tidak tepat sering kali membuat kulit Anda gatal, termasuk pada ketiak. Ini biasanya sering terjadi pada orang dengan eksim atau jamur kulit.

Ketika terjadi gesekan antara kulit dengan pakaian, sensasi gatal akan muncul. Apalagi jika pakaian yang Anda gunakan tidak dicuci dan disimpan di tempat yang bersih atau dipakai seharian penuh dengan keringat. Risiko kulit gatal dan gejala lainnya pasti akan muncul kembali.

Jadi, untuk mengatasi ketiak gatal ini Anda perlu mencuci dan menyimpan pakaian dengan benar. Selalu siapkan baju cadangan untuk mengganti pakaian yang penuh dengan keringat dengan pakaian yang bersih. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat supaya kulit tidak iritasi.

3. Cari deodoran atau antiperspirant yang cocok

Ketiak merah dan gatal merupakan tanda bahwa produk deodoran atau antiperspirant yang Anda gunakan tidak cocok. Segera hentikan penggunaan obat dan minum antihistamin untuk meredakan gejala alergi.

Bisa juga terjadi karena reaksi antara bahan kimia dari produk dengan kulit ketiak yang kering. John F. Romano, seorang dokter kulit dari Manhattan menyarankan untuk menghentikan penggunaan produk selama 2 atau 3 hari. Untuk sementara, oleskan krim hydrocortisone 0,5% sebanyak 2 kali sehari. Jika iritasi tidak membaik, segera konsultasi ke dokter.

Supaya tidak lagi bermasalah dengan produk untuk ketiak, Anda tidak boleh memilihnya secara asal. Cari produk yang bebas pewangi dan berlabel hypoallergenic. Jika masih juga alergi, Anda harus beralih menggunakan sabun  untuk menjaga kebersihan ketiak.

4. Jangan digaruk

Pantangan keras untuk menggaruk ketiak gatal. Alih-alih membuat Anda lega, gesekan kuku dengan kulit malah akan membuat rasa gatal semakin parah. Jika digaruk tanpa henti, ketiak bisa lecet dan menimbulkan rasa perih. Daripada digaruk, lebih baik menepuk-nepuk pelan area ketiak yang gatal.

5. Konsultasikan pada dokter

Jika cara mengatasi ketiak gatal di atas sudah dilakukan namun tidak cukup ampuh, segera konsultasi ke dokter. Dokter mungkin akan menaikkan dosis atau memberikan obat alternatif lainnya untuk mengatasi gatal.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca