Jangan Salah Kaprah, Ini Bedanya Rahasia dan Privasi Dalam Hubungan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Rahasia dan privasi kerap menjadi pemicu pertengkaran karena dianggap serupa. Di satu sisi Anda menganggap bahwa ponsel adalah privasi sehingga tak mau meminjamkannya ke siapa pun, termasuk pasangan. Di sisi lain, pasangan menganggap bahwa ponsel Anda tak bisa dipinjam karena merahasiakan sesuatu. Akibatnya, pasangan akan merasa kesal dan marah karena menganggap Anda menyimpan rahasia darinya. Agar tak lagi salah paham, satukan pemahaman Anda mengenai perbedaan rahasia dan privasi dalam hubungan lewat ulasan berikut ini.

Perbedaan rahasia dan privasi dalam hubungan

menyimpan rahasia dari pasangan

Supaya Anda dan pasangan tak lagi mendebatkan soal rahasia dan privasi, sebaiknya cari tahu perbedaan mendasar keduanya. Dilansir dari Psychology Today, rahasia adalah keadaan di mana seseorang sengaja menyembunyikan sesuatu. Biasanya hal ini dilakukan karena takut ada dampak negatif jika ia membaginya pada orang lain, termasuk pada pasangan.

Sementara privasi adalah kondisi saat seseorang menginginkan untuk bebas dari pengamatan atau gangguan orang lain. Privasi bisa juga diartikan sebagai keinginan diri untuk tak diganggu oleh apa pun dan siapa pun yang berhubungan dengan kebutuhan, nilai, dan keyakinan pribadi. Oleh karena itu, banyak orang merasa marah ketika privasinya dilanggar.

Perlu dicatat bahwa perbedaan mendasar antara rahasia dan privasi adalah sejauh mana informasi atau kondisi tersebut bisa memengaruhi hubungan Anda dan pasangan jika diketahui satu sama lain. Sebagai contoh, Anda merasa bahwa ponsel adalah privasi yang tak boleh diganggu gugat. Hanya Anda yang boleh mengutak-atik ponsel tersebut.

Namun, saat pasangan membuka ponsel tanpa sepengetahuan, tentu Anda akan marah. Namun, kemarahan ini biasanya sebatas karena merasa privasi Anda dilanggar, bukan karena ada pesan, panggilan, atau foto mesra dengan orang lain yang takut diketahui oleh pasangan.

Jika Anda marah karena merasa ada hal yang tidak boleh pasangan ketahui di dalam ponsel, tandanya Anda sudah menyimpan rahasia. Nah, rahasia inilah yang biasanya menjadi sumber pemicu masalah dalam hubungan baik pacaran maupun pernikahan.

Privasi sangat diperbolehkan dalam hubungan

Meski Anda dan pasangan sudah menikah, privasi sangat penting dalam hubungan dan diperbolehkan. Privasi tidak akan merusak hubungan Anda dan pasangan – asalkan disepakati secara bersama-sama. Dengan adanya privasi yang telah disepakati satu sama lain tandanya Anda menghormati dan menghargai batasan pribadi masing-masing.

Anda dan pasangan bisa saling berdiskusi kira-kira batasan seperti apa yang perlu dihormati satu sama lain. Dengan begitu, Anda dan pasangan akan sama-sama merasa aman, didukung, dan diterima. Namun, batasan privasi ini harus dibicarakan dan disepakati oleh kedua belah pihak ya.

Menyimpan rahasia bisa merusak kepercayaan

menyimpan rahasia dari pasangan

Rahasia adalah hal yang cenderung disembunyikan karena adanya ketakutan akan efek yang muncul jika diketahui. Oleh karena itu, rahasia biasanya menyangkut hal-hal yang cukup sensitif bagi pemiliknya. Inilah alasan mengapa menyimpan rahasia dalam hubungan cenderung merusak kepercayaan.

Jika kepercayaan sudah rusak, Anda akan kesulitan untuk membangun hubungan yang sehat di atas rasa saling percaya. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu jujur dan terbuka dengan pasangan. Bedakan mana yang termasuk privasi dalam hubungan dan mana rahasia.

Jangan sekali-kali menyembunyikan rahasia dari pasangan terlebih yang berkaitan dengan utang, penyakit yang dimiliki, masalah pekerjaan, perselingkuhan, atau soal kecanduan obat. Sesulit dan sesensitif apa pun masalahnya, cari waktu yang tepat untuk membicarakannya dengan pasangan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca