Kapan Sebaiknya Saya Putus Kontak Dengan Si Mantan?

Oleh

Salah satu hal yang mungkin sulit dilakukan untuk sebagian orang ketika putus adalah berhenti menghubungi sang mantan. Cara ini memang mesti ditempuh jika Anda ingin segera move on dan memulai hidup baru tanpa dirinya. Nah, sebenarnya kapan ya, saya harus benar-benar putus kontak dengan si mantan? Apakah langsung setelah putus? Atau bagaimana?

Kapan harus putus kontak dengan mantan?

Putus kontak dengan mantan terbukti menjadi satu solusi terbaik yang bisa Anda lakukan jika putusnya hubungan Anda berdua terasa terlalu menyakitkan bagi Anda.

Putusnya hubungan yang terjadi antara dua sejoli sering kali memicu perasaan yang tidak menyenangkan, seperti sedih yang berlarut-larut atau rasa mudah marah yang tidak bisa dikendalikan.

Jika dibiarkan begitu saja, kondisi ini justru bisa berdampak buruk bagi hubungan Anda dengan orang lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan hubungan Anda.

Putus kontak dengan mantan saat kondisi Anda masih belum stabil adalah satu-satunya pilihan yang tepat. Hal ini agar Anda tidak merasa sedih dan marah dalam jangka waktu yang lama. Cara ini juga dapat membantu Anda menata hati dan move on.

Dengan begitu, saat bertemu lagi dengan mantan Anda suatu hari nanti, Anda sudah bisa menanggapi masa lalu dengan senyuman.

Nah, berikut adalah tanda-tanda kapan Anda harus segera menghapus dan memutus kontak dengan sang mantan.

1. Saat Anda berkhayal bersamanya lagi

Jika saat putus Anda sudah sangat mantap untuk mengakhirinya, maka usahakan untuk mengalihkan pikiran dari kenangan tentangnya. Hal-hal indah yang sempat Anda miliki dengan mantan sudah tidak bisa dikembalikan lagi.

Terus berhubungan dengan mantan tepat setelah kandasnya hubungan Anda dengan mantan tidak akan memperbaiki apapun. Justru, hal itu menandakan bahwa ada satu bagian dari diri Anda yang masih berharap bahwa kalian bisa kembali bersama dan memperbaiki hubungan menjadi lebih bahagia.

Anda mungkin saja berpikir bahwa kemungkinan itu pasti akan selalu ada. Namun, kenyataannya berbeda dan setiap kali Anda tersadar bahwa kemungkinan itu bisa saja tidak terjadi, Anda akan sakit hati berkali-kali.

Oleh sebab itu, demi membantu Anda agar bisa segera move on dari mantan,  putus kontak dengan mantan adalah solusi terbaik. Anda bisa terbebas dari kebahagiaan semu dan merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya.

2. Saat Anda terus-menerus menyalahkan diri sendiri

Tidak jarang orang yang baru putus cinta justru menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang telah dilakukannya sebagai penyebab putusnya hubungan.

Padahal, seharusnya akhir dari sebuah hubungan menjadi sebuah pelajaran yang berharga, agar di hubungan selanjutnya kesalahan yang sama tidak terulang.

Oleh sebab itu, menjaga hubungan baik dengan mantan dengan harapan bisa kembali merajut kasih akan membuat Anda terjebak pada kondisi ini. Saat Anda menyadari hubungan tetap tidak bisa diperbaiki, Anda akan menyalahkan diri Anda lagi dan lagi.

Putus kontak dengan mantan adalah jalan terbaik untuk kondisi seperti ini. Dengan melepaskan sang mantan sepenuhnya, Anda akan berusaha berdamai dengan keadaan. Berusahalah untuk melupakan masalah yang telah berlalu, dan menjalani hidup dengan lebih baik.

3. Saat rasa sedih tak kunjung sirna

Meski Anda sering kali tidak menyadarinya, orang di sekeliling Anda pasti akan merasa jika Anda terlihat tidak berenergi dan bersemangat menjalani hari-hari.

Hal itu bisa disebabkan oleh rasa sedih yang berlarut-larut. Rasa sedih, tak berenergi dan tak bersemangat tersebut adalah hasil dari besarnya energi yang Anda curahkan untuk memikirkan sang mantan.

Berdasarkan sebuah artikel yang dimuat di Psychology Today, setiap kali Anda mencoba menghubungi mantan Anda dengan harapan kembali bersama, Anda telah menguras banyak energi.

Faktanya, energi yang Anda sia-siakan untuk mantan sebenarnya bisa Anda gunakan untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat bagi diri Anda sendiri.

4. Saat Anda atau mantan punya pasangan baru

Saat Anda atau mantan memiliki pasangan baru, seharusnya bisa menjadi titik di mana Anda tahu kapan berhenti menghubungi mantan.

Menghargai hubungan baru yang dijalani oleh mantan, atau yang sedang Anda jalani adalah sebuah keharusan yang harus Anda lakukan.

Putus kontak dengan mantan bisa menjadi satu-satunya pilihan agar Anda tidak menyakiti diri Anda dan pihak-pihak lain yang juga mungkin tersakiti jika Anda masih mengedepankan ego untuk kembali dengan mantan.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan