7 Tips Mengembalikan Gairah Seks yang Hilang Setelah Melahirkan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 22 April 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Pada umumnya, setiap wanita pasti pernah mengalami berkurangnya gairah seksual, terutama setelah melahirkan. Setelah memiliki anak, hasrat seksual Anda cenderung turun dan terkadang hal ini membuat pasangan Anda pun bingung. Nah, supaya hal ini tidak terjadi dalam waktu lama, simak cara-cara meningkatkan libido atau gairah wanita setelah melahirkan.

Tips jitu meningkatkan libido wanita setelah melahirkan

Banyak wanita dan pasangannya beranggapan kondisi ini akan hilang seiring dengan berjalannya waktu. Akan tetapi, sebuah studi mengungkapkan bahwa setelah kadar hormon wanita kembali normal, tetapi mereka masih memiliki hasrat seksual yang rendah. Oleh karena itu, diperlukan beberapa cara untuk meningkatkan gairah seksual wanita setelah melahirkan.

1. Konsultasi dengan dokter

dokter kandungan yang bagus

Pertama-tama, konsultasikan dahulu dengan dokter kandungan Anda. Ceritakan bagaimana dan kapan libido Anda bisa turun setelah melahirkan. Nah, kemungkinan besar dokter Anda bisa memberitahu bagaimana cara meningkatkan libido Anda. Selain itu, meyakinkan Anda kalau kondisi ini sangatlah normal sehabis melahirkan.

Biasanya, dokter akan menganjurkan Anda untuk menghindari berhubungan intim selama 6 minggu pertama setelah melahirkan.

2. Istirahat yang cukup

efek lembur kerja di rumah

Salah satu cara untuk meningkatkan libido dan gairah seksual setelah melahirkan adalah dengan istirahat yang cukup. Cobalah minta pasangan Anda untuk menjaga dan memberi makan bayi Anda, setidaknya bertukar untuk beberapa waktu. Istirahat yang cukup memang dipercaya mampu menambah gairah seksual bagi siapapun.

3. Berkomunikasi dengan pasangan Anda

komunikasi dengan pasangan komunikasi dalam hubungan

Tak ada salahnya diskusi dan jujur pada sang pasangan jika Anda kurang bergairah untuk berhubungan seks setelah melahirkan. Utarakan alasan mengapa Anda tidak begitu bergairah.

Dengan begitu, sang pasangan akan mengerti dan bisa mencari solusi bersama. Misalnya saja, mencoba posisi bercinta yang tak pernah dicoba atau bahkan cara foreplay baru yang bisa meningkatkan libido dan gairah Anda setelah melahirkan.

4. Atur suasana hati

earworm musik terngiang-ngiang

Suasana hati sebelum melakukan hubungan seksual sangat berpengaruh terhadap libido Anda. Nah, salah satu caranya adalah mandi dengan air hangat, mendengarkan musik yang bisa mengembalikan gairah seksual. Walaupun terlihat membuang-buang waktu, Anda tentu memerlukan transisi, dari berperan sebagai ibu menjadi istri atau pasangan.

5. Menggunakan pelumas

cara pakai pelumas untuk hubungan intim

Terkadang, setelah melahirkan perubahan hormon pada tubuh membuat pelumas Anda sulit untuk keluar. Oleh karena itu, agar tidak menyakitkan ketika berhubungan seksual, disarankan untuk menggunakan pelumas. Nah, cara ini dipercaya bisa meningkatkan libido wanita setelah melahirkan.

6. Mengatur waktu

baju merah kencan pasangan cinta

Ibu yang baru saja melahirkan biasanya tidak mau berpisah lama-lama dengan bayinya. Hal itu memang tidak apa-apa, tetapi usahakan untuk meluangkan waktu bersama dengan pasangan Anda, tentunya tanpa ada kehadiran bayi Anda.

Sebuah rencana makan malam romantis di rumah adalah alternatif sederhana untuk menghabiskan waktu berdua, sehingga bisa meningkatkan libido Anda setelah melahirkan.

7. Bereksperimen dengan posisi yang lain

posisi seks aman, hubungan seksual dengan arthritis

Nah, kalau yang ini diskusikan terlebih dahulu dengan pasangan Anda. Posisi mana yang menurut kalian berdua sama-sama menguntungkan. Kebanyakan wanita biasanya memilih untuk berada di atas supaya bisa mengontrol intensitas penetrasi. Selain itu, variasi posisi juga bisa meningkatkan gairah seksual karena merasa tertantang melakukan hal-hal baru.

Sebenarnya, gairah seksual adalah hal yang sangat rumit dan jika kita tidak memanfaatkannya, maka sulit untuk mengembalikannya dalam waktu yang cepat. Walaupun sebenarnya Anda tidak terlalu menginginkannya, cobalah untuk tetap melakukannya.

Kemungkinan Anda membutuhkan ‘godaan’ yang lebih besar untuk meningkatkan libido Anda. Apabila Anda bisa membawa kembali gairah tersebut, suasana hati pun akan mengikuti situasi yang terjadi saat itu.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Yang juga perlu Anda baca

Pacar Bau Badan? Begini Cara Bijak Memberi Tahu Tanpa Menyakiti Hatinya

Punya pasangan yang bau badan tentu bikin pusing tujuh keliling. Mau jujur rasanya sungkan, tapi kalau disimpan saja dalam hati jadi keki. Harus bagaimana?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 23 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit

6 Langkah Tepat Menghadapi Pasangan Dengan Bipolar Disorder

Bukan Tidak mungkin hubungan tetap langgeng dan harmonis meski pasangan mengalami bipolar. Begini cara menghadapi pasangan yang mengalami bipolar.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Mental, Gangguan Mood 19 Mei 2019 . Waktu baca 5 menit

Mau Hubungan Awet Terus? Ucapkan Kalimat Ini Pada Pasangan

Komunikasi sangat penting dalam sebuah hubungan. Agar hubungan Anda langgeng, jangan ragu untuk ucapkan kalimat-kalimat ini pada pasangan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 13 Mei 2019 . Waktu baca 4 menit

Tetap Langgeng Walau LDR, Ini 5 Cara Menjaga Kepercayaan Pasangan

Hubungan LDR membuat Anda tidak bisa sering bertemu sehingga rentan terjadi konflik. Tetapi, Anda bisa menghindarinya dengan menjaga kepercayaan pasangan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 18 April 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

memlih sex toy

Tips Memilih Sex Toy Secara Aman

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 4 November 2019 . Waktu baca 3 menit
pasangan suka mengeluh

Kesal Pasangan Suka Mengeluh? Hadapi dengan 5 Tips Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2019 . Waktu baca 4 menit
pasangan diam saat marah

3 Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Pasangan Mendiamkan Anda Saat Marah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 14 September 2019 . Waktu baca 4 menit
menghadapi pasangan yang tidak mau mengalah

5 Tips Menghadapi Pacar Defensif yang Tidak Pernah Mau Mengaku Salah

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 13 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit