Cegah Dehidrasi Dengan 5 Cara Ini di Tengah Aktivitas Padat dan Cuaca Panas

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 09/07/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Di tengah aktivitas padat, tidak hanya energi yang terkuras. Cairan dalam tubuh juga akan berkurang. Apalagi jika aktivitas dilakukan saat cuaca panas. Anda akan semakin rentan dehidrasi. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mencegah dehidrasi di tengah aktivitas padat dan cuaca panas dengan cara berikut ini.

Cara mencegah dehidrasi saat cuaca panas dan aktivitas padat

Cairan tubuh memainkan peran penting bagi tubuh Anda. Mulai dari membantu kinerja jutaan sel dan organ di dalam tubuh, hingga mengendalikan suhu tubuh tetap normal. Ya, semakin padat aktivitas yang Anda lakukan, kinerja organ tubuh akan semakin meningkat. 

Apalagi jika aktivitas tersebut Anda lakukan di bawah terik matahari. Itu artinya, cairan tubuh akan berkurang dalam jumlah banyak. Supaya Anda keseimbangan cairan tubuh tetap terjaga, Anda perlu mengganti cairan tersebut. Bila tidak, dehidrasi (kekurangan cairan) bisa terjadi.

Dehidrasi membuat Anda merasa sangat haus. Mulut Anda akan terasa kering, konsentrasi bisa terganggu, dan tubuh jadi lemas. Tentunya, hal ini bisa mengganggu aktivitas, bukan? Agar pekerjaan Anda dapat berjalan lancar, Anda perlu mencegah dehidrasi di tengah aktivitas padat saat cuaca panas. Ikuti beberapa caranya di bawah ini.

1. Perbanyak minum air putih

air putih mencegah penyakit jantung

Kunci untuk mencegah dehidrasi adalah perbanyak minum air. Nah, pilihan air yang sangat bagus ketika Anda beraktivitas di bawah terik matahari, yakni air putih. Suhunya tidak boleh terlalu panas atau terlalu dingin.

Minum air panas bisa memicu keringat yang dikeluarkan tubuh semakin banyak. Sementara minum air dingin, yang dianggap sebagian besar orang adalah minuman menyegarkan saat cuaca panas, ternyata bukan pilihan yang tepat.

Saat beraktivitas, suhu tubuh akan naik. Jika Anda minum air yang dingin, tubuh akan memaksa penurunan suhu dengan cepat. Ini tidak baik untuk kesehatan. Jadi, lebih baik minum air dengan suhu normal alias sejuk untuk mencegah dehidrasi di tengah cuaca panas. 

2. Segera minum ketika merasa haus

Saat Anda merasa haus sebaiknya hentikan aktivitas dan minum segera. Jangan menunda minum air karena risiko Anda mengalami dehidrasi akan semakin besar.

Bila Anda cemas, aktivitas padat membuat Anda lupa minum, manfaatkan aplikasi atau fitur canggih di ponsel Anda sebagai pengingat untuk minum air.

 Atur waktu minum sesuai dengan aktivitas yang Anda lakukan. Jika cukup berat, Anda bisa mengatur alarm minum air setiap 1 atau 2 jam sekali untuk mencegah dehidrasi saat cuaca panas.

3. Cek warna urin

sering buang air kecil

Walaupun Anda disarankan banyak minum air, bukan berarti Anda boleh minum air secara berlebihan. Terlalu kebanyakan minum, membuat perut Anda kembung dan harus bolak-balik ke kamar mandi. Akibatnya, aktivitas akan terhambat meski Anda berhasil mencegah dehidrasi di tengah cuaca panas. 

Jadi, untuk memastikan kebutuhan cairan tercukupi atau tidak, Anda bisa melihatnya dari warna urin. Jadi, saat buang air kecil, perhatikan warna urin yang Anda keluarkan dari tubuh.

Bila warnanya jernih, tandanya kebutuhan cairan Anda tercukupi dengan baik. Sebaliknya, bila urin berwarna kuning pekat, Anda harus meningkatkan asupan cairan segara mungkin. 

4. Boleh kombinasikan dengan makan buah

manfaat buah semangka

Meski bukan cara utama, makan buah bisa Anda jadikan sebagai cara tambahan untuk mencegah dehidrasi saat cuaca panas. Pilih buah segar yang mengandung banyak air, misalnya semangka, jeruk, melon, belimbing, atau nanas. 

Selain kandungan airnya yang cukup banyak dibanding buah lain, makanan tersebut juga mengandung kalori. Itu artinya, buah tersebut bisa menyumbang energi yang mendukung aktivitas Anda. 

5. Pakai perlengkapan yang mendukung

Selain dehidrasi, beraktivitas di bawah sinar matahari juga membuat Anda kulit lebih gelap. Jadi, pakai tabir surya sesering mungkin sebagai pelindung kulit. 

Anda juga bisa menggunakan perlengkapan tambahan, seperti payung atau topi. Ini meningkatkan efektivitas pencegahan dehidrasi selama Anda beraktivitas di bawah terik matahari. Payung dan topi berdaun lebar mengurangi paparan sinar matahari yang menimbulkan sensasi panas di kulit yang menyebabkan Anda berkeringat.

Sumber Foto: Blog Go Way.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Artikel dari ahli dr. Chrisendy Hakim

Atasi Susah BAB Saat Traveling dengan 4 Cara Ampuh Ini

Saat traveling, salah satu keluhan yang sering muncul adalah susah BAB. Tak perlu khawatir, simak penjelasan cara mengatasinya di sini.

Ditulis oleh: dr. Chrisendy Hakim
susah bab saat traveling

Haruskah ke Dokter Jika Diare Terjadi Selama Berhari-hari?

Diare memang umum terjadi dan dapat berlangsung selama berhari-hari. Lantas, haruskah pergi ke dokter jika mengalami hal ini? Baca selengkapnya di sini.

Ditulis oleh: dr. Chrisendy Hakim
diare berhari hari
Diare, Health Centers 12/11/2019

Cegah Dehidrasi Dengan 5 Cara Ini di Tengah Aktivitas Padat dan Cuaca Panas

Beraktivitas di luar ruangan saat cuaca panas rentan membuat Anda dehdirasi. Simak cara berikut ini untuk mencegah dehidrasi saat cuaca panas.

Ditulis oleh: dr. Chrisendy Hakim
mencegah dehidrasi cuaca panas

Yang juga perlu Anda baca

Kurang Minum Air Putih Bisa Sebabkan Sakit Pinggang, Ini Alasannya

Kurang minum air putih tidak hanya menimbulkan gejala dehidrasi, tapi juga bisa menyebabkan sakit pinggang. Mengapa demikian?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 16/02/2020 . Waktu baca 4 menit

6 Cara Sehat Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Selain Minum Air Putih

Beberapa orang mungkin kesulitan memulai kebiasaan minum air. Untungnya, ada banyak cara untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh tanpa harus minum air putih.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Hidup Sehat, Tips Sehat 11/10/2019 . Waktu baca 4 menit

5 Tips Memilih Pakaian Saat Cuaca Panas Agar Tidak Mudah Berkeringat

Memilih pakaian saat cuaca panas tidak boleh sembarangan. Terutama, untuk menghindari tubuh berkeringat lebih banyak. Yuk, simak tipsnya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat 25/08/2019 . Waktu baca 4 menit

Minum Air Dingin Saat Cuaca Panas Baik untuk Tubuh Tidak, Ya?

Banyak orang yang mengatakan bahwa minum air dingin saat cuaca panas tidak baik untuk tubuh. Nah, sebenarnya apa sih yang terjadi jika Anda melakukannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Fakta Unik 02/07/2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mulut terasa pahit saat puasa

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 19/05/2020 . Waktu baca 3 menit
kepala pusing saat puasa

4 Penyebab Kepala Anda Pusing Saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020 . Waktu baca 3 menit
Konten Bersponsor
mencegah dehidrasi saat haji

5 Tips Mencegah Dehidrasi Saat Ibadah Haji

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 11/03/2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
penyebab anak sering muntah

Apa Saja yang Menyebabkan Anak Sering Muntah?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 09/03/2020 . Waktu baca 5 menit