Agar Tetap Bersih dan Awet, Begini Aturan Tepat Dalam Membersihkan Alat Bantu Dengar

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Biasanya, orang yang punya kesulitan mendengar akan dianjurkan untuk menggunakan alat bantu dengar, supaya lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain. Oleh karena dipakai di dalam telinga, tidak menutup kemungkinan alat canggih ini akan terkena kotoran telinga. Itulah mengapa penting untuk rutin merawat kebersihannya setiap hari. Nah, sudahkah Anda paham bagaimana cara membersihkan alat bantu dengar ini?

Aturan dalam menggunakan alat bantu dengar

Mengingat begitu besar manfaat dari alat bantu dengar untuk mempermudah komunikasi Anda sehari-hari, Anda diharuskan telaten dalam merawat dan menjaga alat ini agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Sebelum mencari tahu tahapan cara membersihkan alat bantu dengar, ketahui dulu beberapa aturan penting berikut ini:

1. Jangan gunakan alat bantu dengar saat mandi dan mencuci muka

Memakai alat bantu dengar saat mandi dan mencuci muka hanya akan membuatnya cepat rusak karena kemasukan air dan sabun. Jadi, pastikan Anda selalu ingat untuk melepasnya sesaat sebelum mandi, mencuci muka, maupun melakukan kegiatan apa pun yang berpotensi memasukan air ke dalam alat bantu dengar.

2. Hindari menggunakan alat bantu dengar di suhu yang terlalu panas atau dingin

Segera simpan alat bantu pendengaran Anda ketika berada di lingkungan dengan suhu yang sangat dingin atau panas. Ambil contoh, ketika hendak berenang di bawah terik matahari yang menyengat, sebaiknya copot dan tinggalkan alat bantu dengar Anda daripada tetap memakai dan malah membuat fungsinya tidak optimal lagi.

3. Rutin membersihkan alat bantu dengar setiap malam hari

Meski sudah sangat lelah dan mengantuk, sempatkan sebentar untuk membersihkan alat bantu dengar sebelum tidur. Membiarkannya dalam keadaan kotor sampai esok hari akan membuat kotoran di dalamnya menumpuk, sehingga tidak nyaman saat digunakan.

4. Sedia rangkaian pembersih alat bantu dengar

Jika Anda memiliki alat bantu dengar, Anda juga harus melengkapi peralatannya dengan menyediakan serangkaian alat pembersih khusus. Semakin sering digunakan, semakin banyak jumlah kotoran telinga yang menumpuk di dalam alat bantu dengar. Ini akan membuat alat tersebut tidak dapat berfungsi secara efektif bila tidak rutin dibersihkan.

Cara membersihkan alat bantu dengar

Ibarat seperti telinga yang harus dirawat dan dijaga kebersihannya, alat bantu dengar pun demikian. Meski hanya sebuah alat, tapi ia seolah berfungsi selayaknya telinga asli yang membantu Anda untuk mendengar dengan jelas.

Maka itu, rutin membersihkannya setiap hari merupakan salah satu langkah terbaik agar alat tersebut tetap awet dan nyaman saat dipakai. Berikut cara membersihkan alat bantu dengar yang tepat:

1. Siapkan peralatan

  • Sikat pembersih. Sikat ini memiliki bulu yang lembut dan halus guna membersihkan seluruh bagian alat bantu pendengaran, termasuk bagian badan alat, earmold, port mikrofon, dan speaker.
  • Kawat khusus. Berbeda dengan kawat yang mungkin sering Anda lihat, kawat yang digunakan untuk membersihkan alat bantu dengar telah dirancang khusus sedemikian rupa. Kawat ini berukuran cukup kecil sehingga aman dan bisa dengan mudah masuk ke dalam sela-sela sempit pada alat bantu dengar untuk mengeluarkan kotoran di dalamnya.
  • Multi tool atau alat serbaguna. Jika biasanya sikat pembersih dan kawat khusus tersedia secara terpisah, alat pembersih serbaguna justru sebaliknya. Alat ini menggabungkan fungsi sikat dan kawat dalam satu bentuk alat, sehingga efektif dan efisien dalam membersihkan alat bantu dengar.

2.  Bersihkan alat bantu pendengaran sesuai dengan jenisnya

Ada beberapa jenis alat bantu dengar, dua di antaranya yang paling sering dipakai yakni yang dipasang di belakang telinga (behind the ear/BTE) dan di dalam telinga (in the ear/ITE).

Alat bantu dengar di belakang telinga

  1. Copot alat bantu dengar dari telinga, kemudian bersihkan seluruh bagiannya menggunakan sikat pembersih atau tisu kering.
  2. Lepaskan earmold yang ditempelkan langsung pada lubang telinga, lalu periksa apakah ada kotoran di dalamnya. Bagian ini yang paling rentang kotor akibat terkena kotor telinga, sehingga mudah sekali berubah warna.
  3. Bersihkan bagian tersebut dengan menggunakan sedikit sabun dan air hangat, atau menyemprotkan pembersih khusus untuk alat bantu dengar. Gunakan kawat khusus untuk mengeluarkan kotoran yang tersumbat.
  4. Hindari menggunakan alkohol maupun bahan kimia lainnya karena dapat merusak alat pendengaran Anda.
  5. Gunakan hair dryer atau blower dengan jarak yang tidak terlalu dekat, untuk membantu mengeluarkan air yang mungkin masih berada di dalam alat pendengaran.
  6. Atau pilihan lainnya, diamkan dan biarkan semalaman sampai alat bantu dengar kering sepenuhnya sebelum Anda menggunakannya kembali esok pagi.

Alat bantu dengar di dalam telinga

  1. Copot alat bantu dengar dari telinga, kemudian bersihkan seluruh bagiannya menggunakan sikat pembersih atau tisu kering.
  2. Bersihkan bagian celah port mikrofon menggunakan sikat pembersih. Pastikan Anda membersihkannya dalam posisi bagian alat yang terbuka menghadap ke bawah, sehingga kotoran bisa lebih mudah lepas.
  3. Jika sulit dikeluarkan dengan sikat, bersihkan kotoran yang bersembunyi di dalam lubang menggunakan kawat khusus berukuran kecil.
  4. Seka atau usap seluruh bagian alat bantu dengar dengan kain atau tisu kering untuk benar-benar memastikan alat sudah bersih dan tidak ada kotoran yang tersisa.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Desember 26, 2018 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca