Setelah operasi, kebanyakan pasien biasanya mengeluh badan lemas, sakit kepala, mual, atau bahkan sampai muntah. Hal ini pertanda bahwa obat bius yang diberikan saat operasi mungkin masih ada di dalam tubuh Anda. Namun tak perlu khawatir. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat pemulihan dari efek obat bius tersebut. Bagaimana caranya?

Tips mempercepat pemulihan dari efek obat bius

Efek obat bius yang diberikan saat operasi umumnya bertahan dalam tubuh selama 24 jam sejak awal diberikan. Selama masih ada sisa-sisa obat bius dalam tubuh, maka Anda masih bisa merasakan sakit kepala, mual, muntah, dan efek samping bius lainnya.

Seiring berjalannya waktu, pengaruh obat bius lambat laun akan berkurang dan tubuh kembali berfungsi dengan normal. Ketimbang berdiam diri terus-terusan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat pemulihan dari efek obat bius, di antaranya:

1. Minum air putih

kandungan air putih

Sehabis operasi, pastikan kebutuhan cairan tubuh Anda tetap terpenuhi. Selain dengan minum air putih, Anda juga boleh mengonsumsi sup bening atau jus buah untuk menjaga hidrasi tubuh.

Minum air putih yang cukup dapat membantu membilas sisa-sisa obat bius yang masih tertinggal di dalam tubuh. Hal ini juga dapat membantu mempercepat pemulihan setelah operasi, sehingga tubuh Anda semakin cepat fit dan sehat.

2. Atur pola makan

aturan makan bagi penderita kanker usus besar

Banyak pasien yang mengeluh tidak nafsu makan karena diliputi rasa mual atau sembelit setelah operasi. Sensasi mual dan sembelit tersebut merupakan efek samping bius yang diberikan saat operasi.

Namun, ini bukan berarti Anda lantas membiarkan perut tetap kosong, ya! Justru, Anda harus tetap makan supaya kebutuhan vitamin dan mineral tubuh tetap terpenuhi. Selain itu, asupan makanan juga penting untuk mempercepat pemulihan dan meminimalisir risiko komplikasi setelah oeprasi.

Sebisa mungkin, usahakan untuk tetap makan sebanyak yang Anda bisa. Kalau memang Anda tidak sanggup makan sebanyak 3 kali sehari dengan porsi normal, coba dibagi menjadi porsi yang lebih sedikit tapi sering.

Perhatikan juga jenis makanan yang dikonsumsi. Perbanyaklah asupan makanan yang mengandung tinggi serat, contohnya sayuran, buah-buahan, atau roti gandum, untuk mencegah sembelit. Selain terasa tidak nyaman, sembelit juga dapat meningkatkan rasa sakit dan menghambat proses pemulihan.

Sebaiknya hindari juga berbagai makanan yang manis atau pedas untuk sementara waktu. Sebab, jenis makanan tersebut dapat menghambat pergerakan usus dan memperparah sembelit.

3. Istirahat yang cukup

sebelum operasi angkat rahim

Karena efek obat bius masih ada dalam tubuh setidaknya 24 jam pasca operasi, Anda tidak dianjurkan untuk melakukan berbagai aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Misalnya menandatangani dokumen penting, berjalan jauh, dan sebagainya.

Pasalnya, obat bius dapat memengaruhi koordinasi tubuh dan cara Anda berpikir atau merespon sesuatu. Ini juga yang menjadi alasan kenapa Anda sebaiknya ditemani oleh keluarga, pasangan, atau orang dewasa lainnya saat berada di ruang pemulihan. Merekalah yang akan menjaga Anda sampai benar-benar pulih.

Maka itu, pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup setiap hari untuk mempercepat pemulihan. Biarkan efek samping obat bius berkurang sedikit demi sedikit sampai tubuh Anda kembali pulih dan fit setelah operasi.

4. Minum obat dengan teratur

super tetra adalah obat

Dokter biasanya akan memberikan obat nyeri untuk mengurangi rasa sakit di tubuh pasca operasi. Namun, beberapa pasien kadang merasa ragu atau bahkan menolak minum obat karena takut kecanduan.

Hal ini perlu diluruskan. Semakin Anda mampu mengendalikan rasa sakit dengan minum obat, proses pemulihannya pun justru akan semakin cepat. Jadi, jangan tunggu sampai badan Anda terasa sakit, baru minum obat. Ikuti aturan minum obat dari dokter, baik jadwal maupun dosisnya, supaya pemulihannya lebih cepat.

5. Konsultasi ke dokter

hidup sehat setelah operasi bypass jantung

Kunci terpenting untuk mempercepat pemulihan dari efek obat bius adalah selalu ikuti instruksi dari dokter. Pasalnya, banyak yang menyepelekan saran dokter sehingga pada akhirnya menghambat proses pemulihan setelah operasi.

Misalnya saja, Anda diminta untuk tetap berbaring di tempat tidur selama 24 jam setelah operasi. Anjuran ini tentu bukan tanpa sebab, justru salah satunya bermanfaat untuk mengurangi sakit kepala yang sering muncul setelah operasi. Berbaring di tempat tidur juga penting untuk mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan bekas luka operasi.

Bila Anda masih mengalami sakit kepala, mual, atau muntah tanpa henti, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Dokter akan memantau perkembangan kesehatan Anda dan melakukan perawatan lanjutan guna mengurangi efek samping bius dalam tubuh Anda.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca