5 Titik Akupunktur untuk Melepas Penat dan Tingkatkan Libido

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Pernah dengar akupunktur? Metode pengobatan alternatif dengan ditusuk-tusuk jarum? Ya, betul. Selain akupunktur, terdapat metode alternatif lain yang dilakukan di China sebagai pengobatan alternatif lho, yakni akupresur. Akupresur secara sederhananya adalah akupunktur yang tidak menggunakan jarum. Nah, akupunktur tanpa jarum ini ternyata memiliki efek bermanfaat untuk tubuh juga. Anda bisa membantu melepas penat sekaligus meningkatkan libido alias gairah seks Anda. 

Bagaimana caranya? Nah, dengan melakukan akupresur (tekanan) pada lima titik akupunktur ini, Anda bisa membantu meningkatkan kualitas hidup. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, yuk.

Mengenali akupresur, stres, dan kehidupan seksual

Seperti akupunktur, akupresur juga menggunakan lokasi titik-titik tekanan untuk memanipulasi QI atau yang disebut sebagai energi. Qi mengalir melalui jalur energi di dalam tubuh yang disebut jalur meridian. Saat tekanan diterapkan pada titik tertentu, hal itu memicu berbagai efek pada tubuh dan pikiran Anda. Pemijatan ini bisa dilakukan dengan menggunakan ibu jari atau jari tengah pada titik-titik yang diinginkan.

Bentuk metode alternatif ini dipercaya bisa menjadi cara yang efektif untuk menurunkan stres. Dengan mengendalikan stres, kehidupan seks Anda pun tentu jadi terasa lebih menggairahkan.

Titik akupunktur untuk melepas stres dan meningkatkan libido

Ada lima titik akupunktur tanpa jarum alias akupresur yang bisa mengatasi stres dan meningkatkan gairah seksual alias libido. Ini dia titik-titiknya.

1. Titik di kepala

Sumber: Healthline

Titik pijatan ini (DU20) terletak di sisi atas kepala. Kepala adalah tempat manusia berpikir. Semua pikiran dan pekerjaan yang dilakukan, pasti melibatkan otak. Seks sendiri juga bisa terhambat jika otak terlalu stres memikirkan banyak hal. Maka dari itu, memijat bagian kepala di titik DU20 ini membantu menenangkan pikiran yang terlalu banyak.

Selain itu, pijatan di titik ini memungkinkan darah mengalir dengan cara yang lebih seimbang di dalam tubuh.

2. Titik di kaki

Sumber: Healthline

Lokasi ini terletak di telapak kaki bagian depan (titik K11) dan titik lainnya yakni SP4 terletak di bagian dalam kaki, dekat dengan garis jempol.

Titik K11 dan titik SP4 kedua dianggap sebagai titik yang kuat untuk menyeimbangkan energi di tubuh sambil meningkatkan aliran darah ke pusat tubuh. Kedua titik ini secara langsung dan secara erat berkaitan dengan organ reproduksi pria dan wanita.

3. Titik di betis

Sumber: Healthline

Ada dua titik pada pijatan betis ini. Posisi KI7 digunakan untuk meningkatkan Yang, menghangatkan energi tubuh. Selain itu posisi SP6 untuk meningkatkan produksi yin, yang menciptakan ketenangan energi dalam tubuh. Kedua titik ini bisa meningkatkan aliran darah.

Jika aliran darah lancar maka gairah dalam tubuh pasti sejalan beriringan. Titik K17 lebih cocok untuk pria, sedangkan titik SP6 titik yang lebih cocok untuk wanita.

4. Titik di bawah pusar

Lokasi titik ini tepatnya berada sekitar 2 jari di bawah pusar.

Titik ini (Ren6) lokasinya berdekatan dengan organ reproduksi yakni bagian yang digunakan dalam melakukan seks. Pijat bagian ini dengan hati-hati. Pijatan Ren6 merupakan bagian pernting untuk meningkatkan energi.

Ren6 termasuk titik yang seimbang karena letaknya berada pada titik yang paling menenangkan dari semua titik akupunktur. Pijat hati-hati Ren6 karaena bisa membantu memelihara rasa keintiman dan gairah seksual dengan pasangan.

5. Titik perut bawah

Sumber: Healthline

Yang terakhir dari lima titik akupunktur yang tidak kalah pentingnya adalah bagian perut ini. Titik kecil ini berada di atas selangkangan, setara dengan posisi pinggul.

Titik ST30 ini berada tepat di dekat arteri utama yang bertugas membantu meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Perlahan, tekan titik ini selama beberapa detik, tahan, dan lepaskan. Untuk hasil terbaik, tahan kontak mata dengan pasangan selama melakukan rutinitas ini.

Titik ini dipilih agar dapat meningkatkan ketenangan. Ketenangan bisa membuat foreplay lebih sensitif, merangsang, dan menarik. Lakukan penekanan dengan lembut bukan dengan tekanan keras, dan gosok perlahan.

Baca Juga:

Sumber